Menuju konten utama

Cara Chat HRD di Linkedin dan Contoh Templatenya

Bagaimana cara chat HRD di LinkedIn bagi para pencari kerja? Artikel berikut ini akan membantu memaparkannya.

Cara Chat HRD di Linkedin dan Contoh Templatenya
foto/shutterstock

tirto.id - Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan platform media sosial LinkedIn. Dengan LinkedIn, Anda lebih mudah dan lebih cepat terhubung dengan profesional dari berbagai industri, termasuk dengan HRD di perusahaan-perusahaan yang diminati.

Bila ingin menjadi bagian dari perusahaan yang diminati tersebut, menghubungi langsung pihak HRD perusahaan itu adalah hal yang baik. Bahkan, ini merupakan langkah yang cerdas dan sangat disarankan.

Lantas, bagaimana cara chat HRD di LinkedIn? Apakah ada rambu-rambu yang perlu Anda perhatikan?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut ini akan dijabarkan etika dan sejumlah cara chat dengan HRD di LinkedIn dengan baik dan tepat sasaran.

Cara Chat HRD di LinkedIn yang Baik

Di bawah ini akan dijabarkan bagaimana cara chat ke HRD, termasuk bagaimana cara bertanya lowongan kerja ke divisi Human Resources Development atau HRD di perusahaan yang sedang Anda tuju, sebagaimana dirujuk dari Dripify:

1. Riset terlebih dahulu

Salah satu langkah awal dari cara melamar kerja di LinkedIn adalah Anda harus tahu perihal medan yang akan dilamar. Representasi awal dari medan kerja yang akan Anda lamar itu adalah HRD.

Oleh karena itu, sebelum Anda terkoneksi secara personal dan melamar pekerjaan pada perusahaan di mana HR itu berada, lebih baik Anda melakukan riset sederhana terlebih dahulu.

Anda bisa melakukan riset secara daring. Perhatikan secara seksama profil LinkedIn HR yang bersangkutan.

Dari profil itu, Anda bisa mengulik informasi tentang perusahaan di mana HR ini bekerja, seperti perusahaan ini bergerak dalam bidang apa, apa saja divisi kerja perusahan tersebut, bagaimana job desk pada posisi yang akan Anda lamar, serta berbagai informasi dasar lainnya dari perusahaan tersebut.

2. Tambahkan pesan singkat saat mengirim permintaan untuk terhubung langsung dengan HRD

Cara chat HRD di LinkedIn kedua yang cukup efektif membuka peluang Anda terhadap lowongan kerja yang ada adalah, dengan menambahkan pesan perkenalan yang ringkas, sederhana dan langsung ke intinya.

Poinnya, jangan bertele-tele, karena HRD juga menerima banyak permintaan koneksi dari orang-orang seperti Anda. Jadi buatlah pesan yang mudah dibaca dan dimengerti untuk meningkatkan kemungkinan respons positif.

3. Kirimkan follow-up message ke HRD

Setelah terkoneksi secara langsung, kirimkan follow-up message, atau pesan lanjutan kepada HRD berupa ucapan terima kasih karena telah menerima permintaan koneksi Anda.

Setelah mengucapkan terima kasih, bisa juga menyebutkan ketertarikan Anda pada perusahaan yang bersangkutan, lalu juga sebutkan bagaimana Anda bisa memberi manfaat jika Anda bekerja di situ.

Yang perlu Anda ingat adalah, kirimkan follow up message yang ringkas, padat dan mudah dimengerti. Anda juga bisa melampirkan resume atau CV Anda sebagai gambaran profesional diri Anda.

4. Kirimkan Resume atau CV Anda kepada HRD

Jika Anda sudah terkoneksi secara langsung dengan HRD, Anda bisa mengirim pesan atau email. Temukan alamat email HRD di info kontak pada bagian profil HRD.

Lalu, bersama dengan pesan di LinkedIn atau di email, Anda juga perlu mengirimkan resume atau CV kepada HRD. Jika perlu, Anda juga bisa mengirim CV ke HRD dalam Bahasa Inggris. Untuk contoh atau cara email CV ke HRD bahasa Inggris, akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

5. Jalin terus hubungan yang baik dengan HRD

Satu hal yang perlu juga Anda lakukan adalah, terus menjalin relasi yang baik dengan HRD. Jika saat ini Anda belum diterima menjadi bagian dari perusahaan tersebut, mungkin saja di lain waktu, jika perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang lain, nama Anda akan ada dalam list untuk dihubungi oleh HRD.

Namun, jangan terlalu terburu-buru dan terlihat ‘cari muka’ dengan HRD. Membangun hubungan profesional itu membutuhkan waktu. Oleh karena itu, Anda harus mengaplikasikan cara chat HRD di LinkedIn secara baik dan beretika ini saat Anda sedang job hunting di platform LinkedIn.

