Benarkah Minum Air Jeruk Nipis Bisa Menurunkan Berat Badan?

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 1 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Banyak yang beranggapan bahwa air jeruk nipis dapat membantu membakar lemak, tetapi apakah anggapan tersebut benar?
tirto.id - Air dengan jeruk nipis dianggap sebagian orang dapat membantu membakar lemak, dan menurunkan berat badan.

Namun, apakah anggapan tersebut benar atau sekadar mitos belaka?

Ardy Brian Lizuardi, Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, Belanda mengatakan bahwa jeruk nipis tidak membantu dalam proses pembakaran lemak. Ia juga menyebutkan belum ada penelitian ilmiah yang menemukan fakta tentang hal tersebut.

"Tidak ada bukti ilimiahnya, ada sebuah studi tapi dilakukan pada tikus. Tikus dan manusia jelas berbeda. Tapi bisa dimengerti juga karena memang banyak banget diet-diet yang infonya enggak benar," ujar Ardy, dilansir Antara.

"Ada yang bilang kalau minum jeruk nipis dikasih pepper selama 14 hari akan menurunkan berat badan. Ya mungkin benar turun kalau dia enggak makan dan cuma minum air jeruk nipis aja," lanjutnya.

Menurut Ardy, teh hijau jauh lebih ampuh untuk membakar lemak dibandingkan jeruk nipis dan sudah terbukti secara ilmiah. Namun juga harus didukung dengan pembatasan asupan kalori serta olahraga.

"Minum teh hijau benar bantu bakar lemak dan terbukti secara ilmiah. Penelitian menyebutkan orang yang minum 1 atau 2 gelas teh hijau sehari dibanding dengan yang tidak, bisa mengalami penurunan berat badan spesifiknya lemak tapi tetap harus dijaga asupan kalorinya," jelas Ardy.

Ardy menjelaskan tidak ada cara yang instan untuk menurunkan badan. Jalan terbaiknya adalah dengan membatasi asupan lemak dan kalori hingga berolahraga.

"Kalau mau menurunkan berat badan atau lemak harus membatasi asupan lemak dan kalori dan membakar kalori dengan olahraga. Boleh-boleh aja minum air jeruk nipis tapi kalau tujuannya untuk menurunkan berat badan, itu hanya mitos," ujar Ardy.

Dilansir Healthline meski tidak membantu dalam proses pembakaran lemak tenapi jeruk nipis memiliki beragam manfaat lain bagi tubuh, antara lain.

1. Meremajakan kulit

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang memperkuat kolagen. Minum air jeruk nipis dapat melembabkan dan meremajakan kulit Anda. Vitamin C dan flavonoid juga ditemukan dalam beberapa produk perawatan kulit topikal.

Tidak disarankan untuk meletakkan jus jeruk nipis langsung di kulit Anda karena paparan sinar matahari setelah aplikasi dapat menyebabkan phytophotodermatitis, atau luka bakar jeruk nipis yang menyakitkan.

2. Memerangi infeksi

Risiko Anda terkena infeksi lebih tinggi selama musim hujan. Jika Anda ingin tetap sehat, minum jus jeruk nipis sepanjang hari.

Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu tubuh Anda melawan infeksi seperti flu dan virus flu. Ini juga dapat mempersingkat durasi suatu penyakit.

3. Menurunkan gula darah

Sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, jeruk nipis dapat membantu penderita diabetes.

Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur bagaimana tubuh Anda menyerap gula ke dalam aliran darah. Akibatnya, Anda mungkin mengalami lebih sedikit lonjakan gula darah.

4. Mencegah kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol, dan dapat berkembang di berbagai bagian tubuh termasuk payudara, paru-paru, dan ginjal.

Minum air jeruk nipis dapat mengurangi risiko terkena kanker dan membantu Anda melawan penyakit ini.

Sifat antioksidan dalam jeruk nipis meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Mengurangi peradangan

Artritis, asam urat, dan masalah persendian lainnya semuanya disebabkan oleh peradangan. Vitamin C dapat mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh Anda, jadi menambahkan jus jeruk nipis ke air dapat meredakan gejala radang sendi dan kondisi serupa yang menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh SourceTrusted Source melaporkan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C paling sedikit lebih dari tiga kali lebih mungkin mengembangkan artritis.

Jeruk nipis juga bisa mengurangi kadar asam urat. Asam urat adalah produk limbah yang diproduksi tubuh saat memecah makanan yang mengandung purin, seperti daging, hati, jamur, dan kacang kering. Tingginya kadar asam urat dapat menyebabkan encok.

Baca juga artikel terkait JERUK NIPIS atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight