Sebelum Menteri Edhy Prabowo, Stafsusnya yang Positif Corona Duluan

Oleh: Zakki Amali - 8 September 2020
Menteri Edhy sebelum dikabarkan positif telah berkunjung ke Ambon, Maluku hingga Pulau Maratua, Kalimantan Timur.
tirto.id - Menteri Keluatan dan Perikanan, Edhy Prabowo dikabarkan positif terinfeksi COVID-19. Dua koleganya membenarkan kabar tersebut.

Politikus Partai Gerindra, Kawendra Lukistian mengatakan, ia tak termasuk kontak erat Edhy Prabowo. Namun sebelumnya Tubagus (Tb) Ardi Januar, staf khusus Edhy Prabowo terinfeksi virus SASR-CoV-2.

"Saya enggak [ketemu Edhy]. Yang jelas beberapa waktu lalu stafsus Bang Edhy [TB Ardi Januar] memang positif dan isolasi di Wisma Atlet, tapi Alhamdulillah hari ini dia menginfokan di sosmednya sudah negatif," kata dia kepada reporter Tirto, Selasa (8/9).

Ia menjelaskan, dua hari terakhir, kabar Edhy positif Corona merebak dari internal Kementerian Perikanan dan Kelautan.

"Info yang beredar dari teman-teman di KKP [Edhy positif], tapi nanti pastinya kita tunggu pernyataan resmi ya, kita doain aja Bang Edhy biar sehat," ujarnya.

Dalam situs web KKP, Edhy kali terakhir diberitakan mengunjungi Pulau Maratua, Kalimantan Timur, Kamis (3/9). Sehari setelahnya, Edhy berkunjung ke Ambon.

"Beliau memang banyak sekali kan agenda kunjungan luar kotanya. Beberapa hari ini juga dari luar kota, kalau gak salah," katanya.

Hingga berita ini tayang, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Edhy Prabowo belum mengkonfirmasi kabar tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan juga menerima informasi Edhy positif. Dampaknya agenda rapat kerja dengan Menteri Edhy pada pekan lalu harus ditunda.

Sedangkan Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman enggak mengonfirmasi terkait kabar Edhy positif Corona. "Mohon ditanyakan ke humas KKP," ucapnya singkat saat dihubungi reporter Tirto.


Baca juga artikel terkait MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN EDHY PRABOWO atau tulisan menarik lainnya Zakki Amali
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Zakki Amali & Andrian Pratama Taher
Penulis: Zakki Amali
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight