Indeks Sejarah Kereta Api
Pembangunan Jalur "Kereta Cepat" Jakarta-Surabaya Era Kolonial
Pembangunan jalur "kereta cepat" memangkas waktu tempuh Batavia-Surabaya dari dua hari menjadi hanya 13 jam.
Kereta Api dalam Perang dan Damai di Tanah Rencong
Setelah ditutup pada tahun 1982, kiwari perkeretaapian di Aceh mulai bangkit. Ditandai dengan peluncuran KA Perintis Cut Meutia.
Harum Tembakau Deli di Balik Deru Kereta Api
Sejarah pembangunan jalur kereta api di Sumatra Utara terkait erat dengan perkebunan tembakau di Deli.
Deru Kereta Api di Lampung dan Sumatra Selatan
Jalur kereta api di Lampung dan Sumatra Selatan, terutama yang mengangkut batu bara, menjadi salah satu tulang punggung bisnis PT KAI.
Ekspansi Kolonial di Balik Jalur Sepur Surabaya-Vorstenlanden
Demi penyerapan maksimum atas komoditas, pemerintah kolonial membangun jalur kereta api Surabaya-Vorstenlanden. Kepentingan militer pun turut terpenuhi.
Hidup Mati Jalur Kereta Api di Priangan Timur
Untuk mengoptimalkan potensi ekonomi Priangan timur dan tenggara, Belanda sempat membangun jalur kereta api Tasikmalaya-Singaparna.
Dari Garut Menuju Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia
Dibuka mulai Agustus 1930, jalur kereta api Garut-Cikajang akhirnya berhenti beroperasi pada November 1982 karena sepi penumpang.
Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda & Demo Buruh yang Mengguncang
Kelahiran perusahaan kereta api Hindia Belanda, demo buruh, pendudukan Jepang, dan peralihan kepemilikan ke tangan Republik.
Manggarai: Ketika Para Pemuda Meloloskan Bung Karno ke Yogyakarta
Pada 3 Januari 1946, Bung Karno dan para pemimpin Republik lainnya berangkat ke Yogyakarta melalui Stasiun Manggarai.
Gambir: Bekas Halte, Pemberhentian Sudirman, Amir, dan Serdadu PETA
Letak Stasiun Gambir tak jauh dari pusat komando kekuasaan sehingga menjadi saksi bisu sejumlah peristiwa bersejarah.
Sejarah Jalur Kereta Api Jakarta-Bogor: Mulanya untuk Perkebunan
Jalur kereta api Jakarta-Bogor menjadi lintas awal menuju Priangan yang banyak terdapat perkebunan di masa kolonial.
Kronik Sejarah Kecelakaan Kereta Api Listrik (KRL) 1993-2019
Dalam riwayat sejarahnya sejak 1993, kecelakaan KRL Jabodetabek sering terjadi dan disebabkan oleh berbagai faktor.
Pabrik Gula Zaman Belanda Awali Era Kejayaan Trem di Kediri
Trem pernah menjadi moda transportasi massal andalan warga Kediri dan sekitarnya. Menyokong hasil perkebunan dan menunjang operasional pabrik gula.
Jerit Pilu Ribuan Penumpang dalam Tragedi Bintaro 1987
Loko kereta.
Asap dalam nuansa
semburan luka.
Asap dalam nuansa
semburan luka.
Jejak Jalur Kereta Api Pertama di Jawa
Jejak pertama.
Jalur mengubah rupa
wajah Hindia.
Jalur mengubah rupa
wajah Hindia.