Cara Mengatasi Kesedihan Setelah Orang yang Dicintai Meninggal

Kontributor: Dinda Silviana Dewi, tirto.id - 14 Apr 2020 14:54 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jika kesedihan yang dirasakan memburuk seiring waktu bahkan mengganggu kemampuan diri untuk berkegiatan dalam kehidupan sehari-hari, segara konsultasikan dengan penasihat atau penyedia layanan kesehatan mental lainnya.
tirto.id - Kesedihan dan duka yang mendalam pasti dirasakan bagi setiap orang yang baru saja ditinggal meninggal oleh orang yang dicintai.

Bahkan, hingga bertahun-tahun rasa sedih sering kali masih tertanam dan menjadi pertanda betapa pentingnya orang tersebut. Akan tetapi tidak disarankan untuk terus merasa sedih sebab hal tersebut bisa membuat Anda tenggelam dalam rasa depresi.

Rasa sedih yang menimpa tidak dapat diprediksi. Menurut Mayo Clinic, rasa sedih bisa menimpulkan reaksi yang bermacam-macam termasuk marah, gelisah, menangis, kelelahan atau kekurangan energi, kesepian, rasa sakit, sulit tidur, hingga tidak ingin makan atau minum.


Melansir Healthline, kesedihan yang dirasakan tersebut bisa jadi membuat orang depresi meski tidak semua orang yang sedih merasakannya. Untuk itu, tepat rasanya untuk segera mengatasi rasa sedih tersebut agar tidak berlarut-larut dan memicu depresi.

Cara mengatasi kesedihan setelah orang yang Anda sayangi meninggal dunia.


Dekatkan diri Anda pada orang yang memberi dukungan serta semangat

Menurut Psychology Today dalam situasi berduka, Anda mungkin membutuhkan orang-orang terkasih untuk membantu Anda melewati masa-masa sulit tersebut.

Teman, keluarga, guru, atau orang lain yang dikenal dan dipercayai dapat Anda andalkan untuk menjadi lingkungan yang mendukung. Mereka akan menguatkan ketika Anda merasa sedih dan mengingatkan Anda bahwa Anda adalah orang yang kuat.

Terima jika tidak punya jawaban atas apa yang terjadi

Acapkali, diri sendiri mengajukan pertanyaan “mengapa” secara berulang atas kejadian yang menimpa Anda tersebut.

Sayangnya, tidak ada jawaban untuk pertanyaan itu. Seperti hal-hal baik, berbagai hal buruk pun terjadi tanpa diharapkan salah satunya adalah ketika ditinggalkan oleh orang terkasih.


Belajar menemukan cara untuk mengatasi dan menerima bahwa tidak selalu pertanyaan akan memiliki jawaban, bisa jadi bagian dari proses penyembuhan.

Jaga dan merawat diri dengan baik

Merawat diri sendiri dengan baik mungkin merupakan tantangan ketika Anda telah kehilangan seseorang yang begitu istimewa. Ketika Anda merasa dunia hancur dan terbalik, hal-hal yang dulu mudah dilakukan bisa jadi tampak sulit dan rumit.

Meskipun rasanya mungkin tidak ingin makan atau tidur, perlu diingat bahwa keduanya penting untuk kesehatan fisik dan emosional Anda. Merawat tubuh adalah langkah pertama untuk menjaga kesehatan mental dan emosional.

Berusaha untuk rileks dan melepas stres

Pelan-pelan dan ambil napas dalam-dalam. Napas dalam dapat membantu rileks, melepaskan stres, dan membantu Anda fokus pada masa kini.

Cobalah berbagai upaya untuk tetap fokus di masa sekarang. Mengingat-ingat kembali masa lalu, bahkan menyesalinya, tidak akan mengubah apa pun. Sementara itu, mengkhawatirkan masa depan juga tidak akan mengubah masa lalu.

Hibur diri ketika merasa sedih

Menghibur diri sendiri dengan melakukan sesuatu ramah bagi diri sendiri akan membantu Anda merasa lebih baik. Ini adalah hal-hal kecil yang benar-benar dapat membantu menenangkan dan menyelesaikan ketidaknyamanan Anda.

Kenyamanan kecil dalam hidup bahkan dapat membuat masa-masa sulit menjadi lebih mudah dikelola. Penghiburan bisa datang dari memanggang kue buatan sendiri atau meringkuk dalam selimut favorit. Sekecil apa pun yang Anda lakukan, hal-hal tersebut akan membantu Anda merasa lebih baik.

Lakukan sesuatu

Terkadang ketika Anda merasa tidak berdaya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah sibuk dan melakukan sesuatu. Lalukan apapun yang Anda suka hingga membuat Anda lupa dalam beberapa saat pada kesedihan yang menimpa.

Sementara itu, jika kesedihan yang dirasakan memburuk seiring waktu bahkan mengganggu kemampuan diri untuk berkegiatan dalam kehidupan sehari-hari, segara konsultasikan dengan penasihat atau penyedia layanan kesehatan mental lainnya.

Kesedihan yang tidak terselesaikan atau rumit dapat menyebabkan depresi, masalah kesehatan mental lainnya, dan kondisi medis lainnya. Namun, dengan bantuan profesional, Anda dapat membangun kembali rasa kontrol dan arah dalam hidup Anda.


Baca juga artikel terkait KESEHATAN MENTAL atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight