Menteri Rini Hadiri Sidang Tahunan MPR 2018 Usai Dicekal Sejak 2015

Oleh: Damianus Andreas - 16 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Rini tidak diperkenankan ikut rapat bersama DPR RI setelah rekomendasi Panitia Khusus Angket Pelindo II.
tirto.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno terlihat menghadiri Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2018 di Gedung Rapat Paripurna Nusantara I Kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018). Kedatangan Rini tersebut merupakan kali pertamanya setelah ia dicekal untuk mengikuti kegiatan di DPR RI sejak Desember 2015.

Rini memang tidak diperkenankan untuk ikut rapat bersama DPR RI setelah rekomendasi Panitia Khusus Angket Pelindo II.

Selama tak diizinkan mengikuti rapat kerja, kehadiran Rini saat rapat kerja selalu diwakili beberapa menteri Kabinet Kerja lain sebagai infalnya.

Menteri Rini tiba sekitar pukul 08.25 WIB dengan berbalut kebaya merah marun dengan riasan natural di wajahnya.

Selain Rini, menteri perempuan lainnya yang sudah hadir yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Menteri Susi tampak mengenakan kebaya merah muda dan sempat mengenakan kacamata hitam saat menaiki eskalator sebelum memasuki Ruang Rapat.

Ada pun Presiden Joko Widodo akan menyampaikan Pidato Kenegaraan di depan Ketua MPR, DPD, DPR RI serta para Menteri dan Pimpinan Lembaga Negara. Hal tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus.

Sementara itu, Presiden Ke-4 Susilo Bambang Yudhoyono malah tidak terlihat datang ke Gedung DPR/MPR RI. Padahal Presiden Ke-3 BJ Habibie dan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri turut menghadiri agenda hari ini yang terbagi menjadi Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR-DPD RI, dan Sidang RAPBN 2019.

Sampai dengan saat ini, belum ada informasi resmi terkait tidak hadirnya SBY ke lokasi Sidang Bersama. Padahal saat Sidang Bersama tahun lalu, SBY terlihat hadir bersama istrinya, Ani Yudhoyono.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja terlihat menghadiri acara yang dimulai sekitar pukul 09.15 WIB ini. Seluruh anggota DPR RI, MPR RI, dan DPD RI pun turut hadir dalam perhelatan tahunan ini.


Baca juga artikel terkait SIDANG TAHUNAN MPR atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight