Transjakarta Respons Laporan KS, Korban Belum Mau Proses Hukum

Reporter: Riyan Setiawan, tirto.id - 3 Nov 2022 19:53 WIB
Transjakarta menyebut sudah menangkap dan menginterogasi pelaku dan bersedia membantu korban melapor ke pihak berwajib.
tirto.id - Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Anang Rizkani Noor mengatakan telah menindaklanjuti aduan pelecehan seksual yang terjadi di Koridor 4 (Pulogadung – Dukuh Atas) pada Rabu (2/11/2022).

Dia menceritakan korban mengalami kejadian di perjalanan dan melaporkan kepada petugas di Halte Rawamangun, Jakarta Timur sekitar pukul 19:32 WIB.

Setelah mendapatkan laporan, petugas Transjakarta langsung menangkap dan menginterogasi pelaku di dalam bus, termasuk untuk mendapatkan identitas. Korban juga dibantu untuk melaporkan kejadian ke pihak berwajib.


Namun hingga saat ini, Transjakarta telah menghubungi korban beberapa kali, namun yang bersangkutan belum ingin melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian.

“Kami tidak menoleransi segala bentuk tindak pelecehan seksual. Transjakarta berterimakasih dan mengapresiasi para pihak yang telah melaporkan insiden pelecehan seksual untuk ditindaklanjuti,” kata Anang melalui keterangan tertulisnya, Kamis (3/11/2022).

PT. Transjakarta mengimbau agar pelanggan selalu waspada dan berhati-hati agar terhindar dari aksi pelecehan seksual.

Sebelumnya seorang pria yang menumpangi bus TransJakarta arah Pulogadung mengaku mendapat pelecehan seksual dari sesama penumpang pria.

Pengalaman pelecehan seksual ini dibagikan oleh Safar melalui akun Twitternya, @bulan**. Safar mengaku menjadi korban pelecehan saat bus dalam kondisi padat penumpang.

Dia mengaku pelaku mencolek alat vitalnya. Peristiwa itu terjadi saat dirinya bermain ponsel. Namun, dia lupa lokasi persis saat terjadi aksi pelecehan seksual tersebut.

Safar pun merasa emosi dan jijik. Dia menunggu pelaku turun secepatnya. Namun, pelaku tak juga turun. Safar pun memukul pria itu tepat di wajahnya.



Baca juga artikel terkait KEKERASAN SEKSUAL DI TRANSJAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight