Piala Super Italia 2018: Gattuso Sebut Ronaldo Bagai Tak Punya Usia

Oleh: Beni Jo - 16 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
"Dia telah berubah dalam tujuh atau delapan tahun terakhir. Sekarang dia seperti mesin yang sempurna. Semakin tua dia semakin kencang dalam berlari," ujar Gattuso pada Rabu (16/1).
tirto.id - Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso memberikan pujiannya kepada sosok Cristiano Ronaldo yang akan bermain melawan timnya saat laga Piala Super Italia antara Juventus vs AC Milan digelar pada Kamis (17/1/2019) pukul 00.30 WIB di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi. Menurutnya, Ronaldo semakin tua semakin kencang berlari.

"Dia telah berubah dalam tujuh atau delapan tahun terakhir. Sekarang dia seperti mesin yang sempurna. Semakin tua dia semakin kencang dalam berlari," ujar Gattuso dilansir Soccerway Rabu (16/1).

Menurut pelatih yang juga pernah turun sebagai pemain bersama AC Milan itu, Ronaldo sekarang telah menjadi pemain yang luar biasa selama tujuh atau delapan tahun terakhir ini.

Gattuso mengaku pernah bertemu dengan CR7 dalam beberapa tahun yang lalu. Saat itu, seingatnya, penyerang asal Portugal itu sering memamerkan skill. Namun sekarang Ronaldo sudah berhenti untuk melakukannya dan lebih bermain dengan penuh semangat dan menyerang lebih mendalam.

"Dia ingin mencetak gol, mengantarkan momen-momen sulit kepada lawan dan memasukkan bola ke gawang," tambah pelatih berusia 41 tahun itu.

Gattuso juga menambahkan, kecepatan CR7 tidak sesuai dengan usia sang penyerang yang sudah berusia 33 tahun itu. Kelebihan dari Ronaldo patut diwaspadai oleh anak asuh Gattuso menjelang laga besok.

"Dia tampak seperti pria tanpa usia, di sini anda bisa memahami Ronaldo itu merupakan pemain top seperti yang ia jalani selama delapan tahun terakhir ini," pungkas eks pemain FC Sion itu.

Gattuso menukangi AC Milan sejak 27 November 2017 setelah menggantikan Vicenzo Montella yang dipecat oleh pihak klub. Sebelum memangku jabatan tersebut, mantan gelandang yang sangat enerjik ketika bermain itu merupakan pelatih dari AC Milan Primavera atau tim U-19.

Dalam menangani tim sekota Inter itu, Gattuso mempunyai rekor kemenangan sebesar 47,54%. Dari total 61 pertandingan yang dilakoni saat mendampingi anak asuhnya, dia berhasil memenangkan 29 laga. Sementara itu penampilan lainnya berakhir dengan 18 kali imbang dan 14 kali menelan kekalahan. 86 gol sudah dicetak tim asuhannya dan kebobolan sebanyak 64 kali.

Sedangkan Ronaldo sudah mengoleksi 15 gol untuk Juventus pada semua ajang kompetisi di musim perdananya bersama Bianconeri. Selain itu tujuh assist juga sudah dia catatkan sejauh ini.



Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo
Kontributor: Beni Jo