5 Makanan & Jajanan Khas Kuliner Bandung yang Wajib Dicoba

Oleh: Kurniawan Sukresna - 8 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
5 makanan dan jajanan khas kuliner Bandung yang wajib dicoba.
tirto.id - Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang dikenal sebagai surganya kuliner. Banyaknya jenis jajanan khas ibu kota Provinsi Jawa Barat ini memang wajib untuk dicoba oleh wisatawan domestik maupun turis asing.

Selain itu, makanan atau jajanan khas yang ada di Bandung memiliki cita rasa tersendiri, dari segi harga pun sangat terjangkau. Berikut ini 5 kuliner khas kota kembang yang patut dicoba, dihimpun dari berbagai sumber:

Cireng

Cireng atau aci goreng merupakan makanan yang banyak dicari. Bahan utama cireng berasal dari tepung kanji atau aci yang diuleni menjadi adonan lalu digoreng.

Dalam proses membuat adonan, bumbu yang digunakan seperti merica, garam, bawang putih, bawang, terigu dan air sebagai campuran membuat adonannya.

Cireng sudah banyak dijual dengan versi yang dibekukan agar bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Selain itu, kreasi cireng di Bandung juga sudah mulai banyak.

Beberapa tempat di Bandung yang terkenal dengan cirengnya antara lain Cireng Cipaganti, Cilok Goring Borma Setiabudi, Cireng Kamsia, dan lain-lain.


Batagor

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan ini terbuat dari tahu dan bakso, namun biasanya menggunakan campuran ikan tenggiri atau sari daging sapi untuk baksonya, kemudian dibuat adonan dengan tepung lalu digoreng.

Biasanya, batagor disajikan bersama saus bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk sebagai pelengkap.

Berikut beberapa tempat makan yang terkenal dengan kelezatan batagornya: Batagor Riri, Batagor Abuy, Batagor Kingsley, juga penjual batagor di sepanjang Lapangan Gasibu Bandung.

Seblak

Seblak merupakan makanan khas Bandung yang viral dalam beberapa tahun terakhir lantaran level pedasnya. Kini, seblak bahkan sudah menjamur di kota-kota lain.

Makanan ini terbuat dari berbagai campuran bahan, seperti kerupuk, bakso goreng, mie kuning, ceker ayam, telur, bakso, sosis, sayur, dan masih banyak lagi sesuai pilihan.

Seblak biasanya disajikan menggunakan kuah yang pedas dengan kandungan kencur, cabai, bawang, dan garam. Tingkat kepedasannya bisa dipesan menurut selera pembeli. Secara umum, ada dua jenis seblak, yakni kering dan basah.

Berikut beberapa tempat makan yang bisa dikunjungi untuk mencicipi seblak yang enak di Bandung: Seblak Oces di Jalan Taman Sari dan Seblak Basah Deu Tjeunghar di Jalan Purnawarman.


Colenak

Colenak adalah makanan bercitarasa manis. Bahan utamanya dari tape yang dibakar. Untuk penyajiannya, colenak biasanya menggunakan larutan gula merah. Makanan ini bisa ditemukan di pusat oleh-oleh atau di beberapa supermarket di Bandung.

Surabi

Surabi terbuat dari tepung yang dicampur dengan santan dan dipanggang menggunakan tungku kecil. Teksturnya yang lembut dan cenderung manis sesuai rasa yang dipilih membuat orang ketagihan.

Variasi rasa surabi kini bermacam-macam, seperti original, keju, coklat, durian dan masih banyak lagi. Dulunya, surabi Bandung memiliki rasa oncom, baik manis atau pedas dengan saus kinca.

Baca juga artikel terkait KULINER NUSANTARA atau tulisan menarik lainnya Kurniawan Sukresna
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Kurniawan Sukresna
Penulis: Kurniawan Sukresna
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight