Menuju konten utama

Contoh Soal HOTS SD Matematika beserta Jawaban & Pembahasannya

Contoh soal HOTS SD mata pelajaran matematika beserta jawaban dan pembahasan bisa dipakai sebagai bahan ajar guru atau latihan belajar siswa.

Contoh Soal HOTS SD Matematika beserta Jawaban & Pembahasannya
Sejumlah murid SD Negeri Kota Baru mengikuti Ujian Penilaian Akhir Sekolah di Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/6/2021). ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.

tirto.id - Contoh soal HOTS SD mata pelajaran matematika dapat dipakai untuk bahan belajar siswa. Soal beserta jawaban dan pembahasan di bawah ini juga bisa dipakai oleh guru sebagai referensi.

Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu modal yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik dalam menghadapi masa depannya. Oleh karena itu, HOTS mulai diterapkan di berbagai soal mata pelajaran sekolah mulai jenjang SD hingga SMA.

Dilansir laman resmi Direktorat Sekolah Dasar, soal-soal HOTS sangat relevan dengan program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tingkat SD karena peserta didik akan mulai dibiasakan dengan analisis, evaluasi, dan kreativitas.

Salah satu mata pelajaran yang dapat menerapkan tipe soal HOTS adalah matematika. Dalam soal-soal HOTS matematika, siswa akan didorong untuk mengerjakan soal untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Contoh Soal HOTS SD Matematika beserta Jawaban & Pembahasannya

Berikut contoh soal HOTS SD mata pelajaran matematika, yang dibagi menjadi soal menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Soal Nomor 1

Radhika dan Mahendra akan berkemah dengan menggunakan tenda yang memiliki alas berbentuk persegi panjang dengan panjang 10 m, lebar 6 m dan tingginya 0,5 m. Luas permukaan tenda 143 m2 dengan volume tenda 150 m3. Bagian manakah dari tenda itu yang belum diketahui dan tentukan ukurannya?

Jawaban dan pembahasan:

- Luas permukaan tenda 143m2

Untuk menentukan luas permukaan balok di atas kita harus ketahui bahwa permukaan pada balok tersebut tanpa alas dan tutup, yakni sebagai berikut. Luas permukaan balok tanpa alas dan tutup.

= 2 (AB X AE + BC x CG)

= 2 (6 x 0.5 + 10 x 0,5)

= 2 (3 + 5)

= 16 m2

Sedangkan volume balok tersebut = p x l x t

= BC x AB x CG

= 10 x 6 x 0.5

= 30 m3

- Volume prisma tersebut = Luas alas x tinggi prisma

Untuk menentukan volume prisma tersebut kita harus mencari nilai selisih volume tenda dengan volume balok = 150 m3 - 30 m3 = 120 m3. Jika kita ilustrasikan gambar prisma segitiga tersebut bagian tenda yang akan kita cari nilainya adalah tinggi tenda.

120 m3 = ( ) x 10

40 = t x 10

t = 4 m

Jadi, tinggi tenda 4 m

Soal Nomor 2

Apa yang Anda ketahui dari jumlah luas daerah semua sisi tegak balok dengan luas permukaan balok 236 cm2 dan ukuran rusuk-rusuk utamanya 8 cm, 6 cm dan 5 cm!

Jawaban dan pembahasan:

- Luas permukaan balok 236 cm2, diperoleh dari 2 (pl + pt + lt) cm2

- Luas permukaan balok 236 cm2, memiliki jumlah luas daerah bidang

alas dan bidang atas = 2 pl cm2 dan jumlah luas daerah semua sisi

tegak = (2 pt +2 lt) cm2

Sehubungan dengan hal itu, kemungkinan jawabannya adalah:

