tirto.id - Berjualan online secara live streaming mulai digemari para pedagang khususnya usaha kecil dan menengah (UKM). Diprediksi metode ini bisa mendulang cuan bagi para pedagang khususnya para pelaku UKM.
Lalu bagaimana tips untuk para pelaku UKM agar mendulang cuan saat melakukan live streaming di media sosial?
Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada menuturkan, metode berjualan langsung di media sosial saat ini belum dilakukan maksimal oleh para UKM.
Sebab itu, Wientor pun memberikan tips untuk para pelaku usaha agar bisa untung saat melakukan live. Salah satunya, pedagang harus memiliki rasa percaya diri untuk mempromosikan barang yang dijual.
"Karena, memang diperlukan kemampuan khusus, kepercayaan diri bagi setiap UKM yang ingin melakukan live shopping," ucap Wientor kepada Tirto, Jakarta, Rabu (9/8/2023).
Wientor menuturkan, hadirnya metode live dapat memberikan kesempatan baru bagi para UKM. Salah satunya mempunyai akses pasar yang lebih besar.
"Jadi mengenai live shopping biar bagaimanapun juga channel penjualan baru itu selalu memberikan kesempatan baru kepada UKM agar mempunyai akses pasar yang lebih luas lagi," bebernya.
Dia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) dengan agensi lainnya melayani live shopping untuk UKM. Diharapkan, langkah tersebut bisa memberikan bekal melakukan live di media sosial.
"Mengajari UKM tutorial bagaimana melakukan live shopping di salah satu platform social commerce," pungkasnya.
Penulis: Hanif Reyhan Ghifari
Editor: Intan Umbari Prihatin