Sejarah Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei dan Tema WNTD Tahun Ini

Oleh: Dhita Koesno - 25 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2021, World No Tobacco Day dan sejarah Hari Tanpa Tembakau.
tirto.id - 31 Mei adalah Hari Tanpa Tembakau Sedunia dan tahun ini peringatannya bertepatan dengan Senin, 31 Mei 2021.

Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day (WNTD) merupakan satu dari delapan hari kesehatan masyarakat global yang ditandai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

World No Tobacco Day disusun dan masuk daftar hari kesehatan masyarakat global oleh WHO untuk menarik perhatian pada beban kematian yang dapat dicegah dan penyakit yang berhubungan dengan penggunaan tembakau dan nikotin.

Sejarah Hari Tanpa Tembakau Sedunia


Dikutip dari website resmi WHO, sejarah Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini ada untuk menginformasikan kepada publik tentang bahaya penggunaan tembakau, praktik bisnis perusahaan tembakau, apa yang dilakukan WHO untuk memerangi epidemi tembakau, dan apa yang dapat dilakukan orang di seluruh dunia untuk mengklaim hak mereka atas kesehatan dan hidup sehat serta untuk melindungi generasi masa depan.

Negara-negara Anggota WHO menciptakan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada tahun 1987 untuk menarik perhatian global terhadap epidemi tembakau dan kematian serta penyakit yang dapat dicegah yang ditimbulkannya.

Infografik SC Hari Tanpa Tembakau Sedunia
Infografik SC Hari Tanpa Tembakau Sedunia. tirto.id/Fuad


Pada tahun 1987, Majelis Kesehatan Dunia mengeluarkan Resolusi WHA40.38, yang menyerukan tanggal 7 April 1988 untuk menjadi "hari tanpa rokok sedunia".

Kemudian, pada tahun 1988, Resolusi WHA42.19 disahkan, yang menyerukan bahwa perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 31 Mei.

Resolusi tersebut juga muncul karena menyadari bahwa penggunaan tembakau telah menyebabkan lebih dari dua juta kematian dini di seluruh dunia setiap tahunnya pada waktu itu.

Tema World No Tobacco Day 2021


Tema
Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 adalah Commit to quit atau Berkomitmen untuk berhenti.

Saat ini, tembakau menyebabkan 8 juta kematian setiap tahunnya. Bukti yang dirilis tahun ini menunjukkan bahwa perokok lebih mungkin mengembangkan penyakit parah dengan COVID-19 dibandingkan non-perokok.

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan jutaan pengguna tembakau mengatakan mereka ingin berhenti. Berkomitmen untuk berhenti hari ini dan tanda tangani janji.

Commit to Quit / Berkomitmen untuk Berhenti

Berhenti dari ketergantungan tembakau bisa menjadi tantangan, terutama dengan tekanan sosial dan ekonomi tambahan yang datang sebagai akibat dari pandemi, tetapi ada banyak alasan untuk berhenti.

Di seluruh dunia, sekitar 780 juta orang mengatakan mereka ingin berhenti, tetapi hanya 30% dari mereka yang memiliki akses ke alat yang dapat membantu mereka melakukannya.

Bersama dengan para mitranya, WHO akan menyediakan alat dan sumber daya yang dibutuhkan orang untuk membuat upaya yang berhasil.



Baca juga artikel terkait HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight