tirto.id - Contoh soal asesmen guru PAI dan jawabannya dapat dijadikan panduan belajar oleh para guru. Asesmen Kompetensi Guru (AKG) diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag).
Asesmen Kompetensi Guru (AKG) merupakan salah satu upaya strategis Kementerian Agama Republik Indonesia untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme pendidik. Diharapkan pelaksanaan AKG mampu mengukur kemampuan pedagogik dan profesional guru secara objektif dan terstandar.
Penilaian AKG menjadi bagian penting untuk mengembangkan karier dan meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkup madrasah. Seorang guru wajib memahami seputar materi AKG sebagai pokok yang tidak bisa diabaikan.
Ujian dalam AKG terdiri dari materi-materi tertentu yang kisi-kisinya sudah disiapkan oleh Kemenag, Lantas, seperti apa kisi-kisi dan contoh soal asesmen guru PAI? Cek nya di artikel ini.
Kisi-Kisi Asesmen Guru PAI

Informasi seputar kisi-kisi AKG PAI dapat dipelajari supaya guru bisa mempersiapkan diri sebelum mengerjakan tes AKG. Kisi-kisi ini perlu dipahami oleh guru sebagai langkah penting untuk menghadapi asesmen tes AKG.
Berikut kisi-kisi asesmen guru PAI:
1. Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik bertujuan untuk menguji keahlian guru dalam memahami individu karakteristik siswa dan mengelola atau mengatur proses pembelajaran secara efektif.2. Kompetensi Profesional
Kompetensi profesional berfokus pada penguasaan materi pelajaran secara mendalam dan aplikatif sesuai bidang keahlian guru.3. Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan perangkat ajar. Mulai dari RPP hingga modul yang relevan dengan kebutuhan siswa dan kurikulum yang berlaku.4. Strategi Pembelajaran Aktif dan Inovatif
Kisi-kisi strategi pembelajaran aktif dan inovatif bertujuan menilai kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran dan mendukung partisipasi yang aktif serta sifat berpikir siswa yang kritis.5. Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran
Kisi-kisi materi ini mencakup penggunaan media digital, aplikasi, dan platform pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pengajaran.6. Asesmen Formatif dan Sumatif
Kisi-kisi ini bertujuan mengukur pemahaman guru dalam merancang dan menerapkan evaluasi pembelajaran secara menyeluruh dan berkesinambungan.7. Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas bermaksud untuk menilai kemampuan dengan lingkungan kelas yang aman, tertib, dan siswa terlibat didalam pembelajaran8. Pengembangan Profesi Berkelanjutan
Pengembangan profesi berkelanjutan berkaitan dengan refleksi diri, pengembangan kompetensi, dan keterlibatan dalam kegiatan peningkatan kualitas profesional.9. Nilai, Etika, dan Kepribadian Guru
Menekankan pentingnya integritas, tanggung jawab, dan sikap teladan dalam menjalankan profesi pendidik.10. Implementasi Profil Pelajar Pancasila
Mengukur sejauh mana guru mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan kebangsaan dalam proses pembelajaran di madrasah.Contoh Soal Asesmen Guru PAI dan Jawabannya
Mengerjakan latihan soal bisa menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan diri menghadapi AKG. Contoh soal asesmen guru PAI dan jawabannya diperlukan supaya guru memiliki gambaran tentang soal yang akan dikerjakan.
Berikut contoh soal asesmen guru PAI dan jawabannya:
1. Guru PAI menegur murid yang mengolok teman berbeda suku dengan lembut dan bijak. Sikap guru ini mencerminkan nilai…
A. Keadilan
B. Toleransi
C. Moderasi
D. Ihsan
Jawaban: B
2. Seorang guru tetap melaksanakan salat Dhuha di sela kegiatan sekolah. Hal ini mencerminkan…
A. Komitmen Spiritual Dalam Keseharian
B. Iman Kepada Rasul
C. Ketaatan Sosial
D. Moderasi Beragama
Jawaban: A
3. Guru mengingatkan siswa agar tidak membuang makanan di kantin. Tindakan ini mencerminkan nilai…
A. Syukur dan Tanggung Jawab
B. Kebersihan dan Kedisiplinan
C. Ihsan Sosial
D. Moderasi Pangan
Jawaban: A
4. Guru memberi contoh menjaga kebersihan kelas sebagai bagian dari iman. Hal ini berdasarkan hadis…
A. “Kebersihan Sebagian dari Iman.”
B. “Tangan di Atas Lebih Baik Daripada Tangan di Bawah.”
C. “Tidak Beriman Seseorang Hingga Mencintai Saudaranya.”
D. “Senyum Adalah Sedekah.”
Jawaban: A
5. Guru mengingatkan agar siswa mengembalikan barang temannya yang tertinggal. Ini penerapan nilai…
A. Amanah
B. Adil
C. Tanggung Jawab
D. Ihsan
Jawaban: A
6. Guru mengajak siswa membaca doa sebelum dan sesudah belajar. Tindakan ini menguatkan aspek…
A. Ihsan
B. Moderasi
C. Spiritualitas Harian
D. Sosialisasi
Jawaban: C
7. Guru mengingatkan siswa untuk bersyukur saat mendapat nilai baik dan tidak sombong. Ini mencerminkan…
A. Ihsan
B. Tawaduk
C. Takwa
D. Toleransi
Jawaban: B
8. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa sedekah tidak harus berupa uang, tetapi bisa dengan senyum dan tolong-menolong. Ini menunjukkan…
A. Fleksibilitas Ibadah
B. Nilai Ihsan
C. Pengalaman Beragama Yang Luas
D. Moderasi Sosial
Jawaban: C
9. Guru mengingatkan siswa untuk saling menolong saat kegiatan kebersihan sekolah. Nilai yang ditetapkan adalah…
A. Ukhuwah Islamiyah
B. Kompetisi
C. Ketegasan
D. Kemandirian
Jawaban: A
10. Guru memberi keteladanan dalam berpakaian rapi dan sopan sesuai ajaran Islam. Ini termasuk penerapan…
A. Akhlak terhadap diri sendiri
B. Ketaatan pada aturan
C. Moderasi
D. Adab sosial
Jawaban: A
11. Ujian akhir semester adalah bentuk dari…
A. Asesmen sumatif
B. Asesmen formatif
C. Asesmen diagnostik,
D. Evaluasi harian
Jawaban: A
12. Asesmen sumatif dilakukan di akhir pembelajaran untuk mengukur pencapaian belajar secara keseluruhan. Guru membuat aturan kelas bersama siswa dan menuliskannya di papan kelas. Ini merupakan bentuk…
A. Hukuman kolektif
B. Demokrasi dalam kelas
C. Disiplin ketat
D. Pembatasan hak
Jawaban: B
13. Melibatkan siswa dalam pembuatan aturan kelas menciptakan rasa tanggung jawab dan suasana belajar yang kondusif. Guru mengikuti komunitas belajar dan berbagi praktik baik menunjukkan…
