"Surat Cinta Untuk Starla" Terpopuler di Google Indonesia pada 2017

Oleh: Ahmad Zaenudin - 13 Desember 2017
Dibaca Normal 1 menit
Lagu "Surat Cinta Untuk Starla", Film "Pengabdi Setan" dan "Setya Novanto" menjadi kata kunci pencarian paling populer di Google Indonesia pada 2017.
tirto.id - "Surat Cinta Untuk Starla", judul lagu yang dibawakan oleh Virgoun, menjadi yang paling banyak dicari di Google Indonesia pada 2017. Data tersebut diungkap Google Indonesia dalam acara bertajuk “Year In Search” yang digelar di Jakarta pada Rabu (13/12/2017).

Virgoun, yang hadir di acara tersebut, mengaku tak menyangka lagunya menjadi yang paling dicari di Google. Menurut pengakuannya lagu tersebut dirilis di tahun 2016 lalu dan saat itu kepopuleran lagu tersebut “pelan.”

Tony Kauegen, Managing Director Google Indonesia, mengungkapkan bahwa pencarian-pencarian yang populer di Google selama tahun 2017 merupakan, “apa yang dianggap penting oleh orang Indonesia.”

“(Orang) Indonesia sangat menyukai konten lokal,” kata Kausgen saat memberikan sambutan di acara tahunan Google itu.

Secara keseluruhan, Kausgen menerangkan bahwa pencarian soal musik, menyumbang 9 persen total kata kunci yang dicari netizen Indonesia. Setelah lagu "Surat Cinta Untuk Starla", duduk di urutan ke-2 sebagai pencarian paling populer adalah "Pengabdi Setan", film horor arahan Sutradara Joko Anwar.

Di urutan ke-3 kata kunci yang paling populer adalah "Setya Novanto". Salah satu kejadian yang paling menggemparkan ialah tragedi kecelakaan mobil Fortunernya yang menabrak tiang listrik.

Berurutan, dari peringkat ke-4 hingga ke-10 ialah: Pilkada DKI, Sea Games, Jokowi Mantu, Ayam Geprek, Raja Salman, Sidang Ahok, dan Om Telolet Om.

Selain 10 katu kunci paling populer tersebut, Google Indonesia pun merilis kata-kata kunci yang populer sesuai dengan kategori. Pada kategori “Cara Menjadi” kata kunci "Selebgram" menjadi jawaranya disusul oleh "Youtuber", "Blogger", dan "Driver Go-Jek".

Sementara pada kategori “Selebriti”, artis dangdut koplo Nella Kharisma menjadi jawaranya disusul Young Lex, Hamish Daud, dan Gal Gadot.

Adapun untuk kategori “Peristiwa Internasional”, kata kunci Rohingnya menjadi yang teratas. Kata kunci itu disusul oleh "Kim Jong Un" dan "Pesawat Luar Angkasa Cassini". Sedangkan di kategori “Peristiwa Nasional” kata kunci "Gunung Agung" menjadi yang paling tinggi pencariannya di Google Indonesia dan disusul "First Travel" dan "Bom Kampung Melayu".

Pada pencarian di kategori “Tokoh”, kata kunci yang paling populer ialah "Habib Rizieq", disusul "Novel Baswedan" dan "Anniesa Hasibuan".

Kausgen mengatakan bahwa kata kunci populer yang termuat di Google “dipengaruhi oleh rasa penasaran tinggi orang Indonesia.”

Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Ahmad Zaenudin
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Ahmad Zaenudin
Penulis: Ahmad Zaenudin
Editor: Addi M Idhom