Cara Menyembunyikan Status Online di WhatsApp Agar Privasi Terjaga

Oleh: iswarta bima - 4 Agustus 2019
Dibaca Normal 2 menit
Pengguna dimungkinkan menyembunyikan status online di WhatsApp agar privasinya lebih terjaga.
tirto.id - Pengguna WhatsApp (WA) bisa mengetahui kapan kontak tertentu online berkat fitur Terakhir Dilihat atau Last Seen. Status itu otomatis aktif secara default. Meski demikian, ada cara untuk menyembunyikan status online di WhatsApp.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan terpopuler saat ini. Di Google Play Store, aplikasi milik Facebook ini memiliki angka instalasi lebih dari 1 miliar kali. Similarweb menempatkan WhatsApp pada urutan 4 di Indonesia, di bawah Facebook, Instagram, dan Twitter untuk kategori Social Networks and Online Communities.

WhatsApp terus berinovasi. Aplikasi buatan Jan Koum dan Brian Acton ini kerap menggulirkan fitur-fitur baru. Salah satu fitur penting WhatsApp yang kerap diotak-atik penggunanya adalah setelan privasi. Demi kenyamanan, tidak sedikit pengguna WhatsApp menyembunyikan status online-nya dengan menonakftikan Terakhir Dilihat atau Last Seen.

Melansir Techjunkie, Minggu (4/8/2019), pada setelan default, WhatsApp mengizinkan setiap pengguna untuk melihat informasi pengguna lain, di antaranya tanda terima setelah membaca pesan, terakhir kali pengguna terlihat aktif di platform, panel tentang bio, dan gambar profil. Karena itu pengguna harus mematikan fitur Last Seen apabila ingin privasinya lebih terjaga.

Cara menonaktifkan fitur Terakhir Dilihat atau Last Seen di WhatsApp sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya cara menyembunyikan status online di WhatsApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu tap ikon tiga titik pada bagian pojok kanan atas. Pilih Setelan atau Setting
  2. Pilih menu Akun atau Account
  3. Pilih Privasi atau Privacy
  4. Pilih Terakhir Dilihat atau LastSeen, lalu tap opsi Tidak Ada atau No One

Menonaktifkan status Last Seen membuat pengguna lain tidak bisa mengetahui kapan terakhir kali kontak tertentu membuka WhatsApp lantaran keterangan waktu di bawah nama kontak akan hilang. Setali tiga uang, pengguna juga tidak dapat mengetahui kapan kontak tertentu terakhir kali online. Fitur ini juga memiliki kekurangan lantaran pengguna lain masih bisa tahu bahwa kontak tertentu sedang online apabila mereka membuka WhatsApp dalam waktu bersamaan.


Cara Agar Status Online di WhatsApp Benar-benar Hilang

Untuk benar-benar menjaga privasi dengan menghilangkan status online WhatsApp 100 persen dibutuhkan beberapa langkah tambahan. Berikut ini cara agar status online di WhatsApp benar-benar hilang sepenuhnya.

1. Aplikasi WhatsRemoved+

Menggunakan aplikasi ini, status online di WhatsApp bisa menjadi benar-benar tidak terlihat. Caranya, setelah instal WhatsRemoved+, jika ada pesan masuk melalui WhatsApp, jangan dibuka dahulu. Bacalah pesan WhatsApp melalui aplikasi WhatsRemoved+. Tetapi, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk membaca pesan saja, tidak bisa untuk membalas pesan WhatsApp.

2. Menonaktifkan Laporan Dibaca atau Read Receipts

Dobel centang biru menandakan pesan sudah dibaca. Untuk mengelabui orang lain, pengguna bisa menonaktifkan fitur Laporan Dibaca. Dengan begitu, jika menerima pesan dari orang lain dan membacanya, hanya akan muncul dobel centang namun tidak muncul warna biru. Sehingga orang lain mengira pesannya belum dibaca.

Caranya: tap Ikon tiga titik > Setelan > Privasi > Laporan Dibaca (matikan).

3. Aktifkan Mode Pesawat

Jika tidak ingin menginstal aplikasi tambahan, cara lain agar status online tidak terlihat adalah dengan mengaktifkan Mode Pesawat di ponsel. Sebelum membuka WhatsApp, aktifkan dulu fitur Mode Pesawat melalui setelan di ponsel. Setelah Mode Pesawat aktif, baca dan balas pesan. Jika sudah selesai, segera keluar dari aplikasi WhatsApp lalu matikan lagi Mode Pesawat. Pesan WhatsApp akan terkirim saat data seluler sudah menyala.

Sebenarnya, cara ini pun masih memunculkan status online di ponsel orang lain. Tetapi, status tersebut akan muncul dan menghilang dalam waktu yang sangat singkat.

4. Baca dan Balas Cepat

Cara tambahan selanjutnya agar status online tidak terlihat setelah menonaktifkan fitur Last Seen adalah dengan membaca atau membalas pesan secara cepat. Dengan catatan, pengguna lain pun tidak sedang membuka WhatsApp saat itu.

5. Blokir Kontak WhatsApp

Cara paling ekstrem agar privasi terjaga adalah dengan dengan memblokir kontak. Langkah untuk memblokir kontak yakni: Buka WhatsApp lalu tap ikon tiga titik pada bagian pojok kanan atas > pilih Setelan atau Setting > pilih menu Akun atau Account > pilih Privasi atau Privacy > pilih paling bawah Kontak terblokir > tap tambah (+) > cari dan pilih kontak di ponsel yang ingin diblokir.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya iswarta bima
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: iswarta bima
Penulis: iswarta bima
Editor: Ibnu Azis
DarkLight