Pakai Ulos, Jokowi Menuju Kirab Budaya Pernikahan Kahiyang-Bobby

Oleh: Yuliana Ratnasari - 26 November 2017
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi tampak mengenakan jas hitam tanpa kancing dengan bagian dalam kain tradisional ulos yang menjuntai hingga bagian luar jas.
tirto.id - Kirab budaya resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution diselenggarakan hari ini, Minggu (26/11/2017). Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga menuju lokasi pesta di kediaman Bobby, Komplek Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah.

Berangkat daridari gedung MICC di Jalan Ringroad, Medan, Jokowi beserta rombongan menempuh jarak sekitar 2,6 kilometer untuk sampai di lokasi kirab.

Sebagaimana dilansir Antara, Presiden Jokowi tampak mengenakan jas hitam tanpa kancing dengan bagian dalam kain tradisional ulos yang menjuntai hingga bagian luar jas.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan kebaya hijau muda dengan kerudung warna senada sedangkan kainnya sama dengan ulos yang menjadi baju bagian dalam jas Jokowi.

Keluarga yang lain yaitu putra pertama Gibran Rakabuming Raka dan sang cucu Jan Ethes Srinarendra juga mengenakan baju yang sama namun dengan corak baju dalam berbeda yaitu warna oranye. Istri Gibran, Selvi Ananda mengenakan kemeja hijau muda dan kain warna senada dengan Gibran dan Ethes. Adapun Kaesang Pangarep mengenakan jas dengan dasi.

Kirab budaya dalam acara ngunduh mantu ini rencananya akan diiringi lima motor yang dikendarai polisi militerdi bagian depan sebagai pembuka jalan.

Di belakangnya disusul dua pengawal berjalan kaki, tepat di depan kereta kencana sang pengantin Kahiyang Ayu-Bobby Nasution.
Di belakang kereta Kahiyang-Bobby ada kereta Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi dan Kaesang Pangarep. Menyusul di belakangnya adalah kereta yang membawa ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar dan paman Bobby, Dolli S Siregar.

Di kereta keempat ada Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda serta Jan Ethes Srinarendra. Kereta selanjutnya berisi orangtua Jokowi, Eyang Noto serta Bapak dan Ibu Miryono.

Kereta keenam menjadi tumpangan Bapak dan Ibu Setiawan dan Bapak serta Ibu Widodo Prasetyo, terakhir ada kereta yang mengangkut Bapak dan Ibu Didit dan Bapak dan Ibu Dendy.

Secara keseluruhan ada tujuh kereta kuda besar dan sejumlah kereta kuda kecil dari Berastagi, kabupaten Karo yang ikut dalam kirab tersebut dengan masing-masing sais mengenakan ulos.

Selain kereta kuda, 50 becak bermotor juga dilibatkan dalam kirab budaya ini. Kendaraan itu juga akan dihias dan terlibat dalam arak-arakan.

Kirab budaya akan menampilkan kebudayaan yang ada di Sumatera Utara. Panjang barisan kirab sekitar 800 meter.

Acara puncak pesta pernikahan ngunduh mantu Kahiyang Ayu, dengan Bobby Afif Nasution dihelat di perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi, Medan, Sabtu (25/11/2017).

Kahiyang Ayu yang menikah dengan Bobby Afif Nasution telah resmi menyandang marga Siregar dalam upacara adat "mangalehen marga" (penganugerahaan marga) di Kota Medan, Selasa (21/11/2017).

Upacara diawali dengan penghadapan keluarga Bobby Afif Nasution kepada para raja adat dari berbagai "luat" (kerajaan) agar memberikan marga Siregar kepada menantunya Kahiyang Ayu.

Kahiyang Ayu-Bobby Nasution telah melangsungkan pernikahan di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu 8 November 2017. Pernikahan di Solo digelar dengan adat Jawa dan telah berlangsung dengan tertib, meriah, dan kental budaya Jawa.

Baca juga artikel terkait PERNIKAHAN KAHIYANG-BOBBY atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight