Cara dan Prosedur Reservasi Fasilitas di Gelora Bung Karo

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 21 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara dan prosedur untuk reservasi fasilitas di Gelora Bung Karno (GBK).
tirto.id - Gelora Bung Karno (GBK) adalah salah satu stadion atau kompleks olahraga yang dibangun untuk memfasilitasi penyelenggaraan Asian Games ke-4 di Jakarta pada 1962.

Dilansir dari laman GBK, Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah yang terbesar dan salah satu stadion tertua di Jakarta dan Indonesia, dan juga salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah stadion multiguna berstandar internasional, yang juga merupakan landmark ikonik Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno.

Setelah renovasi besar Stadion Utama Gelora Bung Karno, yang akan berfungsi sebagai tempat utama untuk Asian Games ke-18 di Jakarta 2018, kini Stadion Utama Gelora Bung Karno diubah menjadi stadion bintang lima, pintar, terbesar, dan paling canggih di Indonesia, dengan standar internasional oleh UEFA.

Stadion Utama Gelora Bung Karno kini secara resmi menjadi stadion paling terang di dunia dengan tingkat pencahayaan FOP paling terang 3,500 lux, ini adalah salah satu stadion penerangan terbaik di dunia.

Stadion Utama Gelora Bung Karno sekarang dilengkapi dengan teknologi pintar, seperti Wi-Fi berkecepatan tinggi (stadion indoor dan outdoor), teknologi pengenalan wajah, pintu putar seluruh tubuh dengan kontrol akses, dukungan 7K CCTV kualitas terbaik, lapisan keamanan tiga cincin, otomatis gerbang keluar untuk keadaan darurat, sound system hingga 80k watt PMPO, kotak royal dua lantai dengan kaca anti peluru, dan dikendalikan otomatis oleh Building Automation System (BAS).

Stadion ini juga dilengkapi dengan lintasan atletik kualitas kelas satu jenis Rekortan M99, disertifikasi oleh IAAF (International Association of Athletics Federations).

Lalu, bagaimana prosedur untuk menyewa fasilitas di GBK? Berikut adalah caranya, sebagaimana dilansir laman Indonesia.go.id

1. Masuk ke halaman e-booking GBK dengan alamat https://reservation.gbk.id/ lalu pilih menu "Game" di Menu Bar di kanan atas.

Pastikan Anda telah memiliki akun atau terdaftar di nama pengguna dan memiliki kata sandi. Jika belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar di halaman registrasi di menu Registrasi.

2. Setelah masuk di halaman menu Game, pilih venue yang ingin Anda pesan.

Pada halaman ini, terdapat fasilitas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Gedung Basket, Lapangan Basket Outdoor 1, Lapangan Basket Outdoor 2, Lapangan Basket Outdoor 3, Lapangan Basket Outdoor 4, Lapangan Gateball 1, Lapangan Gateball 2, Lapanga Hoki, dan sebagainya.

3. Pada halaman detail Venue, pilih Game.

4. Atur waktu mulai hingga akhir sewa dengan memilih dari tanggal dan ke tanggal yang terdapat dalam pilihan sesuai dengan yang Anda kehendaki.

GBK memberikan kebijakan tentang harga sewa, yaitu sewa satu hari, juga ada tarif hari kerja dan tarif akhir pekan.

5. Setelah memilih jenis venue yang akan disewa dan tanggal, selanjutnya pilih rentang waktu (jam sewa). Lalu, tentukan cara pembayaran yang dikehendaki.

Jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.

6. Setelah membaca syarat dan ketentuan, dan jika telah setuju, klik Pesan Sekarang (Book Now).

Setelah itu, akan muncul keterangan lagi soal venue yang akan disewa, durasi waktu, baik jam maupun tanggal, informasi pembayaran, dan tenggat waktu pembayaran.

Selain melakukan reservasi venue GBK via online, Anda pun dapat melakukannya dengan cara mendatangi Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) yang berada di Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta, dengan nomor telepon 021-29888555 Ext.7000 atau via 021-5701862 serta bisa via email ke info@gbk.id.


Baca juga artikel terkait GBK atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight