Menuju konten utama

25 Soal Pretest PPG Guru Kelas MI Kemenag 2024 dan Jawabannya

Berikut ini adalah contoh soal pretest PPG guru kelas MI Kemenag tahun 2024 beserta jawabannya, lengkap dengan kisi-kisi dan link download selengkapnya.

25 Soal Pretest PPG Guru Kelas MI Kemenag 2024 dan Jawabannya
Ilustrasi PPG. Foto/antara

tirto.id - Dalam seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) Madrasah, salah satu mata pelajaran yang diujikan adalah bidang guru kelas madrasah ibtidaiyah (MI). Mata pelajaran ini mencakup berbagai aspek yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab seorang guru kelas MI seperti pemahaman terhadap kurikulum dan lain sebagainya.

Pelaksanaan seleksi akademik PPG bagi guru madrasah tahun ini bakal dilaksanakan pada 5 Maret-6 Maret 2024. Seleksi akademik ini dapat diikuti bagi peserta yang telah melalui sejumlah proses.

Proses tersebut mulai dari pendaftaran seleksi akademik PPG yang telah dilakukan dibuka tanggal 19 Februari 2024 dan berakhir pada 23 Februari 2024. Adapun pendaftaran bagi guru yang memenuhi syarat dilaksanakan secara daring melalui SIMPATIKA.

Proses selanjutnya setelah pendaftaran yakni verifikasi dan validasi persyaratan pendaftaran seleksi akademik PPG pada 19 Februari-25 Februari 2024 oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi. Kemudian pada tanggal 19-25 Februari 2024 dilakukan pencetakan kartu ujian seleksi akademik dari SIMPATIKA.

Kisi-Kisi Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024 Guru Kelas MI

Seleksi akademik PPG Madrasah untuk mata pelajaran guru kelas MI mencakup berbagai aspek yang relevan dengan tugas dan tanggung jawab seorang guru kelas MI.

Mata pelajaran PPG Madrasah ini mencakup seperti pemahaman terhadap kurikulum MI, metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik MI, pembelajaran agama Islam, serta kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesionalisme dalam konteks pendidikan di madrasah.

Berikut ini kisi-kisi seleksi akademik PPG Madrasah 2024 untuk mata pelajaran guru kelas MI.

1. Membiasakan sikap cinta tanah air sebagai pendidik yang memesona dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

2. Membiasakan sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta sebagai pendidik yang memesona dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

3. Membiasakan sikap kesepenuhhatian dan kemurahhatian sebagai pendidik yang memesona dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

4. Menganalisis hakikat, fungsi, kedudukan dan ragam bahasa Indonesia.

5. Menganalisis pemerolehan bahasa anak.

6. Menganalisis konsep-konsep gramatikal (tata bahasa) bahasa Indonesia dalam pemanfaatannya di kehidupan sehari-hari.

7. Menganalisis konsep-konsep gramatikal (tata bahasa) bahasa Indonesia dalam pemanfaatannya di kehidupan sehari-hari.

8. Menganalisis pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI.

9. Menganalisis konsep dan pembelajaran sastra anak secara reseptif dan produktif.

10. Menganalisis konsep integrasi nasional dalam konteks keutuhan NKRI dan tantangannya.

Untuk membaca lebih lengkap kisi-kisi seleksi akademik PPG Madrasah 2024 mata pelajaran guru kelas MI, klik tautan PDF-nya berikut.

Link kisi-kisi seleksi akademik PPG Madrasah 2024 Guru Kelas MI

Contoh Soal Pretest PPG Guru Kelas MI Kemenag 2024 dan Jawabannya

Sebagai bahan belajar sebelum pelaksanaan seleksi akademik PPG mata pelajaran guru kelas MI, berikut ini contoh soal pretest PPG guru kelas MI Kemenag 2024 beserta jawabannya.

1. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya.Tujuan konseling adalah....

A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

B. Membantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

Jawaban: C

2. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan atau gangguan belajar dalam hal ....

A. kesulitan akademis

B. gangguan simbolik

C. gangguan nonsimbolik

D. gangguan sosial

Jawaban: B

3. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial

and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A. Sibernetik

B. Humanistik

C. Behaviorisme

D. Konstruktivisme

Jawaban: D

4. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….

