Tips Agar Tidak Tertipu Beli Kosmetik Secara Online

Oleh: Ibnu Azis - 21 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Mengetahui tips beli kosmetik online akan mencegah calon pembeli agar tidak tertipu saat membelinya secara daring.
tirto.id - Melihat reputasi pedagang, perbanyak referensi, dan jangan sungkan untuk bertanya, merupakan beberapa cara agar tidak tertipu saat membeli kosmetik secara daring.

Sebab, saat ini, produk-produk kecantikan alias kosmetik, baik produk lokal maupun impor sudah menjamur dan dipasarkan melalui situs-situs belanja online dan media sosial.

Pedagang online pun berlomba-lomba menawarkan kosmetik bermerek atau high-end dengan harga semiring mungkin.

Meski begitu, tak sedikit pembeli yang tertipu karena banyak oknum pedagang online yang menjual produk kosmetik palsu atau kualitasnya tidak sesuai dengan yang ditawarkan.

Agak tak tertipu dalam membeli kosmetik secara online, seorang pedagang kosmetik daring, Rina Karmila, yang telah berdagang sejak 2014, memberikan beberapa tips sebagai berikut:


Melihat Reputasi Pedagang

Rina mengatakan, sejumlah situs belanja online menyediakan fitur informasi reputasi pedagang dengan jumlah rating dan testimoni pembeli tentang produk tersebut.

“Semakin banyak yang memberi rating bintang lima dan banyak yang memberikan testimoni positif, maka pedagang tersebut direkomendasikan untuk menjadi pilihan belanja online”, jelas Rina

Ada beberapa langkah untuk melihat reputasi pedagang yang berjualan di media sosial, di antaranya dengan melihat seberapa banyak pengikut atau followers-nya dan keaktifan pedagang di media sosial tersebut.

Perbanyak Referensi dari Situs Web Resmi Termasuk YouTube

Sebelum berbelanja online, calon pembeli perlu mencari referesi sebanyak-banyaknya, baik di situs web resmi produk yang akan dibeli termasuk YouTube, agar bisa membedakan produk asli dengan yang palsu.

Selain itu, beberapa produk kosmetik terkenal buatan luar negeri terdapat karakteristik pada kemasan yang sering berganti agar tidak mudah dipalsukan.

“Wawasan soal itu [informasi produk] harus kita miliki dengan mencari tahu melalui situs resmi produk kosmetik tersebut,” ujar Rina.


Jangan Sungkan untuk Bertanya Sebelum Membeli

Menurut Rina, maraknya kasus penipuan kosmetik karena pembeli malu bertanya kepada pedagang.

“Malu bertanya, tertipu kemudian. Hukum ini sangat berlaku dalam berbelanja kosmetik secara online,” ujar Rina.

Rina juga berpesan agar jangan lupa menanyakan soal garansi,

“Kalau ada itu [garansi], akan lebih baik”, tambah Rina.

Sementara itu, Citra Wulansari, konsumen kosmetik yang sering berbelanja online memberikan tips agar sebaiknya, berbelanja kosmetik melalui situs belanja daring lebih terpercaya dibandingkan dengan media sosial.

Menurutnya, situs belanja online lebih melindungi konsumen dari potensi penipuan karena transaksi dilakukan melalui layanan rekening bersama.

“Jadi, jika barang yang diterima ternyata palsu atau tidak sesuai dengan penawaran yang ditawarkan, barang tersebut dapat dikembalikan ke pedagang dan uang bisa kembali ke pembeli,” tutup Citra.


Baca juga artikel terkait KOSMETIK atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Gaya Hidup)

Sumber: Antara
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight