Alasan Baekhyun Pilih Judul "City Lights" untuk Album Solo Perdana

Oleh: Syarifah Aini - 11 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Baekhyun EXO mengungkapkan alasan pemilihan judul "City Lights" untuk album solo perdananya.
tirto.id - Baekhyun EXO mengungkapkan alasan di balik pemilihan judul "City Lights" untuk album solo perdananya. Menurutnya judul "cahaya" untuk album dengan lagu andalan "UN Village" dapat merepresentasikan identitasnya.

“Ada sebanyak 6 lagu dalam album ini. Salah satu kekuatan saya di group EXO adalah sebagai “cahaya”, oleh karena itu saya memilih nama “City Lights” sebagai judul album terbaru saya. Nama tersebut saya pilih agar dapat merepresentasikan identitas saya," kata Baekhyun dikutip Naver dalam showcase album City Lights pada Rabu (10/7/2019).

Tidak hanya membuka alasan pemilihan judul album, Baekhyun juga membagikan kisah persiapan debut solonya. Bagi sosok kelahiran 6 Mei 1992 itu, ada perbedaan besar ketika dia tampil sebagian member EXO dan ketika ia menjadi penyanyi solo.


Saya telah memiliki berbagai macam kegiatan sebagai bagian dari EXO dan EXO CBX, sub unit EXO yang terdiri dari Chen, Baekhyun, dan Xiunmin. Kini, setelah memulai karier sebagai artis solo, saya diharuskan untuk tampil di atas panggung sendiri. Hal ini membuat saya merasa terbebani,” terangnya.

Baekhyun mengakui, keseksian yang ditampilkan ketika bersama EXO dibandingkan ketika menyanyi solo juga berbeda.

Jika tampil bersama EXO, saya menunjukkan keseksian saya melalui penampilan yang intens. Namun jika tampil solo, saya menunjukkan keseksian saya melalui suara yang saya miliki," ujar pria berzodiak Taurus itu.

Beralih pada pembahasan mengenai lagu andalan, Baekhyun menjelaskan bahwa lagu bertajuk “UN Village” tersebut terinspirasi dari nama vila milik tetangganya. Lagu tersebut menjelaskan mengenai laki-laki yang ingin mengajak seseorang ke suatu tempat di balik vila UN Village untuk melihat pemandangan yang indah di sana.

Ketika ditanya mengenai partisipasinya dalam merilis album perdana ini, Baekhyun mengungkapkan bahwa ia hanya berpartisipasi sebagai penyanyi. Untuk penulisan lirik, aransemen ataupun mengomposisi lagu, ia serahkan sepenuhnya kepada musisi yang sudah kompeten di bidangnya seperti Darkchild, Stereotypes, Cha Cha Malone, LDN Noise, Kenzie, DEEZ, Leon, DRESS, hingga Colde.

Pelantun lagu “Dream” ini juga menceritakan lamanya proses pembuatan City Lights. Secara keseluruhan Baekhyun menyiapkan album ini selama 8 bulan terhitung sejak akhir 2018 lalu. Sempat terkendala karena kesulitan menentukan lagu title tracknya, Baekhyun akhirnya resmi merilis City Lights pada Rabu (10/7/2019).



Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)


Penulis: Syarifah Aini
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Syarifah Aini