Contoh Template Chat HRD di Linkedin

Berikut ini akan dituliskan sejumlah contoh cara chat HRD di LinkedIn, termasuk cara membalas email HRD bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dan cara email CV ke HRD bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Beberapa contoh template ini dirangkum dari LinkedIn, Dripify, dan Glints.

Contoh Template Chat HRD di LinkedIn dalam Bahasa Indonesia

1.Template pertama adalah cara chat HRD di LinkedIn bila Anda ingin terkoneksi secara langsung di platform tersebut.

"Hai [nama HRD], perkenalkan saya [nama Anda].

Saya bekerja sebagai [posisi Anda saat ini] di [nama perusahaan Anda].

Saya ingin terkoneksi secara langsung dengan Anda di LInkedIn. Saya tertarik untuk mencari tantangan baru di perusahaan Anda. Semoga saya dapat berbicara lebih lanjut dengan Anda. Terima kasih."

2. Template kedua adalah cara bertanya lowongan kerja yang sudah diposting di LinkedIn

Subjek: (nama Anda) - Melamar untuk posisi (posisi pekerjaan)

"Hai (nama HRD), nama saya [nama Anda]. Senang bisa terkoneksi dengan Anda. Saya melihat posting Anda di LinkedIn mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan Anda. Saya sangat tertarik dengan kesempatan itu. Saya sudah melampirkan profil dan CV terkait posisi (nama posisi) di perusahaan Anda.

Dengan kemampuan dan pengalaman yang saya miliki, saya yakin saya dapat memberikan kontribusi maksimal yang menguntungkan bagi perusahaan Anda. Apakah Anda memiliki waktu untuk dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai hal ini?"

Salam,

[nama Anda]

[nomor kontak]

[email]

3. Template ketiga adalah cara melamar kerja di LinkedIn bila HRD tidak memposting lowongan pekerjaan.

Subjek: (nama Anda) - Mencari Kesempatan Kerja Baru

"Hai (nama HRD), senang sekali terkoneksi secara langsung dengan Anda. Nama saya (nama Anda) dan saat ini saya bekerja di [nama perusahaan Anda] sebagai (posisi Anda). Dengan pengalaman [angka] tahun sebagai [pekerjaan utama yang Anda lakukan], saya ingin menantang diri saya lebih jauh lagi.

Saya ingin tahu, apakah ada lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan Anda untuk (posisi yang diinginkan)? Saya ingin sekali berdiskusi lebih lanjut dengan Anda mengenai kemampuan saya sesuai dengan posisi tersebut. Saya berharap dapat mendengar kabar dari Anda segera."

Hormat saya,

[nama Anda]

[nomor kontak]

[email]

Contoh Template Chat HRD di LinkedIn dalam Bahasa Inggris

1. Template pertama adalah cara email CV ke HRD bahasa Inggris,

Subject: (nama Anda) - Looking for New Opportunity

"Hi (nama HRD), thank you for accepting my connection request. I am interested in putting myself forward for any (posisi pekerjaan) roles in (nama perusahaan). Feel free to check out my LinkedIn profile to see if I may be a fit for any of your current openings. Please find attached my CV.

Can we schedule a call to discuss?"

Kind regards,

[nama Anda]

[nomor kontak][email]

2. Template kedua adalah cara membalas email HRD bahasa Inggris.

Subject: (nama Anda) - Interview Confirmation

"Dear Mr./Ms. (nama HRD). My name is (nama Anda). Thank you so much for the invitation. I’m writing to confirm the interview details for the (posisi pekerjaan) position. I'm looking forward to meeting you on (hari, tanggal dan waktu wawancara) at (lokasi wawancara). I want to confirm if there’s anything specific that you want me to bring to the interview. Likewise, if I can provide you with any further information prior to the interview, please let me know.

Once again, thank you very much for the opportunity. Looking forward to hearing from you."

Best Regards,

[nama Anda]

[nomor kontak]

[email]

3. Template ketiga adalah cara bertanya lowongan kerja yang sudah diposting oleh HRD di LinkedIn.

Subject: (nama Anda) - Application for (posisi pekerjaan)

Dear [HRD],

I am writing to express my interest in the (posisi pekerjaan) position at (nama perusahaan). With [angka tahun pengalaman kerja] years of experience in the (posisi) field, I am confident that my skills and experience make me a strong candidate for the role.

Attached please find my resume and cover letter for your review. I am excited about the opportunity to bring my skills and experience to your team, and I look forward to the opportunity to discuss my qualifications further.

Thank you for your time and consideration.

Sincerely,

[nama Anda][nomor kontak][email]

Baca juga artikel terkait LINKEDIN atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Dhita Koesno