Gadis-Gadis Kardashians Berlomba-lomba Jualan Kosmetik

Oleh: Joan Aurelia - 13 Mei 2019
Dibaca Normal 2 menit
Kylie Jenner telah menginspirasi seluruh saudarinya untuk bisnis kosmetik.
tirto.id - Awal bulan ini, Kendall Jenner dikabarkan mengajukan permohonan trademark untuk produk kecantikan atas nama Kendall dan Kendall Jenner. Kabar tersebut langsung membuat sejumlah media gaya hidup AS berasumsi bahwa Kendall akan melansir produk kecantikan dalam waktu dekat.

WWD melaporkan bahwa model dengan jumlah penghasilan tertinggi pada 2018 itu akan melansir produk perawatan wajah dan tubuh berupa masker, sabun mandi, produk perawatan rambut, deodoran, kuteks, dan parfum. Namun, sampai hari ini, Kendall belum mengkonfirmasi kabar tersebut.

Alanna Greco, jurnalis Cosmopolitan, mengungkap bahwa sebenarnya praktik men-trademark nama adalah hal yang lumrah dilakukan oleh klan Kardashian. Ia menyebut bahwa nama Stormi (anak Kylie), Chicago (anak Kim), dan True (anak Khloe) pun sudah di-trademark-kan.

“Itu bukan berarti mereka akan melansir produk kecantikan dalam waktu dekat. Mereka hanya berjaga-jaga andaikata suatu hari berencana membuat bisnis, setidaknya nama brand sudah terlebih dahulu dipatenkan,” tulis Greco.


Lewat trademark, para perempuan Kardashians nampaknya ingin memastikan bahwa produk yang kelak dilansir merupakan produk kredibel, berpotensi mendatangkan keuntungan, dan mampu menarik perhatian para investor atau pebisnis yang ingin bekerja sama dengan mereka. Hal ini pula yang terjadi dengan lini kosmetik Kylie.

Maret lalu, Forbes menobatkan anak keempat Kris Jenner sebagai miliuner termuda—tentu dalam semesta mata uang dolar AS. Sekarang, ia mengembangkan bisnis dengan jualan produk perawatan kecantikan. Pada 11 Mei 2019, Kylie mengunggah satu tayangan video yang menunjukkan wajah tanpa makeup. Video tersebut ialah iklan produk terbaru lansirannya, Kylie Skin.

Beberapa jam setelah video tersebar di Instagram, Kylie memberi penjelasan tentang enam produk perawatan wajah yang meliputi sabun muka, toner, scrub wajah, serum, krim mata, dan pelembap wajah.

“Semua ini aku jual dengan harga di bawah $30. Masih terjangkau,” kata Kylie dalam tayangan di aplikasi InstaStory miliknya.

Ia meminta publik untuk mengikuti akun Instagram Kylie Skin. Dan omongan sosok dengan 135 juta pengikut di Instagram ini sepertinya didengar para fans. Belum 12 jam produk diumumkan, akun tersebut sudah mendekati satu juta pengikut. Padahal, produk kosmetik baru tersedia di pasaran pada 22 Mei 2019 mendatang.

Dalam waktu yang nyaris bersamaan, Kim—pemilik lini kosmetik KKW—juga melansir koleksi lipstik terbaru dengan warna natural, warna yang jadi andalan Kim dalam riasan wajah sehari-hari.

Kabar soal peluncuran produk terbaru tersebut luput dari pemberitaan media massa. Sepanjang tahun ini, kabar yang tersebar soal lini kosmetik Kim ialah KKW Bridal (lini kosmetik yang terinspirasi gaya rias wajah kala Kim jadi pengantin) dan produk lipstik merah (lipstik warna vibran pertama yang dilansir Kim). Harganya lebih murah bila dibanding lipstik lansiran sang adik.


Dalam klan Kardashian/Jenner, bukan hanya Kylie, Kim, dan Kendall yang punya ketertarikan dalam bisnis kecantikan. April lalu, Kourtney Kardashian melansir situs Poosh yang isinya membahas gaya hidup dan hal-hal yang disukai Kourtney, salah satunya kecantikan.

“Sebisa mungkin aku mencoba untuk menggunakan produk kecantikan yang natural,” katanya. Dan gaya hidup organik/natural itulah yang ia gaungkan dalam Poosh.

Beberapa waktu sebelum Poosh diluncurkan, sempat beredar asumsi bahwa Kourtney hendak meluncurkan produk kosmetik. Hal itu disebabkan oleh satu unggahan foto Kourtney yang menunjukkan dirinya tengah berpose tanpa busana di pinggir area wastafel yang sekaligus berfungsi sebagai tempat merias diri.

Rumor serupa juga sempat terjadi pada Khloe Kardashian. Dua tahun lalu, perempuan itu dikabarkan akan melansir lini kosmetik Koko. Namun, yang kemudian terjadi adalah ia bekerja sama dengan lini kosmetik Becca untuk melansir koleksi lipstik dan bronzer.

Awalnya Koko adalah nama koleksi kolaborasi antara Khloe dan Kylie. Tahun lalu, ketika Khloe mematenkan nama Koko sebagai lini kosmetik, publik mengira dirinya akan melansir koleksi kosmetik secara independen.


Infografik Kosmetik Kendall Jenner
Infografik Kosmetik Kendall Jenner. tirto.id/Quita


Minat saudara-saudara Kylie untuk bisnis kecantikan ini mulai muncul setahun setelah bisnis kosmetik Kylie terbukti sukses.

Kylie melansir produk lipstik cair pada November 2015. Lipstik itu terjual habis beberapa menit setelah diluncurkan. Dua tahun kemudian, Kylie menjadi lini lipstik dengan perkembangan tercepat. Perusahaan tersebut bisa meraih pendapatan $420 juta dalam kurun waktu 18 bulan. Hal itu adalah hal yang jarang terjadi dalam bisnis kecantikan.

Benjamin Voyer, L’Oreal Professor of Creativity Marketing, meyakini hal itu terjadi karena popularitas Kylie di Media Sosial dan ia terkesan ‘dekat’ dengan calon konsumennya, sehingga mereka mampu mengidentifikasikan diri dengan Kylie.

Hal itu membuat saudari-saudari Kylie mencoba bisnis kosmetik. Awalnya dalam bentuk kolaborasi produk dengan Kylie—Kim, Kourtney, dan Khloe pernah melakukan hal itu.

Hingga kini, Kim masih serius proyek dalam kolaborasi dengan Kylie dengan meluncurkan produk parfum. “Aku sebenarnya terobsesi dengan produk parfum. Jadi rasanya senang sekali bisa meluncurkan koleksi ini,” kata Kylie.

Parfum adalah hasil kolaborasi kedua Kim dan Kylie. Sebelumnya, kakak-beradik ini pernah bekerjasama dalam koleksi spesial Kylie Cosmetics. Selain bekerjasama dengan kakak-kakaknya, Kylie pun sempat melansir koleksi kosmetik bersama sang ibu, Kris.

Baca juga artikel terkait KOSMETIK atau tulisan menarik lainnya Joan Aurelia
(tirto.id - Bisnis)


Penulis: Joan Aurelia
Editor: Maulida Sri Handayani