SBY Tak Hadiri Pidato Kenegaraan Presiden dan Sidang Tahunan MPR

Oleh: Damianus Andreas - 16 Agustus 2018
SBY juga tidak terlihat memasuki lokasi Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara. Padahal tahun lalu SBY hadir didampingi Ani Yudhoyono.
tirto.id - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak menghadiri pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di Gedung DPR/MPR, Kamis (16/8/2018).

Dari pantauan Tirto di lokasi, protokol acara tak menyebut SBY sebagai mantan presiden yang hadir. Ia hanya menyebut kehadiran Presiden ke-3 BJ Habibie dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

SBY juga tidak terlihat memasuki lokasi Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara. Padahal tahun lalu SBY hadir didampingi Ani Yudhoyono.

Namun, sampai saat ini belum ada pemberitahuan resmi alasan ketidakhadiran SBY. Baik dari Demokrat, maupun dari panitia pelaksana.

Adapun pidato kenegaraan presiden dan Sidang Tahunan MPR kali ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Terlihat hadir dalam momen ini seluruh anggota DPR, MPR dan DPD RI.

Terlihat juga hadir Wapres Jusuf Kalla beserta istrinya, Mufidah Kalla dan sejumlah menteri kabinet Jokowi-JK. Di antaranya adalah Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menkumham Yasonna Laoly, dan Menteri BUMN Rini Sumarno.

Sidang Tahunan MPR RI tahun ini dihadiri 453 anggota, dari 689 anggota yang terdiri dari 560 anggota DPR RI dan 129 anggota DPD RI.

"Sesuai dengan catatan daftar hadir yang disampaikan oleh Sekretariat Jenderal, sampai saat ini telah hadir 453 anggota dari 689 aggota MPR dan telah menandatangani daftar hadir," kata Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam pidato pembukaan Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan dengan kehadiran 453 anggota MPR itu, berdasarkan ketentuan Pasal 69 ayat (5) Peraturan Tata Tertib MPR, rapat telah memenuhi syarat untuk dibuka.



Baca juga artikel terkait SIDANG TAHUNAN MPR atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight