Menuju konten utama

Contoh Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Fase F SMA dan Link PDF

Contoh modul P5 gaya hidup berkelanjutan fase F untuk jenjang SMA beserta link unduhnya dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Contoh Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Fase F SMA dan Link PDF
Anak SMA bawa buku pelajaran. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Contoh modul P5 gaya hidup berkelanjutan fase F untuk jenjang SMA beserta link unduhnya dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Modul P5 gaya hidup berkelanjutan adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5).

Para tenaga pendidik dapat membuat sendiri, memilih, serta memodifikasi modul P5 sesuai dengan konteks, karakteristik dan kebutuhan para peserta didik.

Selain itu, para tenaga pendidik juga dapat mengembangkan modul projek profil sesuai dengan kebutuhan peserta didik, memodifikasi dan atau menggunakan modul projek P5 yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Lantas, apa itu persisnya modul P5 gaya hidup berkelanjutan?

Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan

Dalam Kurikulum Merdeka, ada materi tentang projek gaya hidup berkelanjutan. Projek ini terintegrasi dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Untuk memandu tenaga pendidik mengampu projek P5 gaya hidup berkelanjutan ini di kelas, maka dibuatlah modul P5. Modul P5 ini berisi berbagai materi yang tujuan utamanya meningkatkan kesadaran siswa tentang keberlanjutan hidup dan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan.

Dengan menggunakan modul P5 tersebut, para tenaga pendidik mengajak para peserta didik untuk memahami berbagai dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan. Juga mendorong para siswa untuk mengadopsi sikap dan perilaku ramah lingkungan.

Berbagai kegiatan dalam projek ini mencakup penyuluhan mengenai pentingnya hidup berkelanjutan, memproduksi barang-barang daur ulang, serta pengurangan penggunaan barang-barang plastik untuk mengurangi sampah plastik.

Lalu, apa saja komponen dalam modul P5 gaya hidup berkelanjutan ini?

Dirujuk dari Datadikdasmen, sejumlah komponen yang harus tercantum dalam modul P5 ni di antaranya adalah:

Profil Modul

  • Tema dan topik atau judul modul
  • Fase atau jenjang sasaran
  • Durasi kegiatan

Tujuan

  • Pemetaan dimensi, elemen, sub elemen Profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan P5
  • Rubrik pencapaian berisi rumusan kompetensi yang sesuai dengan fase peserta didik, untuk pendidikan Dasar dan Menengah

Aktivitas

  • Alur aktivitas projek profil secara umum
  • Penjelasan detail tahapan kegiatan dan asesmennya

Asesmen - Instrumen pengolahan hasil asesmen untuk menyimpulkan pencapaian projek profil.

Untuk menentukan tema proyek masing-masing jenjang atau fase diberi pilihan:

  • Jenjang SD/Fase A sampai Fase C : Wajib memilih dan menentukan 2 tema dalam 1 tahun
  • Jenjang SMP/Fase D : Wajib memilih dan menentukan 3 tema dalam 1 tahun
  • Jenjang SMA/Fase E sampai Fase F : Wajib memilih dan menentukan 3 tema dalam 1 tahun

Untuk tema, Kemendikbudristek telah memberikan judul tema yang bisa digunakan untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Tema-tema itu adalah:

  1. Gaya Hidup Berkelanjutan (SD-SMA/SMK)
  2. Kearifan Lokal (SD, SMP, SMA/SMK)
  3. Bhinneka Tunggal Ika (SD, SMP, SMA/SMK)
  4. Suara Demokrasi (SMP-SMA/SMK)
  5. Rekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI (SD, SMP, SMA/SMK)
  6. Kewirausahaan (SD, SMP, SMA/SMK).

Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Fase F SMA

Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka. FOTO/kurikulum.kemdikbud.go.id/

Modul P5 Fase F Kurikulum Merdeka ditujukan untuk kelas 11 dan 12 SMA Sederajat. Berikut ini contoh penjabaran materi dan tujuan Modul P5 gaya hidup berkelanjutan dalam setiap pertemuannya:

Tujuan 1

Dimensi: Bergotong royong

Elemen: Kolaborasi kepedulian

Sub Elemen:

  • Kolaborasi: kerja sama, komunikasi untuk mencapai tujuan bersama
  • Kepedulian: tanggap terhadap lingkungan sosial, persepsi sosial
Rumusan Kompetensi:

  1. Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan.
  2. Aktif menyimak untuk memahami dan menganalisis informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk menyelesaikan masalah guna mencapai berbagai tujuan bersama.
  3. Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan keadaan yang lebih baik.
  4. Melakukan tindakan yang tepat agar orang lain merespon sesuai dengan yang diharapkan dalam rangka penyelesaian pekerjaan dan pencapaian tujuan.

Tujuan 2

Dimensi: Bernalar kritis

Elemen: Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya

Sub elemen: Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan :

  1. Mengajukan pertanyaan.
  2. Mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan.
Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya :

  1. Elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya
  2. Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri
Rumusan kompetensi:

  1. Mengajukan pertanyaan untuk menganalisis secara kritis permasalahan yang kompleks dan abstrak.
  2. Secara kritis mengklarifikasi serta menganalisis gagasan dan informasi yang kompleks dan abstrak dari berbagai sumber. Memprioritaskan suatu gagasan yang paling relevan dari hasil klarifikasi dan analisis.
  3. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakannya dalam menemukan dan mencari solusi serta mengambil keputusan.
  4. Menjelaskan alasan untuk mendukung pemikirannya dan memikirkan pandangan yang mungkin berlawanan dengan pemikirannya dan mengubah pemikirannya jika diperlukan.

Untuk mencermati contoh modul P5 gaya hidup berkelanjutan fase F untuk jenjang SMA atau sederajat, berikut ini tautan PDF yang dapat diunduh:

Link Unduh Contoh Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Fase F SMA

Baca juga artikel terkait MODUL AJAR atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Edusains
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani