Resep, Bahan, dan Cara Mudah Membuat Cireng

Oleh: Yonada Nancy - 9 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cireng adalah jajanan khas Sunda yang resep dan bahannya mudah didapat serta cukup gampang membuatnya.
tirto.id - Cireng merupakan salah satu jajanan paling populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, resep membuat cireng terbilang mudah, serta bahan-bahannya tidak sulit ditemukan. Sebagian orang lebih menyukai cireng buatan sendiri, tapi ada pula tidak ingin repot dan memilih membeli jadi.

Dalam bahasa Sunda, cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Jajanan ini memang berasal dari Jawa Barat, dibuat dari adonan tepung tapioka yang digoreng. Di banyak tempat, penjual cireng dapat ditemukan, terutama di depan sekolah, di pasar, atau di lokasi keramaian lainnya.

Cireng cocok dipadukan dengan berbagai macam saus, seperti saus sambal, saus tomat, saus kecap, saus petis, bahkan aneka jenis sambal hingga bumbu rujak. Seiring perkembangan zaman, cireng bukan hanya berupa adonan tapioka yang digoreng saja, tetapi juga bisa diisi dengan berbagai bahan tambahan seperti ayam, keju, abon, daging, dan lainnya.

Pada dasarnya, tidak banyak bahan yang dibutuhkan untuk membuat cireng. Yuda Bustara dalam tayangannya di channel YouTube KokikuTV mempraktekkan cara membuat jajanan murah-meriah ini.


BAHAN-BAHAN

Biang Cireng:
100 ml Air
35 gram tepung sagu

Bahan Bumbu:
2 siung bawang putih cincang
1 batang daun bawang cincang
Garam secukupnya

Bahan Adonan:
125 gram tepung sagu

Cara Membuat:
Pertama, buat biang cireng terlebih dahulu, yaitu dengan mencampurkan bahan biang (air dan tepung sagu) ke dalam panci. Lalu masak adonan hingga mengental membentuk tekstur yang lengket.

Kedua, masukkan bahan bumbu, yaitu bawang dan daun bawang yang sudah dicincang. Setelah itu aduk lagi hingga semua tercampur rata.

Ketiga, masukan bahan adonan, yaitu 125 gram tepung sagu untuk membuat tekstur biang menjadi adonan yang lebih padat. Uleni sampai tercampur rata dan adonan memiliki tekstur yang halus.

Selanjutnya pilin adonan hingga berbentuk pipa lalu potong dengan pisau sesuai ukuran yang disukai.

Untuk membuat tekstur yang renyah di luar dan kenyal di dalam, disarankan membalutkan adonan cireng yang sudah dipotong ke dalam tepung sagu. Setelah itu, adonan dibulat-bulat dan ditekan dengan telapak tangan hingga pipih agar siap digoreng.

Terakhir, goreng adonan cireng dengan minyak yang panas. Goreng hingga berwarna putih keemasan. Setelah ditiriskan, cireng siap disantap.

Baca juga artikel terkait RESEP MAKANAN atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Hobi)


Penulis: Yonada Nancy
Editor: Iswara N Raditya
Kontributor: Yonada Nancy