Menuju konten utama

Contoh Kalimat Poster Niaga, Pendidikan, Hingga Propaganda

Berikut contoh kalimat poster niaga, poster propaganda, poster pendidikan, poster afirmasi, hingga poster layanan masyarakat.

Contoh Kalimat Poster Niaga, Pendidikan, Hingga Propaganda
Relawan memasang poster bertajuk Desain Poster untuk Indonesia Bersama Lawan Corona di halaman Roemah Rakyat, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/4/2020). ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.

tirto.id - Poster merupakan media publikasi populer hingga saat ini. Anda dapat dengan mudah menemukan contoh-contoh poster yang terpampang di jalanan, hingga tempat-tempat umum. Kini, poster juga dapat ditemukan melalui format digital yang dapat diakses melalui gawai atau media sosial.

Adapun poster yang kerap Anda lihat terdiri dari berbagai jenis. Di antara contoh jenis poster ialah poster niaga, poster propaganda, poster layanan masyarakat, hingga poster kampanye.

Secara umum, pengertian poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar, ataupun kombinasi antara keduanya, dan dibuat dengan tujuan memberikan informasi pada khalayak. Info yang termuat dalam poster umumnya bersifat persuasif atau mengajak.

Poster atau plakat juga bisa dianggap karya seni atau karya desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pemasangan poster dapat dilakukan dengan cara ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dan dengan sifat mencari perhatian mata. Poster biasanya dipasang di tempat umum yang dinilai strategis karena dekat dengan keramaian. Namun, di era digital, poster juga disebarluaskan melalui media sosial dan website.

Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Isinya

Poster yang merupakan media berisi gambar dan tulisan dengan tujuan umum mengajak, memiliki beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis poster berdasarkan isinya:

1. Poster Niaga

Jenis poster niaga merupakan poster yang dibuat untuk media komunikasi di urusan perniagaan (perdagangan) dengan tujuan menawarkan suatu barang atau jasa.

2. Poster Kegiatan

Poster kegiatan adalh poster yang berisi informasi tentang suatu kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti jalan sehat, senam, dan lain-lain. Isinya berupa ajakan bagi khalayak untuk melihat atau mengikuti suatu kegiatan.

3. Poster Pendidikan

Poster pendidikan Merupakan poster yang isi materinya bertujuan untuk mendidik.

4. Poster Layanan Masyarakat

Poster Layanan Masyarakat adalah poster yang isinya berupa materi kampanye hal-hal positif bagi masyarakat. Biasanya, poster jenis ini ditujukan untuk memberikan informasi kesehatan, layanan publik, dan tema-tema lain yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.

5. Poster Propaganda

Poster Propaganda merupakan poster yang isinya memiliki tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas suatu hal, mendorong masyarakat untuk melakukan sesuatu, atau punya keyakinan tertentu terkait sebuah gagasan.

6. Poster Kampanye

Poster Kampanye merupakan poster yang isinya bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat, terutama pada saat menjelang pemilihan umum.

7. Poster Afirmasi

Poster Afirmasi adalah poster yang isi informasinya diarahkan untuk memotivasi pembaca.

Contoh Kalimat Poster Niaga Hingga Pendidikan

Berikut ini contoh kalimat poster niaga, poster propaganda, poster pendidikan dan lainnya:

1. Kalimat Poster Niaga:

-“Special Offer, Promo Buy One Get One untuk Februari yang Penuh Kasih Sayang.”

-"Dapatkan diskon maksimal 80 persen di Toko Andalan."

2. Kalimat Poster Kegiatan:

-“Saksikan Pagelaran Seni Pesona Mutiara Jawa. Menyurat yang Silam, Menggurat yang Menjelang.”

-"Ayo, datang ke TPS pada 14 Februari 2024"

3. Kalimat Poster Pendidikan:

-“Guru Kreatif Siswa Responsif”

-"Banyak membaca buku, banyak tahu"

-"Membaca tanpa berpikir bagaikan makan tanpa mencerna"

3. Kalimat Poster Layanan Masyarakat:

-“Waspadai Hipertensi, Kendalikan Tekanan Darah."

-"Cegah Hipertensi dengan Cerdik (Cek Kesehatan Berkala, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Aktivitas Fisik, Diet Seimbang, Istirahat Cukup, dan Kelola Stres).”

-"Jauhi narkoba, dekati keluarga."

-"Punya JKN, tidak perlu bingung biaya saat berobat."

-"Ayo, Cegah Covid-19 dengan 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas)."

4. Kalimat Poster Propaganda:

-“Perjuangan Belum Berakhir, Merdeka Atau Mati!”

-"Pendidikan gratis untuk semua adalah hak warga negara!"

5. Kalimat Poster Kampanye:

-“Mohon Doa dan Dukungannya, Ingat Coblos Nomor 411 di Pemilu 2024.”

-"Jangan lupa, pilih gambar nangka di Pilkades Desa Sukabangun 2024."

6. Kalimat Poster Afirmasi:

-“Kesalahan Membantu Kita Belajar.”

-"Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata."

-"Berani bukan berarti tidak takut. Keberanian adalah menaklukkan ketakutan."

Langkah-langkah Membuat Poster dan Tahapannya

Pembuatan poster kini dapat dilakukan melalui telepon seluler via aplikasi, atau dengan software di komputer. Selain itu, terdapat sejumlah situs yang menyediakan pembuatan poster online secara gratis. Contoh aplikasi pembuat poster adalah Canva, Picsay Pro, Piscart, dan lain sebagainya.

Pembuatan poster dimulai dari menentukan topik, tujuan, hingga isinya. Setelahnya, baru masuk ke tahap finishing dengan menggunakan sejumlah software maupun aplikasi.

Berikut ini langkah-langkah proses pembuatan poster:

1. Tentukan Topik & Tujuan

Tentukan apa yang dibahas dalam poster tersebut. Misalnya, membahas produk, kegiatan sosial, atau sebuah pesan pendidikan. Kemudian, tentukan pula alasan membuat poster tersebut.

2. Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Memberikan Sugesti

Poster biasanya dibaca sekilas oleh pengunjung. Jarang pejalan kaki, pengendara, atau pengguna medsos yang berlama-lama untuk membaca sebuah poster.

Untuk itu, kalimat poster sebaiknya dibuat singkat agar bisa dibaca dan dipahami dalam waktu beberapa detik saja. Melalui bahasa singkat tersebut, pesan yang ditulis oleh para pembuat poster bisa tersampaikan dengan baik. Namun, jangan sampai kata-kata dalam poster malah ambigu dan membuat pembaca bingung.

3. Gunakan Gambar

Gambar merupakan alat penyampai pesan yang paling menarik. Proporsi gambar yang lebih besar dari tulisan pada sebuah poster menjadi strategi untuk menarik pembaca. Penggunaan warna-warna mencolok juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi

4. Gunakan Media yang Tepat

Media (tempat ditempelnya poster) akan menentukan poster lebih banyak dilihat pembaca atau tidak. Poster biasanya dipasang di tempat-tempat umum seperti jalan, pasar, mall, hingga fasilitas publik lainnya. Sehingga, poster tersebut akan lebih banyak menjangkau khalayak.

Baca juga artikel terkait POSTER atau tulisan lainnya dari Dicky Setyawan

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Dicky Setyawan
Penulis: Dicky Setyawan
Editor: Addi M Idhom