Sampah Usai Demo 4 November Capai 75 Ton

Oleh: Yantina Debora - 5 November 2016
Demo 4 November telah usai dan menyisakan 75 ton sampah. Sekitar 500 Pekerja Harian Lepas (PHL) dikerahkan untuk membersihkan sampah tersebut.
tirto.id - Demo 4 November kemarin yang dilakukan oleh ribuan orang dari ormas Islam menyisakan 75 ton sampah. Hal ini disampaikan oleh Dinas Kebersihan DKI Jakarta yang mencatat total keseluruhan berat sampah yang terkumpul usai unjuk rasa.

"Total sampah yang terkumpul semuanya mencapai 75 ton. Jenis sampah yang mendominasi, antara lain botol, sterofoam, kayu, batu dan plastik," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Isnawa Adji kepada Antara, di Jakarta , Sabtu (5/11/2016).

Untuk membersihkan sampah-sampah tersebut, pihaknya mengerahkan sebanyak 500 Pekerja Harian Lepas (PHL), 31 mobil road sweeper, 15 truk sampah, 11 bus toilet, delapan kendaraan lintas jenis pick up, tujuh truk compactor dan empat toilet kontainer.

"Semua sampah tersebut langsung kami buang ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang di Bekasi. Proses pembersihan itu sendiri berlangsung sampai jam 04.00 pagi," kata Isnawa.

Dia menuturkan penumpukan sampah terjadi di sejumlah titik, yaitu Masjid Istiqlal, Kawasan Jalan Medan Merdeka Utara, Selatan, Barat dan Timur (Balai Kota, Istana Negara dan Stasiun Gambir), Bundaran Hotel Indonesia (HI), Kawasan Senen (Patung Tani) serta Kawasan Gajah Mada-Hayam Wuruk.

"Meskipun demikian, khusus untuk kawasan Monumen Nasional (Monas) belum sepenuhnya kami bersihkan, karena merupakan daerah kewenangan otoritas Monas," tutur Isnawa.

Rencananya, dia mengungkapkan, kawasan wisata tersebut akan dibersihkan pada hari ini, dibantu oleh PHL dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah ikut menjaga kebersihan selama berlangsungnya unjuk rasa kemarin.

"Kami berterima kasih, karena kami menemukan karungan-karungan sampah yang sudah dikumpulkan atas inisiatif koordinator unjuk rasa. Kemudian juga Komunitas Peduli Sampah yang ikut mengumpulkan sampah," ungkap Isnawa.

Baca juga artikel terkait DEMO 4 NOVEMBER atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yantina Debora
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora