Bagi selebriti Melanie Ricardo, sarapan menjadi sebuah keharusan dan tak boleh terlewatkan. Melanie biasanya memilih dua potong roti gandum dan kopi hangat dengan brown sugar (gula merah).

"Aku biasanya sarapan roti gandum dua dan kopi dengan brown sugar. Rotinya pakai mentega tapi menteganya yang 70 persen less salt. Ingin sehat tapi enggak menyiksa banget," tutur dia, dilansir Antara.

Dia mengatakan, menu sarapan ini terpengaruh dari suaminya yang sudah menerapkan pola hidup sehat sejak beberapa waktu lalu. Terlebih, saat ini Melanie menyadari sudah saatnya menerapkan pola makan sehat.

Roti gandum biasanya menjadi pilihan saat diet. Roti gandum memang kaya akan serat, mengandung dua kali lipat serat dibandingkan roti biasa, tentu dapat membantu kita ketika ingin berdiet rendah kalori.

Namun roti gandum seperti apakah yang efektif untuk berdiet?

Dilansir Live Strong, serat pada roti gandum membuat kita kenyang lebih lama, sehingga kita akan makan lebih sedikit sepanjang hari itu. Dan roti gandum yang dimaksud ialah roti gandum utuh tanpa olahan dan campuran apapun.

The 2010 Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan makanan 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori untuk dikonsumsi. Sedangkan roti gandum utuh biasanya mengandung 1,5 gram serat per irisan. Sehingga dapatkan serat lainnya dari buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

Ketika kita mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan, tentu kita akan memiliki sedikit kesempatan untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal. Itulah mengapa sangat penting untuk memilih makanan dengan kepadatan nutrisi yang tinggi, yang berarti kita harus memilih makanan dengan sumber nutrisi yang tinggi dan jumlah kalori yang relatif sedikit.

Biji-bijian tanpa olahan, dan roti gandum utuh tanpa olahan, mengandung jauh lebih banyak vitamin B, vitamin E, dan nutrisi lain dibandingkan biji-bijian dan roti gandum yang sudah diolah dan memiliki campuran bahan lain.

Untuk nutrisi yang lebih tepat, tetap konsumsi makanan yang memiliki kalori, dan sertakan buah-buahan, sayuran, dan sumber protein seperti kacang-kacangan dan ikan dalam diet bersama dengan gandum utuh.

Meskipun makan makanan sehat seperti roti gandum penting untuk menurunkan berat badan, pada akhirnya keberhasilan diet tergantung pada mengkonsumsi lebih sedikit kalori dan juga membakarnya.