Cara Hapus Akun Email di Android Sebelum Smartphone Dijual

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 25 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pastikan akun email (Google) di Android sudah dihapus sebelum smartphone dijual. Pastikan pula ponsel sudah di-factory reset setelah akun email dihapus.
tirto.id - Menghapus akun email (Google) di smartphone Android adalah hal wajib dilakukan sebelum perangkat dijual atau diberikan ke orang lain. Selain masalah privasi, langkah ini juga demi keamanan pemilik akun.

Cara hapus akun email di perangkat Android tak sulit. Pemilik smartphone tinggal masuk ke menu Settings untuk melakukannya. Berikut ini langkah-langkah hapus akun email di hp Android.

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih Accounts & Sync
  3. Pilih Google dan tap pada akun Google
  4. Pilih Remove Account

Di setiap ponsel Android, tampilan menu Settings terkadang berbeda-beda. Berikut ini cara hapus akun email di smartphone Xiaomi dan Pocophone.

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih Accounts
  3. Pilih Google dan tap pada akun Google
  4. Pilih More
  5. Pilih RemoveAccount

Setelah akun email dihapus dari smartphone atau tablet Android, pemilik perangkat dapat melakukan factory reset sebelum menjualnya atau memberikannya kepada orang lain.


Factory Reset Protection

Google pada 2015 atau saat merilis Android Lollipop memperkenalkan fitur Factory Reset Protection (FRP). Fitur ini mencegah orang lain menggunakan ponsel Android yang telah di-factory reset. Misalnya pada kasus pencurian ponsel atau perangkat diberikan ke orang lain.

Fitur itu akan meminta pengguna masuk dengan akun Google pemilik asli perangkat setelah melakukan factory reset, Android Central melansir, Kamis (25/7/2019).

Pencuri yang coba membobol FRP akan sedikit kesulitan dan was-was lantaran pada sebagian ponsel fitur GPS-nya otomatis aktif.

Di sisi lain, fitur FRP bisa jadi menyusahkan. Misalnya pemilik perangkat langsung factory reset ponselnya tanpa hapus akun Google, kemudian dijual atau diberikan ke orang lain. Saat ponsel diaktifkan, perangkat masih terkait ke akun Google pemilik sebelumnya.

Untuk menghindari FRP, pastikan menghapus semua akun Google di ponsel sebelum melakukan factory reset. Jika ini dilakukan, maka pemilik perangkat berikutnya tak tersandung kendala FRP.

Adapun menu Factory Reset bisa dijumpai di menu Settings > Systems > Reset Options > Erase All Data (Factory Reset). Sebagai informasi, menu Factory Reset di tampilan Settings untuk setiap ponsel Android terkadang berbeda-beda.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight