tirto.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Belajar dari Rumah yang ditayangkan di TVRI sebagai alternatif belajar di tengah pandemi virus corona COVID-19. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan guru atau orang tua dapat menggunakan momen belajar di rumah untuk mencoba hal-hal baru dalam belajar.
"Ini adalah proses pembelajaran bersama. Kami menyadari kondisi pembelajaran ini jauh dari sempurna namun kami ingin memastikan kualitas pembelajaran tidak terkorbankan. Agar siswa di rumah punya suplai informasi dan pembelajaran," ujar Nadiem.
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor, Fahrudin memberikan apresiasi terhadap tayangan belajar dari rumah melalui media televisi. Menurutnya, tayangan pembelajaran dari rumah sangat membantu semua peserta didik dan tenaga pengajar karena bisa dijangkau oleh semua kalangan.
Ia mengatakan, tayangan belajar melalui media televisi lebih meningkatkan komunikasi antara siswa dengan guru sehingga monitoring dari kepala sekolah dan pengawas bisa berjalan lebih baik. "Jadi kepala sekolahnya belajar, gurunya belajar, siswanya belajar, jadi belajar bareng-bareng," ungkapnya.
Diskusi antara peserta didik dengan guru serta orang tua berjalan lebih efektif. "Lebih baguslah. Jadi penyesuaiannya cepat sekali dibanding dengan ketika awal-awal kita harus pembelajaran daring," tutur Fahrudin.
Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 23 April 2020
08.00-08.30 WIB Jalan Sesama: Hari yang Cerah
08.30-09.00 WIB Gemar Matematika: Perkalian dan Pembagian
09.00-09.30 WIB Tradisi Asli Nusantara: Perahu Jong
09.30-10.00 WIB Matematika Mantul: Lingkaran
10.03-10.30 WIB Statistika: Nilai Rata-Rata
10.30-11.00 WIB Sahabat Keluarga: Mengembangkan Potensi Anak
21.30-23.30 WIB Film Nasional: Terlalu Tampan
Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 23 April untuk SD Sampai SMA
Pertanyaan untuk Kelas 1-3 SD dan Sederajat
Gemar Matematika Bersama Pak Ridwan: Perkalian dan Pembagian
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah.
1. Petani mengisi 2 keranjang dengan buah mangga. Jika masing-masing keranjang diisi dengan 20 buah
mangga, berapa jumlah seluruh mangga di keranjang?
2. Ibu membagikan 8 kue donat untuk 4 orang anaknya sama banyak. Berapa jumlah donat yang didapat oleh setiap anak?
3. Ayah membawa 2 kotak. Masing-masing berisi 15 kelereng. Kelereng tersebut diberikan kepada tiga anaknya sama banyak. Berapa kelereng yang didapat oleh setiap anak?
Pertanyaan untuk Kelas 4-6 SD dan Sederajat
Tradisi Asli Nusantara: Perahu Jong
Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur
1. Tuliskan nilai-nilai moral yang terkandung dalam permainan perahu Jong!
2. Tuliskan proses pembuatan perahu Jong!
3. Menurutmu, bagaimana cara terbaik untuk melestarikan budaya permainan tradisional perahu Jong?
Pertanyaan untuk SMP dan Sederajat
Matematika Manfaat Betul: Lingkaran
Memahami unsur, keliling, dan luas dari lingkaran. Memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
1. Sebutkan 3 unsur pada lingkaran beserta penjelasannya!
2. Phi (π) merupakan perbandingan antara ... dengan …
3. Bang Sani dan Bang Indra mendorong gerobak bakso masing-masing sejauh 1,76 km. Bila jari-jari roda gerobak milik Bang Sani adalah 14 cm dan milik Bang Indra adalah 21 cm, maka perbandingan banyak putaran roda gerobak Bang Sani dan Bang Indra adalah ….
4. Sebuah taman berbentuk seperti gambar berikut dan daerah yang diarsir akan ditanami rumput. Jika penanaman rumput setiap m2 memerlukan biaya Rp100.000,00, maka pengelola taman akan mengeluarkan biaya sekitar Rp1.000.000,00 untuk menanam rumput. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut?
Pertanyaan untuk SMA/SMK dan Sederajat
Statistika: Nilai Rata-Rata
Menginterpretasi data menggunakan mean (nilai rata-rata)
1. Data hasil pengukuran tinggi badan siswa kelas XII sebagai berikut: 165 cm, 167 cm, 167 cm, 168 cm, 169 cm, 169 cm, 169 cm, 170 cm, 172 cm, 175 cm
Berdasarkan data tersebut, dikatakan bahwa terdapat lebih dari 2 siswa yang memiliki tinggi badan di atas tinggi rata-rata siswa di kelas. Jelaskan pendapatmu tentang pernyataan tersebut!
2. Dari 5 penerbangan terpanjang di dunia, berapa rata-rata jarak tempuh penerbangan ini?
Editor: Agung DH