A. Humanistik

B. Konstruktivisme

C. kognitivisme

D. Nativisme

Jawaban: A

5. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…

A. Behaviorisme

B. Konstruktivisme

C. Kognitivisme

D. Sibernatik

Jawaban: C

6. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL

Jawaban: B

7. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan…

a. Kognitif

b. Sosial

c. Emosional

d. Moral

Jawaban: C

8. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

a. 0 – 2 tahun

b. 2 – 7 tahun

c. 7 – 11/12 tahun

d. 11/12 – 14/15 tahun

Jawaban: C

9. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan…

a. Sosial-emosional

b. Kognitif

c. Moral

d. Spiritual

Jawaban: A

10. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan…

a. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

b. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensorimotor)

c. Dominasi pengamatan bersifat egosentris

d. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan objek yang bersifat konkrit (operasional formal)

Jawaban: A

11. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

a. Behaviorisme

b. Humanistik

c. Sibernetik

d. Konstruktivisme

Jawaban: A

12. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahapan…

a. penalaran pascakonvensional

b. penalaran konvensional

c. penalaran prakonvensional

d. penalaran interkonvensional

Jawaban: A

13. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal…

a. Kesulitan akademis

b. Gangguan simbolik

c. Gangguan nonsimbolik

d. Gangguan sosial

Jawaban: B

14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

a. Sibernetik

b. Humanistik

c. Behaviorisme

d. Konstruktivisme

Jawaban: D

15. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar…

a. Sibernetik

b. Konstruktivisme

c. Behaviorisme

d. Kognitivisme

Jawaban: A

16. Rudi lebih senang menggunakan produk-produk dalam negeri hampir semua barang yang berada di rumahnya adalah produk buatan dalam negeri, sikap Rudi merupakan perwujudan dari...

a. Bela Negara

b. Nasionalisme

c. Patriotisme

d. Kapitalisme

Jawaban: B

17. Perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa adalah ...

a. Menolak produk luar negeri

b. Menolak barang produk dalam negeri

c. Menggunakan produk dalam negeri atau

d. Membeli produk impor

Jawaban: C

18. Anak yang mengalami gangguan emosional sering menunjukkan gejala sebagai berikut kecuali ...

a. Mencari teman berkelompok

b. Membutuhkan bantuan orang lain

c. Perilakunya menunjukkan antisosial

d. Kadang membutuhkan bantuan psychiater

Jawaban: A

19. Upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran untuk menghadapi tingkat kecerdasan siswa yang berbeda diantaranya, adalah ...

a. Memperhatikan kondisi sosial anak

b. Memanfaatkan berbagai macam media pendidikan

c. Mengelompokkan anak yang berintelegensi tinggi

d. Mengelompokkan anak yang berintelegensi rendah

Jawaban: B

20. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal-hal yang dipelajari

dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ...

a. Konstruktivistik

b. Siberik

c. Humanistik

d. Behavioristik

Jawaban: A

21. Andi yang berusia delapan tahun memperlihatkan gejala tidak dapat konsentrasi, kurang tidur, selera makannya kurang, berbuat yang tidak baik disekolah, dan selalu merasa bersalah. Kondisi Andi dikategorikan menderita ...

a. Masalah emosional

b. Gangguan kecemasan

c. Fobia sekolah

d. Depresi masa anak-anak

Jawaban: D

22. Dari pernyataan dibawah ini, pernyataan manakah yang menunjukkan satu dari sembilan tahap pengolahan (proses) kognitif atau disebut dengan 'fase-fase belajar'?

a. Sebelum proses pembelajaran berlangsung, diperdengarkan rekaman satu drama sosial kepada siswa

b. Pada waktu mengajar, pak Wardi mengharuskan siswanya mengajukan satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dibahas

c. Pak Anto mengutamakan kualitas penetapan dan kegunaan belajar dalam proses pembelajaran

d. Bu Siska mengharapkan adanya perubahan tingkah laku yang berlainan dari siswanya setelah proses pembelajaran berakhir dan

Jawaban: A

23. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....

A. kemampuan kognitif

B. kemampuan interaksional

C. kemampuan integrasi diri

D. kemampuan komunikatif

Jawaban: A

24. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A. kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. kemampuan berinteraksi

D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

Jawaban: B

25. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan.

Jawaban: A

Baca juga artikel terkait PPG 2024 atau tulisan lainnya dari Umi Zuhriyah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Umi Zuhriyah
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Yulaika Ramadhani