Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Timur Kebut Pengerukan Tiga Waduk

, tirto.id - 9 Agu 2022 13:11 WIB
Pemerintah Kota Jakarta Timur mengebut pengerukan Waduk Tiu, Waduk Giri Kencana dan Waduk Halim.
tirto.id - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) mengebut pengerukan tiga waduk di wilayahnya untuk mengantisipasi musim hujan. Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Kusmanto mengatakan ketiga waduk itu yakni Waduk Tiu, Waduk Giri Kencana dan Waduk Halim.

"Kami telah melakukan peninjauan waduk dimulai dari hulu, Waduk Tiu di Kecamatan Cipayung dan Waduk Giri Kencana, untuk memastikan pengerjaan pengurasan waduk di wilayah Jakarta Timur harus dikebut," kata Kusmanto di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Menurut Kusmanto, pengerukan waduk menemui sejumlah kendala seperti di Waduk Giri terkait PHB (penghubung). Usai dikeruk, air waduk masuk ke PHB dan terjebak di sana.

Oleh karena itu, ia meminta Sudin Sumber Daya Air memperdalam saluran PHB agar air tersebut bisa keluar dan tidak terjebak.

“Untuk Waduk Tiu maupun Waduk Giri Kencana, kita targetkan sebelum Desember sudah selesai pengerjaannya. Sehingga setelah nanti selesai dikeruk atau dikuras oleh Sudin SDA, bisa menampung air saat musim hujan," ujarnya.

Kusmanto berharap ketiga waduk tersebut dapat menampung air saat musim hujan mendatang. Hal itu guna mencegah genangan dan banjir di Jakarta Timur.

“Waduk Halim banyak berubah penampang basahnya sudah semakin luas,” kata dia.

Kusmanto tidak merinci berapa anggaran yang disiapkan untuk melakukan pengerukan tiga waduk tersebut.


Baca juga artikel terkait PENGERUKAN WADUK atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)



DarkLight