Ucapan Eid Mubarak Artinya Apa dan Kata-Kata Selamat Idul Fitri

Kontributor: Ilham Choirul Anwar - 30 Apr 2022 06:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ucapan Idul fitri dalam teks Arab dan arti Eid Mubarak.
tirto.id - Ucapan Eid Mubarak, apa artinya? Ucapan selamat Idul Fitri dapat dilakukan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Arab.

Hari kemenangan Idul fitri telah tiba. Meski harus dirayakan dalam suasana pandemi Covid-19, ini tidak mengendorkan semangat kaum muslimin untuk saling bersilaturahmi.

Ucapan selamat Idulfitri banyak disampaikan dengan cara digital. Perlu dicermati pula saat memberikan ucapan selamat Idulfitri yang benar. Menurut laman NU, selama ini ada salah kaprah dalam penggunaan kalimat ucapan yang tidak pada tempatnya terutama dalam bahasa Arab. Misalnya kalimat "minal ‘aaidiin wal faaiziin", sering dipahami sebagai "mohon maaf lahir dan batin".

Penggunaan kalimat tersebut saat ini masih sering dilakukan. Sebenarnya, tradisi memberikan ucapan Idulfitri sudah dicontohkan Nabi Muhammad saw. beserta sahabatnya di masa lalu. Ucapan selamat saling diberikan setelah berhasil menyelesaikan puasa Ramadan.

Ucapan Idul Fitri


Ada tiga bacaan yang digunakan. Terdapat versi singkat hingga panjang, yaitu:
1. “Taqabbalallaahu minnaa wa minkum”.

Artinya, "“Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadlan) kami dan kamu."

2. “Taqabbalallaahu minnaa wa minkum. Taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidiin wal faaiziin”.

Artinya, "Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang."

3. “Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair”.

Artinya, “Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan.”

Kalimat di atas bukan hanya sebatas ucapan selamat. Di dalamnya terkandung doa yang diucapkan bagi kaum muslim lain maupun diri sendiri.

Mencantumkan salah satu dari 3 ucapan di atas dapat dilakukan dengan menambahkannya ke dalam kalimat lain, misalnya "Selamat Idulfitri. Taqabbalallaahu minnaa wa minkum", atau "Eid Mubarak. Taqabbalallaahu minnaa wa minkum".



Eid Mubarak Apa Artinya?


Sementara itu, ada kalimat ucapan selamat dengan menggunakan "Eid Mubarak". Eid Mubarak kerap ditemui dalam ucapan selamat Idulfitri berbahasa Inggris, sekalipun asalnya dari bahasa Arab. Eid Mubarak berarti hari raya yang diberkahi. Dalam bahasa sehari-hari, Eid Mubarak jadi dimaknai "Selamat (merayakan hari raya) Id".

Beberapa contoh penggunaannya yaitu sebagai berikut.

After fasting for a month, may Allah give us blessings and accept all the good deeds we did. Eid Mubarak

Artinya, "Setelah berpuasa selama satu bulan, semoga Allah memberikan kita rezeki dan menerima semua pahala kebaikan yang kita lakukan. Selamat Idul Fitri."

Wishing you all the best thing in Eid. Happy Eid Mubarak, may Allah accept all of your good deeds

Artinya, "Berdoa untuk semua hal yang terbaik untukmu pada Idulfitri. Selamat Idulfitri, semoga Allah menerima semua pahala kebajikanmu."

Penggunaan ucapan Eid Mubarak ini dapat dilakukan untuk 2 hari raya Islam, yaitu Idulfitri (1 Syawal) dan Iduladha (10 Zulhijah), tentu dengan menyesuaikan konteksnya.

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran dengan Canva

1. Akses Canva.

Canva bisa diakses melalui website maupun aplikasi Canva di laptop dan di handphone.

2. Pilih format desain (template) kartu Lebaran gratis.

Untuk memilihnya, Anda dapat mengetik kata "lebaran" pada bilah pencarian. Lalu, pilih template ucapan Idulfitri yang disukai. Template tersedia dari ukuran untuk Instagram post, poster, hingga Insta Story.

3. Personalisasi ucapan Anda

Dengan menggunakan Canva, Anda bisa mengedit template kartu ucapan yang telah dibuat sesuka hati. Beberapa fitur edit yang bisa digunakan adalah ganti warna, teks, foto, ilustrasi, dan seterusnya. Bahkan, terdapat pula fitur untuk mengunggah foto.

4. Tambah elemen desain menarik lainnya

Untuk membuat ucapan Idulfitri yang menarik, Anda dapat menambahkan dengan efek animasi. Efek animasi yang digunakan di antaranya stiker gif, video, hingga efek suara.

5. Bagikan ucapan selamat Idulfitri

Simpan dan bagikan ucapan selamat hari raya Idulfitri secara online. Selain itu, Anda juga bisa mengundang teman, kerabat, hingga klien untuk mengakses desain.

6. Cetak desain kartu ucapan Idulfitri

Untuk mencetak desain kartu ucapan idulfitri, Anda dapat memanfaatkan fitur Canva Print. Caranya dengan memesan kartu ucapan yang berkualitas tinggi untuk dicetak. Lalu, kirim melalui pos.


Baca juga artikel terkait LEBARAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Fitra Firdaus
Penyelaras: Yulaika Ramadhani
DarkLight