Biodata Mochamad Iriawan (Iwan Bule) Calon Ketua Umum PSSI

Oleh: Permadi Suntama - 17 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Mochamad Iriawan (Iwan Bule) menjadi salah satu kandidat Ketua Umum PSSI di samping 7 nama lain: Rahim Soekasah, Benny Irwin, La Nyala Mattalitti, Aven Hinelo, Bernhard Limbong, Vijaya Fitriyasa, dan Fary Djemi Francis.
tirto.id - Nama Mochamad Iriawan masuk sebagai salah satu dari 8 nama yang lolos verifikasi calon ketua umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) 2019-2023 oleh Komite Pemilihan (KP) PSSI. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menjadi salah satu kandidat terkuat untuk mengisi kursi nomor satu PSSI, di samping nama-nama seperti La Nyalla Mattalitti, Rahim Soekasah, hingga Bernhard Limbong.

Lulusan Akademi Kepolisian 1984 itu saat ini menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Sebelum mencalonkan diri sebagai ketua umum PSSI, Iriawan pernah menjabat berbagai posisi strategis di kepolisian dan pemerintahan sipil, seperti Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat.

Mochamad Iriawan mengaku telah mendapat dukungan dari 50 voter PSSI. Ia pun berharap, para voter yang menyatakan dukungan kepadanya tetap solid hingga digelarnya kongres PSSI pada awal November 2019.

“Mereka sudah menyampaikan dukungan kepada saya. Mudah-mudahan mereka berkomitmen dengan itu sampai kongres pemilihan [ketua umum],” kata Iriawan dikutip Antara.

50 voter PSSI yang diklaim oleh Mochamad Iriawan, terdiri dari 20 asosiasi provinsi (Asprov), dan 30 klub dari Liga 1, Liga 2, juga Liga 3.

Jika berhasil mendapat dukungan dari 50 voter, maka Mochamad Iriawan, akan menjadi ketua umum PSSI 2019-2023, mengingat pada kongres terakhir PSSI, jumlah voter yang berhak memberikan suara sebanyak 86 voter.



Perjalanan karier dan status Iriawan sebagai Komisaris Jenderal Polisi pun menjadi salah satu daya tarik sejumlah kalangan untuk mendukungnya. Salah satu voter yang menyatakan dukungan kepada Iwan Bule adalah Asprov PSSI Sulawesi Tenggara. Iriawan dianggap berhasil menjalankan tugas selama berada di kepolisian, sehingga diyakini cukup kapasitas untuk memimpin organisasi seperti PSSI.

“Pak Iriawan, yang beberapa kali menduduki jabatan strategis di Kepolisian menjadi potret penggiat olahraga sepak bola Tanah Air untuk mengusung beliau menahkodai PSSI,” tutur Ketua Asprov PSSI Sultra, Sabaruddin Labamba.

Terkait visi dan misi, Iriawan menekankan pentingnya pembinaan usia muda dengan cara yang lebih modern. Dari sejumlah program yang akan ia jalankan, Indonesia ditargetkan mampu lolos Piala Dunia 2026.

“Pada tahun 2020, saya memulai modernisasi program pembinaan. Tahun 2021, Indonesia menggapai juara Asia Tenggara, tahun 2022, juara Asia dan lolos Piala Dunia 2026,” kata Komisaris Jenderal Polisi tersebut.

Selain Mochamad Iriawan, 7 nama lain yang akan bertarung memperebutkan posisi ketua umum PSSI adalah Rahim Soekasah, Benny Irwin, La Nyala Mattalitti, Aven Hinelo, Bernhard Limbong, Vijaya Fitriyasa, dan Fary Djemi Francis.

Baca juga artikel terkait PSSI atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight