Menuju konten utama

Bagaimana Cara Menggunakan Linkedin untuk Mencari Kerja?

Kegunaan aplikasi LinkedIn salah satunya adalah untuk mencari kerja. Berikut tips dan cara menggunakan LinkedIn.

Bagaimana Cara Menggunakan Linkedin untuk Mencari Kerja?
Ilustrasi aplikasi Linkedin. Getty Images/iStock Unreleased

tirto.id - LinkedIn adalah platform media sosial yang berfokus pada jaringan profesional, pencarian kerja, dan personal branding. Dirancang untuk memudahkan orang terhubung dengan sesama profesional sesuai bidangnya, LinkedIn memungkinkan pengguna membangun jaringan dengan rekan, pakar, calon pengusaha, dan klien.

Cara menggunakan LinkedIn sebagai alat mencari kerja sekaligus membangun jaringan di seluruh dunia cukup mudah. Hal yang dibutuhkan yakni membuat akun LinkedIn menggunakan surel yang aktif.

Akun LinkedIn adalah akun khusus yang memungkinkan pengguna membuat profil profesional secara daring. Dengan begitu, mereka dapat terhubung dengan profesional lain dari berbagai bidang.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai LinkedIn, mari simak penjelasan berikut yang membahas tentang kegunaan dan cara menggunakan LinkedIn untuk mencari kerja.

Apa Kegunaan LinkedIn?

LinkedIn adalah platform media sosial yang dirancang khusus untuk para profesional agar dapat terhubung, berjejaring, dan membangun citra diri atau personal branding. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa kegunaan aplikasi LinkedIn dalam karier.

1. Pencarian kerja

Fitur pencarian pekerjaan LinkedIn memungkinkan pengguna mencari dan melamar profesi secara langsung di platform. Kegunaan fitur LinkedIn ini memberikan akses yang mudah dan cepat untuk menjelajahi berbagai peluang karier di berbagai industri.

2. Membangun jaringan profesional

LinkedIn memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan membangun hubungan dengan profesional lain dalam industri mereka. Bahkan bagi mereka yang introvert atau enggan menghadiri acara jaringan sosial, LinkedIn memberikan platform yang nyaman untuk memperluas jaringan profesionalnya.

3. Membangun personal branding

Kegunaan aplikasi LinkedIn berikutnya adalah membangun personal branding. Pengguna dapat memajang keterampilan, pengalaman, dan prestasi yang dimilikinya. Dengan demikian, LinkedIn membantu membangun citra diri dan reputasi yang kuat di industri sehingga meningkatkan daya tarik mereka bagi perusahaan dan klien potensial.

4. Belajar dan pengembangan

LinkedIn menyediakan akses ke berbagai sumber pembelajaran, seperti kursus dan seminar web, yang membantu pengguna mengembangkan keterampilan baru dan meningkatkan kompetensi mereka. Hal ini memungkinkan pengguna untuk terus berkembang dan bersaing di pasar kerja yang kompetitif.

5. Stay up to date

Dengan pembaruan berita yang diberikan oleh LinkedIn dari koneksi pengguna, grup, dan perusahaan, pengguna dapat mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan di industri mereka. Informasi ini sangat berharga untuk menjaga keterampilan dan pengetahuan mereka tetap relevan.

6. Rekrutmen

Perusahaan dapat menggunakan LinkedIn sebagai alat untuk menemukan dan merekrut pekerja yang dinilai potensial. Sebaliknya, bagi pencari kerja, LinkedIn memberikan kesempatan untuk menemukan peluang karier yang sesuai dengan keterampilan dan minat mereka.

Bagaimana Cara Menggunakan Linkedin untuk Mencari Kerja?

Cara menggunakan linkedin untuk mencari pekerjaan dapat dilakukan, mulai dari memperbarui profil akun LinkedIn hingga aktif menggunakan LinkedIn untuk meningkatkan keterhubungan dengan pihak lain, khususnya pemberi kerja. Dilansir situs LinkedIn dan Top Resume, berikut cara menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan.

1. Perbarui profil

Pastikan profil LinkedIn Anda berisi informasi yang terbaru dan lengkap mencakup keterampilan, pengalaman, pendidikan, dan tujuan karier. Gunakan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang sedang diincar untuk membuat profil Anda lebih mudah ditemukan oleh perekrut dan profesional lainnya.

2. Manfaatkan pencarian lanjutan

Gunakan fitur pencarian lanjutan LinkedIn untuk menyaring pekerjaan berdasarkan lokasi, industri, tingkat pengalaman, dan kata kunci lainnya. Pencarian lanjutan ini dapat membantu untuk menemukan bidang pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda.

3. Atur pemberitahuan pekerjaan

Aktifkan pemberitahuan pekerjaan agar dapat menerima notifikasi tentang pekerjaan baru yang sesuai dengan kriteria yang telah Anda tentukan. Anda dapat mengatur preferensi notifikasi berdasarkan lokasi, tingkat pengalaman, dan jenis pekerjaan lainnya.

4. Simpan pekerjaan

Saat menemukan pekerjaan yang menarik minat Anda, simpan pekerjaan tersebut agar dapat ditinjau kembali atau dilamar di kemudian hari. Hal ini membantu Anda dalam mengorganisasi pencarian pekerjaan dan menghindari kehilangan informasi yang penting.

5. Manfaatkan fitur persiapan wawancara

LinkedIn menyediakan fitur “Persiapan Wawancara” yang dapat digunakan untuk memberikan latihan wawancara interaktif, pertanyaan wawancara umum, dan saran untuk meningkatkan keterampilan wawancara.

6. Kelola lamaran Anda

Cara menggunakan LinkedIn berikutnya adalah membuat catatan tentang pekerjaan yang telah Anda lamar, termasuk tanggal pengiriman lamaran, nama kontak, dan catatan penting lainnya. Pengelolaan lamaran ini untuk membantu Anda dalam melacak kemajuan lamaran dan menghindari kelupaan.

7. Terhubung dengan orang lain

Terhubunglah dengan perekrut, manajer perekrutan, dan profesional lain dalam industri yang Anda minati. Beri tahu mereka tentang minat Anda dalam posisi tertentu dan tunjukkan keinginan untuk berkontribusi dalam perusahaan mereka.

8. Bergabung dengan grup LinkedIn

Bergabunglah dalam grup LinkedIn yang relevan dengan industri atau bidang pekerjaan yang Anda minati. Grup-grup ini sering kali menyediakan informasi tentang peluang pekerjaan, diskusi industri, dan kesempatan untuk berjejaring dengan profesional sejawat.

9. Manfaatkan fitur “Open to Work”

Jika Anda terbuka untuk kesempatan pekerjaan baru, aktifkan fitur #OpenToWork di profil LinkedIn Anda. Fitur ini memberi tahu perekrut dan profesional lain bahwa pemilik akun sedang mencari peluang baru.

10. Aktif menggunakan Linkedin

Terlibatlah dalam konten dan aktivitas di LinkedIn dengan mengikuti perusahaan, berpartisipasi dalam diskusi, dan berbagi konten yang relevan dengan industri atau bidang pekerjaan yang Anda minati.

Aktivitas demikian dapat membantu membangun kehadiran pengguna akun di platform dan mengoptimalkan penggunaan LinkedIn sehingga kemungkinan untuk dijangkau oleh perekrut dan profesional lainnya menjadi lebih besar.

Baca juga artikel terkait APLIKASI LINKEDIN atau tulisan lainnya dari Umi Zuhriyah

tirto.id - Byte
Kontributor: Umi Zuhriyah
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Fadli Nasrudin