Pengumuman UM Malang 2023 Mandiri Kemitraan di seleksi.um.ac.id

Kontributor: Sulthoni, tirto.id - 7 Agu 2023 05:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Link pengumuman Seleksi Mandiri Universitas Negeri Malang (UM) jalur Kemitraan di laman seleksi.um.ac.id.
tirto.id - Link pengumuman Seleksi Mandiri Universitas Negeri Malang (UM) jalur Kemitraan di laman seleksi.um.ac.id. Peserta dapat mengakses link tersebut mulai tanggal 7 Agustus 2023.

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Malang (UM) 2023 untuk jalur Kemitraan telah berlangsung pendaftarannya pada 27 Juni - 31 Juli 2023 lalu.
Peserta kini tinggal menantikan hasilnya yang dijadwalkan rilis pada 7 Agustus 2023. Pengumuman disampaikan pada laman yang sama dengan pendaftaran di tautan seleksi.um.ac.id.


Seleksi Mandiri merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi yang tidak terintegrasi langsung dengan SNBP dan SNBT yang diselenggarakan BPPP Kemendikbud.

Prosesnya dilaksanakan sepenuhnya oleh masing-masing Perguruan Tinggi dengan tetap mengedepankan seleksi berdasarkan prestasi akademik.


Di Universitas Negeri Malang, salah satu Seleksi Mandiri dilakukan melalui jalur Kemitraan. Jalur ini merupakan seleksi mahasiswa baru melalui kerja sama dengan institusi pemerintah, perusahaan, atau lembaga/yayasan.

Selain itu, dalam pembiayaannya yang lolos dalam seleksi Kemitraan ini, merujuk pada laman resmi UM Malang, bahwa jaminan pembiayaan pendidikan untuk calon mahasiswa yang diusulkan mitra berdasarkan MoU (memorandum of understanding) dengan UM.




Jadwal Pengumuman Seleksi Mandiri UM Malang Kemitraan


UM Malang menjadwalkan pengumuman Seleksi Mandiri jalur Kemitraan, pada 7 Agustus 2023. Setelah adanya pengumuman, tahap selanjutnya adalah masa sanggah.

Masa sanggah merupakan bentuk penolakan peserta yang tidak puas dengan hasil seleksi. Sehingga dengan adanya masa sanggah ini, peserta dapat memberikan alasannya atas ketidakpuasan hasil seleksi.

Setelah masa sanggah, tahap selanjutnya adalah daftar ulang dan membayar UKT. Dalam tahap ini, pihak UM Malang memberikan waktu lima hari, dari tanggal 7 hingga 11 Agustus 2023.

Adapun jadwal dan tahapan lengkapnya dalam Seleksi Mandiri jalur Kemitraan. Berikut jadwal SM UM 2023 jalur Kemitraan yang penting untuk diperhatikan oleh calon mahasiswa:
  • Pendaftaran: 27 Juni - 31 Juli 2023
  • Pengumuman: 7 Agustus 2023
  • Masa Sanggah: 7 – 11 Agustus 2023
  • Daftar Ulang Online: 7 – 11 Agustus 2023
  • Pembayaran UKT: 7 – 11 Agustus 2023
  • PKKMB: 16 – 22 Agustus 2023
  • Perkuliahan Mahasiswa: 28 Agustus 2023.

Link Pengumuman Seleksi mandiri UM Malang Kemitraan


Pengumuman hasil Seleksi Mandiri jalur Kemitraan di Universitas Negeri Malang 2023 disampaikan, pada 7 Agustus 2023.

Peserta dapat melihat hasilnya dengan login ke akun PMB UM masing-masing di seleksi.um.ac.id. Ada pun tautan untuk login akun bisa klik pada tautan ini:

Link Pengumuman Seleksi Mandiri UM 2023 Jalur Kemitraan


Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI 2023 atau tulisan menarik lainnya Sulthoni
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight