tirto.id - Modul P5 Asyiknya Berkebun Sayur menjadi bagian dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema Kearifan Lokal atau Gaya Hidup Berkelanjutan. Pengajar bisa membuat modul projek menanam sayuran ini untuk fase B, yakni kelas 3 dan 4.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka diselenggarakan dengan mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar. Di konteks P5 kelas 4 Asyiknya Berkebun Sayur, siswa bisa diajak untuk memanfaatkan dan memberdayakan lahan kosong di sekitar sekolah atau rumah.
Penyusunan modul P5 Asyiknya Berkebun Sayur fase B cukup mudah mengingat banyak jenis kegiatan yang dieksplorasi. Para guru bisa mengunduh contoh modul P5 Menanam Sayur fase B untuk referensi melalui sejumlah tautan khusus di artikel ini.
Proyek Kurikulum Merdeka Fase B Asiknya Berkebun Sayur
Modul P5 Menanam sayur fase B berfokus mengembangkan kompetensi dan karakter para peserta didik, terutama dalam mengelola lingkungan sekitar. Kegiatan yang dirancang di modul projek menanam sayuran fase B berbasis proyek (project-based learning).
Untuk pelaksanaan P5 kelas 4, modul P5 Asyiknya Berkebun Sayur dapat menjadi bagian dari penjabaran tema Kearifan Lokal atau Gaya Hidup Berkelanjutan. Pemilihan tema ini bergantung pada fokus projek.
Tema Kearifan Lokal berfokus mengembangkan semangat peserta didik dalam menggali kearifan budaya lokal. Keterampilan menggali informasi (kapasitas inkuiri) budaya lokal juga diasah melalui Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema ini.
Fokus tersebut bisa tercermin di kegiatan P5 yang mengeksplorasi cara berkebun sayur di lingkungan sekitar sekolah dengan metode sesuai tradisi masyarakat lokal.
Sementara itu, tema Gaya Hidup Berkelanjutan mengajak peserta didik memahami akibat kegiatan manusia terhadap kelestarian alam di lingkungan sekitar. Siswa akan didorong menyadari pentingnya berperilaku ramah lingkungan serta menganalisis potensi solusi mengatasi kerusakan alam di lingkungan sekitar.
Dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan, kegiatan P5 kelas 4 bisa berfokus kepada proyek membuat kebun sayur organik yang bebas pupuk maupun pestisida kimia. Dengan begitu, P5 kelas 4 Asiknya Berkebun Sayur bisa mencerminkan kegiatan pelestarian lingkungan.
Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) "Asiknya Berkebun Sayur" dapat berupa penanaman sayuran di polybag yang menempati lahan sekitar sekolah. Kegiatan serupa juga bisa dengan memanfaatkan lahan kosong belakang sekolah untuk berkebun.
Proyek “Asyiknya Berkebun Sayur” memiliki implikasi pada berbagai dimensi profil pelajar Pancasila. Misalnya, dimensi bergotong royong dan kreatif.
Adapun contoh rangkaian aktivitas dalam Modul P5 Menanam sayur fase B adalah:
- Aktivitas 1: Sosialisasi Proyek
- Aktivitas 2: Asesmen Diagnostik
- Aktivitas 3: Pengenalan
- Aktivitas 4: Asesmen Formatif 1
- Aktivitas 5: Pengenalan
- Aktivitas 6: Asesmen Formatif 2
- Aktivitas 7: Tahap Pengenalan
- Aktivitas 8: Tahap Aksi Nyata
- Aktivitas 9: Asesmen Formatif 3
- Aktivitas 10: Tahap Aksi Nyata
- Aktivitas 11: Tahap Evaluasi dan Refleksi
- Aktivitas 12: Asesmen Sumatif
- Aktivitas 13: Penyusunan Portofolio
- Aktivitas 14: Perayaan Hasil Belajar
Tahapan Modul P5 Asyiknya Berkebun Sayur Fase B
Pelaksanaan proyek P5 fase B “Asyiknya Berkebun Sayur” bisa terbagi menjadi beberapa tahapan kegiatan. Implementasi proyek Pancasila tidak hanya dilaksanakan olehguru dan murid. Proyek ini juga dapat melibatkan orang tua atau wali murid.
Berikut contoh tahapan proyek p5 kelas 4 atau fase B Asyiknya Berkebun Sayur:
1. Tahap Pengenalan
Pada tahap pengenalan ini, kegiatan dilaksanakan dengan mengajak peserta didik untuk mengenal beragam jenis tumbuhan (terutama sayuran) dan manfaatnya bagi manusia.2. Tahap Kontekstualisasi
Tahap kontekstualisasi dapat dilakukan dengan mengomunikasikan hal-hal yang dapat membantu dalam penyelesaian proyek. Misalnya, pemilihan metode penanaman maupun lahan yang akan digunakan.3. Tahap Aksi
Tahap aksi dilaksanakan dengan bersama-sama mewujudkan aksi nyata atau praktik P5 dengan membuat kebun sayur.4. Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut
Tahap rekleksi dan tindak lanjut dilakukan untuk menggenapi proses penguatan dari guru. Tahap ini meliputi proses tindak lanjut dalam merawat tanaman, evaluasi dan refleksi, dan menyusun langkah strategis ke depan.Download Modul P5 Asyiknya Berkebun Sayur Fase B
Banyak contoh modul P5 Menanam Sayur fase B yang dapat digunakan oleh guru untuk referensi membuat dokumen serupa. Berikut link download modul P5 Asyiknya Berkebun Sayur fase B:
1.Download Modul P5 Asyiknya Berkebun Sayur Fase B
2.Download Modul Projek Menanam Sayuran Fase B
3.Download Modul P5 Menanam Sayur Fase B *
4.Download Modul P5 Kelas 4 Asyiknya Menanam Sayur *
*Untuk mengunduh, login dahulu dengan akun email berakhiran belajar.id.
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yonada Nancy & Iswara N Raditya
Penyelaras: Addi M Idhom