Belgia Lampaui Pencapaian Piala Dunia 32 Tahun Lalu

Oleh: Ibnu Azis - 14 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Di edisi 1986, Belgia hanya menempati peringkat keempat. 32 tahun kemudian, Red Devils meraih juara ketiga.
tirto.id - Belgia menjadi juara tiga Piala Dunia 2018 usai menang atas Inggris 2-0. Hasil ini sekaligus melampaui pencapaian mereka pada 1986 di Meksiko. Di edisi itu, Belgia kalah 2-4 dari Perancis.

Di semifinal 1986, Belgia harus mengubur mimpi untuk lolos ke Piala Dunia usai kalah 2-0 atas Argentina pada 25 Juni 1986. Di hari yang sama, Jerman Barat menang 0-2 atas Perancis.

Belgia yang harus bertemu Perancis di laga perebutan tempat ketiga kembali menelan pil pahit usai kalah 2-4 melalui babak perpanjangan waktu. Belgia butuh 32 tahun untuk kembali masuk ke semifinal Piala Dunia yang kali ini keluar sebagai juara tiga.

Adapun laga Belgia vs Inggris yang berlangsung di Stadion Saint Petersburg, Rusia pada Sabtu (14/7/2018) malam berkesudahan dengan skor akhir 2-0. Red Devils unggul cepat usai Thomas Meunier menjebol gawang Jordan Picford pada menit keempat.

Gol kedua lahir pada delapan menit sebelum babak kedua bubar. Berawal dari pergerakan Kevin De Bruyne, Phil Jones yang mati langkah gagal menghadang umpan yang kemudian bola diteruskan Eden Hazard ke gawang.

Menurut Opta, Meunier menjadi pemain ke-10 Belgia yang mencetak gol di sepanjang gelaran Rusia 2018. Sementara sembilan pemain lainnya yakni Lukaku, Hazard, Januzaj, Batshuayi, Mertens, Vertonghen, Fellaini, Chadli, dan De Bruyne.

Sementara bagi Hazard, pemain Chelsea ini telah terlibat dalam tujuh gol di Piala Dunia (tiga gol dan empat assist). Pemain Belgia lain yang memiliki capaian itu adalah Jan Ceulemans yang diukir pada 1966.



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight