OPPO K3 vs Reno: Adu Spesifikasi Smartphone Menengah Premium

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 2 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harga dan spesifikasi OPPO K3 dan Reno (reguler) berbeda meski dua smartphone ini sama-sama membidik segmen menengah premium.
tirto.id - OPPO K3 akan diluncurkan di Indonesia pada 8 Agustus 2019 mendatang. Smartphone ini tampaknya membidik segmen menengah premium. OPPO sebelumnya telah lebih dulu memperkenalkan seri Reno (reguler) yang memiliki spesifikasi hampir sama.

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali fitur terkini seperti motorized pop-up camera dan fitur keamanan sensor sidik jari di bawah layar. Kapasitas baterai keduanya pun sama. Lalu, apa perbedaan spesifikasi antara OPPO K3 dengan OPPO Reno?

Layar

OPPO K3 dibekali dengan layar berukuran sedikit lebih besar, yakni 6,5 inci. Sedangkan OPPO Reno berukuran 6,4 inci dan sedikit lebih unggul dengan dukungan DCI-P3 color gamut. Keduanya sama-sama mengusung teknologi AMOLED dengan resolusi FHD+.

Layar OPPO K3 dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass 5. Sedangkan OPPO Reno lebih andal dengan perlindungan antigores dari Corning Gorilla Glass 6.

Kamera

OPPO K3 dibekali dua kamera belakang. Kamera pertama berperan sebagai kamera utama berkekuatan 16MP dengan sensor 1/2.5 inci 1.12um piksel ditandemkan lensa bukaan f/1.7 yang dilengkapi fitur PDAF dan LED flash. Kamera kedua berkekuatan 2MP dengan sensor didukung lensa aperture f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor.

Sedangkan OPPO Reno dibekali dua kamera belakang. Kamera pertama berperan sebagai kamera utama berkekuatan 48MP dengan sensor 1/2 inci 0.8um piksel ditandemkan lensa bukaan f/1.7 yang dilengkapi fitur PDAF dan LED flash. Kamera kedua berkekuatan 5MP dengan sensor didukung lensa aperture f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor.


Mekanisme Kamera Depan

Baik OPPO K3 maupun Reno dibekali kamera depan dengan mekanisme motorized pop-up berkekuatan 16 megapiksel. OPPO K3 menggunakan gaya desain standar mirip Realme X. Sedangkan Reno menggunakan kamera pop-up bergaya Pivot sekilas agak miring.

Fitur NFC

OPPO Reno dibekali fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat digunakan untuk transfer data, cek e-money, pembayaran cashless, dan banyak lagi. Sedangkan OPPO K3 tidak dilengkapi NFC.

Diprediksi, harga OPPO K3 tak jauh berbeda dari varian yang dirilis di Cina pada Mei 2019. Bisa sedikit lebih mahal atau sebaliknya. Ini berkaca dari perangkat-perangkat OPPO yang telah lebih dulu hadir. Sebagai contoh, OPPO R17 Pro dijual 4.299 yuan atau sekitar Rp8,7 juta untuk varian 8GB + 128GB. Di Indonesia, ponsel ini ditawarkan seharga Rp9 jutaan untuk varian sama (kurs Rp2.036).

Adapun harga OPPO K3 di Cina, sebagaimana dikutip dari situs web OPPO Shop Cina, dibanderol 1.599 yuan atau sekitar Rp3,2 juta untuk varian 6GB + 64GB, kemudian 1.899 yuan atau sekitar Rp3,8 juta untuk varian 8GB + 128GB, dan 2.299 yuan atau sekitar Rp4,6 juta untuk varian tertinggi, 8GB + 256GB.

OPPO menawarkan Reno 10x Zoom ke konsumen dengan harga Rp5 juta lebih mahal dari versi reguler. Reno 10x Zoom dijual dengan harga Rp12.999.000, sedangkan Reno reguler dibanderol Rp7.999.000. Perbedaan harga ini terjadi lantaran Reno 10x Zoom menawarkan spesifikasi lebih tinggi dari Reno reguler.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight