tirto.id - Perubahan yang dilakukan penyedia layanan media sosial foto, Instagram, pada aplikasi mobile-nya telah mempengaruhi tampilannya baik di platform Android maupun iOS. Versi terbaru dari aplikasi tersebut kini telah ditawarkan melalui App Store atau Play Store.
Perubahan mencolok terlihat pada logo Instagram yang kini berwarna-warni. Sebelumnya, logo Instagram nampak seperti kamera polaroid klasik berwarna coklat tua dan muda, kini logo tersebut digantikan pusaran berlatar belakang gradasi warna kuning, magenta, ungu dan biru serta garis putih sebagai penegas garis yang menampakkan gambar mirip kamera.
Jejaring sosial berbagi foto milik Facebook ini juga melakukan perubahan pada deretan aplikasi Instagram lainnya, seperti Hyperlapse, Boomerang, dan juga Layout, dimana keempatnya sama-sama memiliki elemen desain serupa. Desain baru ini akan muncul secara bertahap pasca dilakukan pengunduhan di tiap perangkat.
Ketika User Interface (UI) mendarat di perangkat setelah pengunduhan dilakukan, akan terlihat desain yang lebih sederhana, tanpa warna dasar biru seperti pada aplikasi lama. Sementara, bagian atas dan bawah aplikasi Instagram kini berwarna putih. Tidak hanya itu, ikon di bar navigasi di bagian bawah juga berwarna putih dan ukurannya lebih kecil dari sebelumnya.
"Pengguna Instagram telah berkembang selama lima tahun terakhir untuk berbagi foto hingga kemudian membentuk sebuah komunitas global, yang mencapai lebih dari 80 juta foto dan video setiap hari. Penampilan kami perbarui guna mencerminkan bagaimana hidup itu memiliki beragam cerita," demikian kata Kepala Desain Instagram Ian Splatter, seperti dikutip dari theguardian, Kamis (12/5/2016).
(ANT)