tirto.id - Naskah akademik coding dan AI dilaporkan sudah dirilis secara resmi. Daftar materi lengkap mencakup naskah akademik untuk SD hingga SMA.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) RI merilis Naskah Akademik Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial/Artificial Intelegent (AI).
Sebelumnya, pemerintah dikabarkan sudah menyiapkan kurikulum dengan pembelajaran coding dan AI dan sudah mulai dipublikasikan.
Mata pelajaran coding dan AI disebut-sebut bakal mulai diterapkan pada tahun akademik 2026/2027. Hal ini tentunya berbeda dengan perkiraan awal yang menyebutkan kedua mata pelajaran rencananya diterapkan mulai tahun ajaran 2025/2026.
Naskah Akademik Coding dan AI Dirilis, Ini Daftar Materi Lengkapnya dari SD hingga SMA
Naskah akademik untuk coding dan AI sudah mulai diedarkan ke publik melalui laman Sistem Informasi Kurikulum Nasional Kemendikdasmen.
Dokumen membahas arus kebijakan pembelajaran coding dan kecerdasan artifisial termasuk materi lengkap.
Mata pelajaran AI dan coding katanya menjadi mata pelajara pilihan alias bukan wajib. Keduanya bisa diselenggarakan oleh sekolah yang sudah siap secara fasilitas dan tenaga pengajar.
Berikut daftar materi lengkap naskah akademik coding dan AI dari SD hingga SMA:
Sekolah Dasar Fase C (kelas 5-6 SD)
Peserta didik akan diajarkan mengenai materi-materi sesuai dengan elemen pembelajaran yakni berpikir komputasional, literasi digital, dan alogaritma pemograman.
Lalu analisis data, literasi dan etika kecerdaan artifisial, serta pemanfaatan dan pengembagan kecerdasan artifisial. Elemen disesuaikan dengan jenjang pendidikannya.
Berikut penjelasan singkat masing-masing materi untuk SD fase C:
1. Berpikir komputasional
- Pemecahan masalah sehari-hari
- Pemrograman (tingkat pradasar) termasuk diantaranya instruksi dan praktik pemrograman
- Manfaat dan dampak teknologi digital
- Produksi dan diseminasi konten digital (tingkat pradasar)
- Internet
- Sistem komputer (tingkat pradasar)
- Keamanan informasi pribadi
- Konsep Kecerdasan Artifisial (tingkat pradasar)
- Cara kerja Kecerdasan Artifisial (tingkat pradasar)
- Manfaat dan dampak Kecerdasan
- Artifisial pada kehidupan sehari-hari
- Etika (keadaban) penggunaan Kecerdasan Artifisial
Sekolah Menengah Fase D (Kelas 7-9 SMP)
Sementara materi untuk Sekolah Menengah Fase D (Kelas 7-9 SMP) adalah sebegai berikut:
1. Berpikir Komputasional
- Pengelolaan data
- Pemecahan masalah masyarakat sederhana
- Algoritma (tingkat dasar)
- Pemrograman (tingkat dasar) mencangkup instruksi dan praktik pemrograman
- Produksi dan diseminasi konten digital (tingkat dasar)
- Konsep Kecerdasan Artifisial (tingkat dasar)
- Cara kerja Kecerdasan Artifisial (tingkat dasar)
- Kualitas data dalam Kecerdasan Artifisial
- Manfaat dan dampak Kecerdasan Artifisial pada masyarakat
- Etika Penggunaan Kecerdasan Artifisial
- Persoalan pada Kecerdasan Artifisial
- Analisis konten hasil Kecerdasan Artifisial
- Pemanfaatan perangkat Kecerdasan Artifisial
1. Berpikir Komputasional
- Praktik berpikir komputasional untuk memecahkan permasalahan kompleks
- Produksi dan diseminasi konten digital (tingkat menengah)
- Algoritma (tingkat menengah)
- Pemrograman (tingkat menengah)
- Basis data (tingkat dasar)
- Pengolahan data (tingkat menengah)
- Cara kerja Kecerdasan Artifisial (tingkat menengah)
- Profesi di bidang kecerdasan artifisial
- Tanggung jawab etis dan hukum
- Prompt engineering
- AI system design
1. Berpikir Komputasional
- Praktik berpikir komputasional untuk memecahkan permasalahan masyarakat
- Produksi dan diseminasi konten digital (tingkat lanjut)
- Algoritma (tingkat lanjut)
- Engineering process
- Pemrograman (tingkat lanjut)
- Pemrograman perangkat IoT
- Basis data (tingkat lanjut)
- Pengolahan data (tingkat lanjut)
- Mahadata/big data
- Dampak KA terhadap pekerjaan
- Evaluasi permasalahan KA
- Algoritma Machine Learning
- Natural Language Processing
- Pengembangan model kecerdasan artifisial sederhana
- Pengembangan aplikasi dengan menggunakan model kecerdasan artifisial yang sudah ada, tersedia dalam bentuk library/API.
Penulis: Rachma Dania
Editor: Beni Jo