Pelantikan 1.914 Anggota Bawaslu se-Indonesia Pecahkan Rekor MURI

Oleh: Larasati Ayuningrum - 15 Agustus 2018
Pelantikan tersebut memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kategori Pelantikan Pejabat Publik Terbanyak.
tirto.id - Ketua Bawaslu RI Abhan beserta jajaran melantik 1.914 anggota Bawaslu kabupaten/kota se-Indonesia untuk masa jabatan 2018-2023 di Birawa Ballroom Hotel Bidakara, Rabu (15/8/2018).

Pelantikan tersebut memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kategori Pelantikan Pejabat Publik Terbanyak.

Abhan mengatakan, keberhasilan Bawaslu dalam memecahkan Rekor MURI ini dijadikan sebagai semangat Bawaslu dalam mengawal pelaksanaan Pemilu di Indonesia.

“Ini pertama kalinya pelantikan Bawaslu seluruh indonesia, ini adalah momentum utama kami. Terdapat 1.914 jajaran anggota yang siap mendedikasikan diri untuk Pemilu yang lebih baik”, kata Abhan.

Seleksi anggota Bawaslu kabupaten/kota ini diadakan selama dua bulan, sejak Juni hingga Agustus 2018.


Abhan menjelaskan bukan hanya kuantitas yang menjadi prioritas Bawaslu, tetapi juga kualitas jajaran pengawas dalam melakukan pengawasan. Selain itu, juga mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran, serta menyelesaikan sengketa proses Pemilu.

Ketua Umum Bawaslu ini juga mengungkapkan tantangan yang akan dihadapkan Anggota Bawaslu masa jabatan 2018-2023 adalah Pileg dan Pilpres yang diselenggarakan secara bersamaan tahun depan.

“Ini jadi tanggung jawab Bawaslu Kabupaten/Kota dan Provinsi RI untuk mengawasi pemilu 2019 agar berjalan sesuai dengan aturan dan sukses”, ujar Abhan.

Pelantikan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia dihadiri oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua KPU RI Arief Budiman, serta perwakilan sejumlah lembaga negara.


Baca juga artikel terkait BAWASLU atau tulisan menarik lainnya Larasati Ayuningrum
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Larasati Ayuningrum
Penulis: Larasati Ayuningrum
Editor: Dipna Videlia Putsanra