A. Kompetensi supervisi
B. Konsistensi administratif
C. Pengembangan profesi berkelanjutan
D. Kewajiban rutin sekolah
Jawaban: C
14. Guru menjadi contoh dalam berpakaian rapi, berkata sopan, dan bersikap adil. Ini termasuk…
A. Strategi pembelajaran
B. Kompetensi sosial
c. Kompetensi profesional
D. Nilai dan kepribadian guru
Jawaban: D
15. Dalam proses pembelajaran, guru menyisipkan nilai-nilai kejujuran dan kerja sama. Hal ini menunjukkan…
A. Pemahaman materi
B. Predikat nilai siswa
C. Asesmen non-akademik
D. Implementasi Profil Pelajar Pancasila
Jawaban: D
16. Mengapa moderasi beragama penting di Indonesia?
A. Untuk menekan populasi
B. Berguna untuk mempromosikan satu agama tertentu
C. Penting untuk menjaga keberagaman dan persatuan
D. Untuk menghapus tradisi lokal
Jawaban: C
17. Guru PAI mengajak siswa berdiskusi tentang pentingnya menghormati teman yang berbeda agama. Langkah guru ini termasuk upaya menanamkan nilai…
A. Kearifan lokal
B. Moderasi beragama
C. Kesetaraan sosial
D. Keadilan spiritual
Jawaban: B
18. Guru PAI menekankan pen ngnya berdialog dengan lembut dalam perbedaan pandangan keagamaan. Hal ini mencerminkan prinsip…
A. Keadilan
B. Musyawarah
C. Toleransi
D. Kearifan
Jawaban: D
19. Dalam kegiatan sekolah bersama lintas agama, guru PAI mengingatkan bahwa kerja sama sosial dak mengurangi iman seseorang. Sikap ini menegaskan prinsip…
A. Komitmen kebangsaan
B. Toleransi beragama
C. Kesetaraan
D. Moderasi beragama
Jawaban: D
20. Guru mengajarkan bahwa fana sme berlebihan dapat memecah persaudaraan. Sikap yang benar adalah…
A. Moderat dalam beragama
B. Tegas dalam perbedaan
C. Menghindari pergaulan luar
D. Menolak semua paham asing
Jawaban: A
21. Guru PAI mencontohkan perilaku dak mudah menyalahkan prak k ibadah orang lain yang masih dalam koridor syariat. Ini wujud dari nilai…
A. Toleransi internal
B. Komitmen kebangsaan
C. Kesetaraan
D. Musyawarah
Jawaban: A
22. Guru melibatkan siswa dalam kegiatan bak sosial lintas agama. Kegiatan ini mengajarkan siswa tentang…
A. Solidaritas dan kemanusiaan
B. Ketaatan hukum
C. Keberagaman budaya
D. Keberanian moral
Jawaban: A
23. Guru PAI mengajarkan untuk menggunakan media sosial secara santun, tidak menyebar hoaks keagamaan. Nilai yang diterapkan adalah…
A. Tanggung jawab digital
B. Moderasi digital
C. Anti-hoaks
D. Etika komunikasi
Jawaban: B
24. Guru menolak adanya ajaran yang memecah belah bangsa dengan dalih agama. Tindakan ini mencerminkan…
A. Komitmen kebangsaan
B. Moderasi beragama
C. Kesetaraan
D. Toleransi
Jawaban: A
25. Guru PAI mengingatkan bahwa ndakan terorisme dak sesuai ajaran Islam. Pernyataan ini menegaskan nilai…
A. Anti-kekerasan
B. Keadilan
C. Kesetaraan
D. Toleransi
Jawaban: A
26. Guru mengajak siswa memahami perbedaan mazhab sebagai kekayaan khazanah Islam, bukan sumber perpecahan. Sikap ini menunjukkan…
A. Moderasi intra-agama
B. Keadilan mazhab
C. Kearifan sosial
D. Musyawarah keagamaan
Jawaban: A
27. Guru menekankan pentingnya menghargai budaya lokal selama dak bertentangan dengan akidah. Ini merupakan bentuk…
A. Kearifan lokal dalam moderasi
B. Ketaatan hukum
C. Konservatisme agama
D. Akulturasi mutlak
Jawaban: A
28. Guru menekankan pentingnya menghargai budaya lokal selama tidak bertentangan dengan akidah. Ini merupakan bentuk…
A. Kearifan lokal dalam moderasi
B. Ketaatan hukum
C. Konservatisme agama
D. Akulturasi mutlak
Jawaban: A
29. Guru menegaskan bahwa ilmu tanpa akhlak akan membawa kebinasaan. Pernyataan ini menekankan pentingnya keseimbangan antara…
A. Akal dan hati
B. Dunia dan akhirat
C. Ilmu dan amal
D. Syariat dan budaya
Jawaban: C
30. Guru menyampaikan bahwa zakat mendidik umat agar tidak egois dan cinta sesama. Makna sosial zakat ini menunjukkan…
A. Keadilan sosial
B. Solidaritas umat
C. Moderasi ekonomi
D. Toleransi sosial
Jawaban: B
Kisi-kisi materi AKG PAI dapat dijadikan panduan oleh guru untuk belajar sebelum pelaksanaan tes AKG. Contoh soal di atas juga bisa dipelajari dalam latihan soal sehingga guru dapat memiliki gambaran tentang soal yang akan dikerjakan dalam AKG.
Simak informasi lain seputar program guru? Cek selengkapnya di bawah ini:
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Nurul Azizah & Elisabet Murni P
Masuk tirto.id







