- Ukuran rusuk-rusuk utamanya 8 cm, 6 cm dan 5 cm, sehingga

diperoleh luas permukaan balok = 2 (pl + pt + lt) cm2

= 2 (8x6 + 8x5 + 6x5) cm2

= 236 cm2

- Jumlah luas daerah semua sisi tegak = (2 pt +2 lt) cm2

= (2x40 + 2x30) cm2

= 140 cm2

Soal Nomor 3

Periksalah di mana letak kesalahan dari jawaban berikut

  1. Misalkan untuk menentukan luas permukaan sebuah kubus EFGH.IJKL dengan ukuran rusuknya b.
  2. Maka kubus memiliki 6 buah sisi berupa bujur sangkar yang kongruen.
  3. Maka luas tiap daerah sisinya sama dengan luas daerah persegi yang rusuknya b cm, yaitu sama dengan b2 cm2
Jawaban dan pembahasan:

Jadi dapat disimpulkan luas daerah seluruh bidang sisi kubus = luas daerah permukaan kubus = empat kali kuadrat yang menyatakan ukuran panjang rusuknya.

Kubus memiliki enam buah sisi berupa bujur sangkar yang kongruen. Luas tiap daerah sisinya sama dengan luas daerah persegi yang rusuknya b cm, yaitu sama dengan b2 cm2. Jadi pernyataan kesimpulan dari soal di atas salah, seharusnya Luas daerah seluruh bidang sisi kubus = luas daerah permukaan kubus = enam kali kuadrat yang menyatakan ukuran panjang rusuknya.

Soal Nomor 4

Diketahui sebuah prisma yang berbentuk kubus dengan jumlah semua rusuknya 48 cm. Karena Jumlah panjang semua rusuknya 48 cm, maka panjang setiap rusuknya 4 cm. Jadi luas daerah permukaan prisma yang berbentuk kubus tersebut 96 cm2. Setujukah Anda?

Jawaban dan pembahasan:

Sebuah prisma yang berbentuk kubus memiliki 12 buah rusuk yang sama panjang, karena jumlah panjang semua rusuknya 48 cm, maka panjang setiap rusuknya 1/12 x 48 cm = 4 cm

Dikarenakan luas daerah permukaan kubus

= luas daerah bidang-bidang sisi kubus= 6 x (4 x 4)

= 96 cm2

Jadi setuju, luas daerah permukaan prisma yang berbentuk kubus di

atas adalah 96 cm2.

Soal Nomor 5

Hitunglah luas daerah permukaan prisma berbentuk kubus dengan

jumlah semua rusuknya 72 cm!

Jawaban dan pembahasan:

Soal ini bisa dijawab dengan beberapa ide. Misalnya (1) dengan menghitung luas daerah bidang-bidang sisi prisma; (2) menghitung luas daerah atas + jumlah luas daerah sisi-sisi yang lain. Sebuah prisma istimewa yang bernama kubus memiliki 12 buah rusuk yang sama panjangnya. Karena jumlah panjang semua rusuknya 72 cm, maka panjang setiap rusuknya = x 72 cm = 6 cm dengan menggunakan ide menghitung luas daerah permukaan kubus = luas daerah bidang-bidang

sisi kubus.

= 6 x 6 x 6 = 216 cm2

Sehingga diperoleh luas daerah permukaan prisma berbentuk kubus

216 cm2.

Soal Nomor 6

Lakukanlah kegiatan berikut ini:

  1. Belahlah buah tepat dua bagian yang sama besarnya
  2. Ukurlah luas daerah lingkaran besar tersebut dengan seutas tali halus yang padat
  3. Ukurlah permukaan bola tersebut dengan cara melilit bola dengan benang atau sejenisnya
Jawaban dan pembahasan:

Untuk menjawab soal ini, siswa menemukan luas permukaan bola sama dengan empat kali luas daerah lingkaran besarnya atau L=4.pi.r2

Penemuan di atas diperoleh dari benang yang digunakan pada poin (c) panjangnya empat kali panjang benang yang dipakai melilit pada poin (b) sama dengan luas daerah lingkaran jari-jari r, maka luas permukaan bola yang berjari-jari R adalah 4.pi.r2 atau L=4.pi.r2

Ket: pi merupakan lambang yang mewakili rasio keliling lingkaran dengan diameternya

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Muhammad Iqbal Iskandar

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Fadli Nasrudin