Menuju konten utama

Contoh Soal Interaksi Manusia IPS Kelas 5 SD dan Jawaban

Berikut contoh soal materi interaksi manusia pelajaran IPS kelas 5 beserta kunci jawaban.

Contoh Soal Interaksi Manusia IPS Kelas 5 SD dan Jawaban
Sejumlah murid mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) di Sekolah Dasar Negeri-1 Lhokseumawe, Aceh, Jumat (3/6/2021). ANTARA FOTO/Rahmad/foc.

tirto.id - Contoh soal interaksi manusia di pelajaran IPS kelas 5 SD secara umum terkait dengan hubungan manusia dengan lingkungan alam sekitarnya.

Kompetensi peserta didik yang mesti dicapai di materi interaksi manusia pelajaran IPS untuk kelas 5 yaitu memahami manusia sebagai makhluk individu, makhluk sosial, sekaligus makhluk budaya.

Adapun yang dimaksud manusia sebagai makhluk individu adalah manusia sebagai pribadi yang berbeda dari lainnya. Namun, sebagai individu, manusia juga sulit dipisahkan dari manusia lainnya.

Karena itu, manusia juga berperan sebagai makhluk sosial. Maksud dari manusia sebagai makhluk sosial ialah bahwa manusia selalu berhubungan dan membutuhkan manusia lain di dalam kehidupannya. Sebagai makhluk sosial, manusia saling bergantung pada sesamanya.

Ketika manusia aktif berinteraksi dengan manusia-manusia lain, muncullah tatanan sosial dan budaya. Maka itu, manusia juga dapat disebut sebagai makhluk budaya.

Pengertian manusia sebagai makhluk budaya adalah bahwa manusia akan mengikuti tata cara hidup bersama berupa budaya yang diwariskan dari satu generasi ke generasi yang berikutnya.

Dalam proses pewarisan budaya tersebut, cara-cara hidup yang baik dipertahankan, sementara yang buruk akan ditinggalkan atau dimodifikasi agar menjadi lebih tepat sesuai dengan tuntutan zaman.

Dalam materi interaksi manusia di pelajaran IPS kelas 5 SD, manusia dipahami sebagai makhluk individu, sosial, dan budaya yang tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan alam. Proses interaksi manusia dengan lingkungan biasanya berupa pemanfaatan alam bagi kesejahteraan manusia.

Akan tetapi, dalam proses interaksi itu, Alam harus dijaga agar tetap seimbang dan lestari. Hal ini agar kemanfaatannya dapat berkesinambungan terus-menerus dari generasi ke generasi.

Contoh Soal Interaksi Manusia IPS Kelas 5 & Pembahasan

Mengutip dari laman bank soal milik Kemdikbud, berikut ini contoh soal materi interaksi manusia mata pelajaran IPS kelas 5 beserta pembahasan dan kunci jawabannya.

1. Bentuk interaksi manusia di bawah ini yang berdampak merusak lingkungan adalah...

a. Menanam padi di sawah.

b. Menanam tanaman pengganti pohon yang ditebang.

c. Membuang sampah di sungai.

d. Memelihara ikan di tambak.

Jawaban: c

Pembahasan: Membuang sampah di sungai adalah bentuk interaksi manusia yang berdampak pada kerusakan lingkungan. Membuang sampah di sungai akan membuat sungai berbau tidak sedap dan dapat mengakibatkan banjir.

2. Mengapa manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan alam?

a. Karena alam yang paling membutuhkan manusia.

b. Karena manusia harus menghabiskan semua yang ada.

c. Karena manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dari alam.

d. Karena alam mendapatkan kebutuhan hidupnya dari manusia.

Jawaban: b

Pembahasan: Dalam kehidupan manusia terdapat interaksi dengan lingkungan alam. Untuk kesejahteraan kehidupan manusia, manusia memanfaatkan alam dan beradaptasi dengan alam untuk bertahan hidup. Misalnya, nelayan mencari penghidupan dengan memanfaatkan laut.

2. Di bawah ini adalah interaksi manusia terhadap alam yang menyebabkan banjir, kecuali...

a. Membuang sampah di sungai.

b. Membangun bangunan di tempat resapan air.

c. Menebang pohon sembarangan.

d. Menyediakan tempat-tempat resapan air.

Jawaban: d

Pembahasan: Membuang sampah di sungai, membangun bangunan di tempat resapan air, dan menebang pohon sembarangan merupakan bentuk interaksi manusia dengan alam yang menjadi penyebab banjir. Sementara menyediakan tempat-tempat resapan air adalah bentuk interaksi yang dapat mengurangi risiko banjir.

3. Di bawah ini yang merupakan contoh makhluk hidup memengaruhi benda mati adalah...

a. Jenis tanah memengaruhi hasil suatu tanaman.

b. Banyak tumbuhan hijau membuat suatu daerah menjadi sejuk.

c. Cuaca memengaruhi hewan yang ada di daerah tertentu.

d. Suhu memengaruhi jenis tumbuhan yang dapat tumbuh.

Jawaban: b

Pembahasan: Tumbuhan merupakan makhluk hidup, sementara jenis tanah, cuaca, dan suhu adalah benda mati. Oleh karena itu, contoh makhluk hidup yang memengaruhi benda mati adalah banyak tumbuhan hijau membuat suatu daerah menjadi sejuk.

4. Berhubungan dengan alam, ada kalanya manusia harus menyesuaikan dengan alam, contohnya yaitu...

a. Menggunakan traktor untuk mengolah tanah.

b. Membuat waduk untuk persiapan musim kemarau.

c. Memilih waktu untuk bercocok tanam.

d. Membuat hujan buatan.

Jawaban: c

Pembahasan: Manusia perlu menyesuaikan dengan alam agar mampu bertahan hidup. Di pilihan jawaban di atas, memilih waktu untuk bercocok tanam merupakan perilaku manusia menyesuaikan diri dengan alam. Bercocok tanam pada waktu yang tepat akan meningkatkan keberhasilan dalam menanam sehingga risiko gagal panen dapat berkurang.

5. Di bawah ini yang bukan dampak dari bentuk interaksi manusia yang membuang sampah di sungai adalah...

a. Sungai menjadi indah.

b. Banjir.

c. Bau tidak sedap.

d. Banyak nyamuk.

Jawaban: a

Pembahasan: Membuang sampah di sungai merupakan interaksi manusia dengan alam yang bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan. Sampah akan mengakibatkan sungai menjadi kotor. Sungai yang kotor akan tercemar airnya. Selain itu, tumpukan sampah di sungai bisa memicu banjir. Tidak hanya itu, dengan banyak sampah, sungai pun akan berbau tidak sedap sehingga menjadi sarang nyamuk yang akhirnya menimbulkan penyakit. Maka itu, jawaban dari soal ini adalah a.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Umi Zuhriyah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Umi Zuhriyah
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Addi M Idhom