Tips dan Cara Menjaga Nutrisi Tubuh Saat Berpuasa

Kontributor: Balqis Fallahnda, tirto.id - 11 Mei 2020 14:34 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut tips dan trik untuk menjaga nutrisi tubuh selama berpuasa, salah satunya dengan memperbanyak mengonsumsi air mineral.
tirto.id - Puasa di bulan Ramadan adalah ibadah wajib bagi umat muslim. Tidak makan dan minum selama lebih kurang 14 jam selama Ramadan memang sedikit banyak adalah tantangan bagi mereka yang menjalankannya.

Menjaga nutrisi tubuh merupakan hal penting untuk menjaga stamina dan tenaga saat tengah berpuasa. Aktivitas selama berpuasa juga menuntut asupan nutrisi yang cukup agar aktivitas ibadah dan bekerja tidak terganggu. Berikut tips dan trik untuk menjaga nutrisi tubuh selama berpuasa.

Gizi seimbang

Puasa memang membatasi waktu makan bagi yang menjalankannya. Tapi bukan berarti membatasi jumlah gizi yang harus diserap tubuh setiap harinya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang sangat penting untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengganti waktu konsumsinya. Cukupi gizi seimbang Anda saat sahur dan berbuka.

Sebagai referensi panduan, Australia New Zealand Food Standards Code (FSC) memberikan anjuran asupan nutrisi harian rata-rata bagi orang dewasa, sebagai berikut melansir MyDailyIntake.

  • Energi 8,700 kilojoule
  • Protein 50 gram
  • Lemak 70 gram
  • Asam Lemak Jenuh 24 gram
  • Karbohidrat 310 gram
  • Gula 90 gram
  • Sodium (garam) 2,3 gram
  • Serat Makanan 30 gram

Makan tepat waktu

Jangan sampai melewatkan waktu makan Anda. Meski enggan bangun saat sahur, Anda tidak boleh melewatkannya, karena sahur adalah salah satu bekal bagi tubuh untuk menjalankan ibadah puasa seharian penuh. Kemudian, berbukalah tepat waktu, tubuh perlu mendapatkan asupan untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Jangan lengah hanya karena banyak kegiatan yang menyita waktu.

Perbanyak konsumsi air mineral

Sama seperti telah dibahas sebelumnya, meski sedang berpuasa, kebutuhan tubuh akan cairan tidak berkurang. Dengan asupan air mineral yang cukup, maka cairan tubuh akan tetap terjaga. Usahakan mengonsumsi air mineral minimal 2 liter atau delapan gelas per hari. Demikian melansir baznas.go.id.

Hindari konsumsi teh dan kopi saat sahur

Hindari konsumsi teh dan kopi serta minuman bersoda saat sahur, makanan ini akan memicu asam lambung naik ke tenggorokan apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat sakit maag. Demikian sebagaimana ditulis Healthline. Di samping itu minuman tersebut dapat mengurangi cairan pada tubuh.

Olahraga ringan

Meski berpuasa, bukan berarti Anda harus berdiam diri saja di rumah, dianjurkan untuk melakukan aktifitas fisik seperti olahraga ringan sekitar 30–40 menit menjelang berbuka atau setelah berbuka, agar tubuh tetap sehat.


Baca juga artikel terkait PUASA atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight