Baca Manga One Piece Chapter 972: Eksekusi Oden& Misi Khusus Toki

Oleh: Fitra Firdaus - 21 Februari 2020
Dibaca Normal 2 menit
One Piece Chapter terbaru, 972, mengisahkan kematian Oden yang dieksekusi tembakan Kaido. Namun, muncul pertanyaan tentang misi Toki datang ke masa depan berjumpa Oden.
tirto.id - Manga One Piece Chapter 972 dapat dibaca secara online melalui MangaPlus mulai Jumat (21/2/2020) pukul 23.00 WIB. Setelah direbus lebih dari 1 jam, Kozuki Oden akhirnya dieksekusi oleh Kaido. Namun, semangatnya, seperti Will of D milik Gol D Roger, terus hidup, dalam genggaman sang istri, Kozuki Toki, yang punya misi khusus.

Dalam Chapter 971, "Sentenced to Boil", Kozuki Oden dihukum rebus oleh sang shogun palsu, Kurozumi Orochi. Jika ia dan sembilan pengikutnya, Akayaza Nine, bisa bertahan lebih dari satu jam, maka ia akan selamat. Demi menyelamatkan hidup Akazaya Nine, Oden kemudian menopang mereka bersembilan, sembari membiarkan dirinya direbus.

Namun, sejak awal Orochi bukanlah samurai yang memegang janji. Ia pernah bernegosiasi dengan Oden, bakal meninggalkan Wano jika pembuatan kapal sudah selesai. Janji itu tak ditepati. Kali ini juga demikian. Sejak awal Orochi memang ingin melenyapkan Klan Kozuki, sebagai balas dendam atas masa lalu kelam yang diderita keluarganya, Klan Kurozumi.

Demikian pula soal hukuman rebus yang mirip kisah bandit legendaris Jepang, Ishikawa Goemon ini. Orochi awalnya mengira Oden bakal langsung tewas ketika direbus. Dia tidak menyangka, Oden benar-benar oden, masakan khas Jepang yang penyajiannya berupa bahan-bahan yang direbus dalam kuah.

Ketika Oden bertahan lebih dari satu jam, yang berarti ia masih hidup dan sesuai perjanjian harus dibebaskan, Orochi berubah pikiran. Kaido yang mengeksekusi sang pewaris asli takhta Negeri Wano, dengan menembak kepalanya.

Sejak Kozuki Oden berlayar bersama Shirohige lalu Gol D. Roger, karakternya berubah. Ia tidak lagi asal bertindak, tetapi penuh perhitungan. Penyerbuan atas Orochi yang gagal pun sudah masuk dalam skenario Oden. Ia punya rencana alternatif jika tertangkap atau mati, yaitu membawa Momonosuke dan Hiyori, penerusnya ke 20 tahun ke depan, melalui kemampuan Toki Toki no Mi milik sang istri, Toki.

Setelah sampai di Laugh Tale, pulau terakhir di dunia One Piece, Oden sudah tahu semua rahasia dunia. Ia, sama seperti Roger, paham bahwa akan ada "reinkarnasi" Joy Boy yang akan datang setelah 800 tahun. "Reinkarnasi" Joy Boy itu akan bekerjasama dengan Poseidon, yang di era Roger dan Oden belum terlahir.

Roger tidak dapat melihat sendiri Joy Boy baru dan Poseidon berikutnya karena penyakit mematikan yang dideritanya. Namun, kemungkinan sang kapten Bajak Laut Roger ini memberi instruksi terakhir kepada anak buahnya untuk mempersiapkan diri menyambut Joy Boy baru sang pembawa fajar untuk dunia, termasuk Oden. Atas alasan inilah, meski Oden tidak takut mati melawan Orochi, dia punya harapan untuk bertahan hidup.



Misi Khusus Toki

Dengan posisi Toki yang datang dari 800 tahun lalu, Oden pasti mendapatkan informasi tambahan. Oleh karenanya, dalam kondisi direbus, ia menyatakan ingin membuka Wano, mengakhiri politik isolasi negeri tersebut demi menyambut sosok "Joy Boy baru" yang bakal terlibat dalam Perang Besar.

Di sinilah posisi Toki dan misinya datang ke masa depan masih misterius. Sebagai istri Oden, dia pasti akan berusaha membawa Momonosuke dan Hiyori ke masa depan sesuai dengan permintaan sang suami.

Namun, pada akhirnya, sejauh ini yang diketahui adalah: Momonosuke ke masa depan bersama Kin'emon, Raizo, Kanjuro, dan Kikunojo sedangkan Hiyori bertahan di masa lalu, bersama Kawamatsu, lantas mengubah nama menjadi Komurasaki.

Dipisahkannya Momonosuke dan Hiyori mungkin bagian strategi Oden dan Toki, yaitu tetap ada penerus klan Kozuki yang bertahan di masa lalu, dan ada yang melompat ke masa depan. Namun, mungkin pula ada alasan lain.

Selain itu, layak diperhatikan, sejauh apa kekuatan Toki Toki no Mi milik Toki. Kekuatan itu bisa membuat lima orang melompat ke masa depan, sedangkan Toki tetap di masa lalu, dan dikisahkan meninggal bersama Kastil Oden yang terbakar api.

Pertanyaan besar yang muncul dalam Chapter 972 adalah, apa misi Toki lari dari masa lalu sebelum bertemu Oden? Apakah misi itu bertahan setelah pernikahannya dengan Oden? Ataukah Toki memang berniat menikah dengan penerus Klan Kozuki untuk melahirkan keturunan yang bisa bekerjasama dengan Joy Boy baru? Lebih dari itu, ada kemungkinan, Toki tidak benar-benar mati akibat pembakaran Kastil Oden di Kuri, yang kemungkinan akan dikisahkan dalam flash-back berikutnya.

Baca juga artikel terkait ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight