Apa Penyebab Kompor Gas Tak Mau Menyala & Cara Mengatasinya?

Penulis: Yonada Nancy - 10 Jun 2022 15:25 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Kompor gas yang tidak bisa menyala bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gas habis, regulator rusak, hingga kompor tersumbat sisa makanan.
tirto.id - Penggunaan kompor gas untuk keperluan memasak banyak dipilih masyarakat umum maupun pelaku usaha. Perlengkapan dapur ini biasa digunakan dalam jangka waktu lama mengingat perawatannya cukup mudah.

Kendati demikian, penggunaan kompor gas bukan berarti bebas dari kendala. Masalah yang sering dialami oleh pengguna kompor gas di rumah adalah kompor tidak dapat menyala atau mengaktifkan pembakaran.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kehabisan gas hingga masalah sambungan atau regulator. Kabar baiknya, kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan cara-cara tertentu.

Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi kompor gas yang tidak bisa menyala:

1. Gas habis


Salah satu penyebab paling umum mengapa kompor gas tidak bisa menyala adalah karena gas di tabung LPG sudah habis. Tidak seperti kompor listrik, kompor gas menyala berkat energi gas yang disambungkan lewat selang dan regulator.

Ketika gas di dalam tabung LPG habis, maka energi yang digunakan kompor untuk menyalakan api tidak ada. Oleh karena itu, jika kompor tiba-tiba tidak bisa menyala periksa terlebih dahulu ketersediaan gas dalam tabung.

Melansir Rinnai, volume gas yang terdapat dalam tabung dapat dicek melalui jarum indikator yang ada pada regulator. Apabila gas di dalam tabung habis, maka jarum pada indikator regulator akan menunjukkan warna merah. Jika demikian, segera ganti gas LPG dengan yang baru.

Infografik SC Penyebab Kompor Gas Tidak Menyala
Infografik SC Penyebab Kompor Gas Tidak Menyala. tirto.id/Quita


2. Regulator rusak


Regulator merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan kompor dengan gas LPG. Ketika alat ini rusak, gas yang terdapat pada LPG tidak dapat dialirkan ke kompor, sehingga menyebabkan api tidak bisa menyala.

Regulator dapat rusak akibat jangka pemakaian yang terlalu lama atau bahkan karena cacat pabrik. Menurut Badan Standardisasi Nasional (BSN) jangka waktu pemakaian katup regulator hanya satu tahun.

Regulator yang rusak biasanya sulit dipasang di tabung gas atau selalu longgar sehingga gas berdesis. Kondisi ini berbahaya karena dapat memicu kebocoran gas. Cara untuk mengatasi kendala ini adalah dengan mengganti regulator dengan yang baru secara rutin.

Sementara, pada kasus regulator yang rusak terjadi akibat cacat pabrik, segera klaim garansi bila ada ke toko tempat regulator dibeli. Pastikan membawa nota dan kartu garansi pembelian untuk mengajukan klaim.

3. Kompor tersumbat sisa makanan


Selama penggunaan, remah-remah masakan dan lemak rentan terjatuh di sekitar kompor. Makanan yang menumpuk akan berkerak dan menyumbat aliran gas sehingga api kompor tidak dapat menyala.

Menurut Cnet penyumbatan makanan di kompor dapat diatasi dengan cara dibersihkan seperti berikut:

  • Lepas jeruji yang menutupi kompor pastikan kompor sudah tidak terhubung dengan gas;
  • Lepas tutup pembakar yang seharusnya bisa dilepas dengan mudah. Pada jenis kompor tertentu, dasar pembakaran disegel sehingga perlu dilepas dengan sekrup;
  • Bersihkan area sekitar kompor dengan kain lap yang direndam dengan air hangat dan sabun;
  • Rendam dasar pembakaran ke dalam cuka atau air hangat, lalu sikat kerak yang menempel;
  • Bersihkan sisa-sisa kotoran dari lubang pembakar dengan tusuk gigi, jarum jahit, atau vacum cleaner;
  • Keringkan seluruh komponen kompor dan pasang kembali seperti semula;
  • Sambungkan kompor dengan gas LPG, lalu coba nyalakan sekali lagi.

Perlu diketahui bahwa cara di atas tidak dapat diberlakukan ke semua jenis kompor. Pelajari buku manual kompor untuk mengetahui detail cara pembersihan dengan tepat.

4. Penyala api kompor rusak


Penyala api adalah komponen kompor yang berfungsi untuk memicu api muncul pada kompor. Komponen ini dapat menyebabkan kompor tidak bisa menyala apabila mengalami kerusakan atau salah pasang setelah pembersihan.

Menurut Cnet cara untuk mengetahui apakah penyala api rusak dengan cara mematikan lampu ruangan lalu memutar kenop ke posisi menyala. Jika api menyala dengan warna kuning atau jingga (bukan biru) maka sudah waktunya penyala api diganti. Pertimbangkan untuk meminta bantuan profesional untuk mengganti komponen ini.

5. Selang kompor bocor


Selang yang menghubungkan antara kompor dan regulator bisa mengalami kebocoran. Kondisi ini dapat menyebabkan gas dari tabung LPG tidak dapat tersalurkan ke kompor.

Menurut Rinnai, selang bocor dapat dikenali dengan bau gas di sekitar kompor atau selang. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat memicu kebakaran. Jika terjadi kebocoran selang cara terbaik adalah dengan mengganti selang kompor yang bocor.



Baca juga artikel terkait KOMPOR GAS atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight