Sinopsis Kucumbu Tubuh Indahku: Film Garin Nugroho Rilis 18 April

Oleh: Ibnu Azis - 15 April 2019
"Kucumbu Tubuh Indahku" menjadi pemenang Asia Pasific Screen Award dan film terbaik Festival Des 3 Continents Nantes 2018.
tirto.id - Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body), film yang bercerita tentang penari Lengger Lanang akan rilis pada Kamis mendatang (18/04/19).

Film tersebut berkisah tentang perjalanan Juno (Muhammad Khan) dari kecil sampai dewasa. Juno kecil lahir di sebuah desa kecil di daerah Jawa yang terkenal dengan penari Lengger Lanang atau penari laki-laki yang menari tarian perempuan.

Kemampuan alami tersebut didapat dari lingkungan desa dan keluarganya yang sering meleburkan tubuh maskulin dan feminin. Kekerasan akibat keadaan politik membuatnya hidup sendiri, menjadikan ayah dan ibu dari dirinya sendiri.

Juno sering melihat kekerasan di lingkungannya. Kekerasan pertama yang dia lihat ketika Juno pertama kali bergabung dengan grup tari Lengger di desanya. Kekerasan itu pula lah yang menjadikannya harus berpindah dari satu desa ke desa lain.

Perpindahan yang terus menerus membuatnya bertemu banyak sosok manusia, dari petinju hingga maestro penari Reog. Tapi bukannya Juno tidak pernah mengalami kekerasan. Sepanjang perjalanan, Juno sering mendapat kekerasan sosial sampai kekerasan politik.

Sebuah perjalanan tubuh yang membawanya menemukan keindahan tubuhnya.


Selain Muhammad Khan, pemain lain yang ikut bergabung yaitu Rianto, Raditya Evandra, Sujiwo Tejo, Teuku Rifnu Wikana, Randy Pangalil, Whani Dharmawan, Endah Laras, dan Windarti.

Kucumbu Tubuh Indahku merupakan film karya sutradara dan penulis Garin Nugroho. Film ini berada dalam naungan studio produksi Fourcolours Films.

Sejak trailer-nya diunggah di akun YouTube Fourcolours Films pada 10 April lalu, video tersebut sudah ditonton lebih dari 500 kali hingga Senin (14/5) malam.

Film Kucumbu Tubuh Indahku tercatat menjadi pemenang Asia Pasific Screen Award, film terbaik Festival Des 3 Continents Nantes 2018, dan mengikuti seleksi Festival Film Internasioanal di Venesia.


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Film)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Sirojul Khafid