Presiden Jokowi dan Wapres JK Hadiri Sidang Tahunan MPR RI Hari Ini

Oleh: Damianus Andreas - 16 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Rangkaian acara Sidang Tahunan MPR RI dibuka dengan pidato dari Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.
tirto.id - DPR RI, MPR RI, dan DPD RI menggelar Sidang Tahunan pada hari ini Kamis (16/8/2018) di Kompleks Parlemen, Jakarta. Sebanyak tiga agenda telah direncanakan berlangsung, yakni Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR-DPD RI, dan Sidang RAPBN 2019.

Presiden Joko Widodo sudah hadir di Kompleks Parlemen sekitar pukul 09.00 WIB. Menurut rencana, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan sebanyak tiga kali untuk masing-masing agenda.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja pun terlihat hadir. Di antaranya seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Selain itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, Kapolri Tito Karnavian, sampai dengan Presiden Ke-3 RI BJ Habibie dan Presiden Ke-4 Megawati Soekarnoputri juga terlihat hadir.

Dalam sidang bersama tahun ini, pemerintah tidak mengenakan pakaian adat seperti halnya dilakukan pada tahun lalu. Baik Jokowi maupun Jusuf Kalla terlihat mengenakan setelan jas hitam seperti biasa.

Sejak dibuka pada sekitar pukul 09.15 WIB, rangkaian acara Sidang Tahunan MPR RI saat ini sedang dibuka dengan pidato dari Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.


Pada Sidang Tahunan MPR RI 2018 kali ini, Presiden RI Joko Widodo akan menyampaikan pidato kenegaraan mengenai kinerja lembaga negara selama setahun terakhir yang akan diselenggarakan di Gedung Nusantara di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI, Siti Fauziah, ketika dihubungi melalui telepon selulernya di Jakarta, Kamis pagi, mengatakan, sidang tahunan MPR RI adalah sidang paripurna tahunan yang diselenggarakan MPR RI dalam rangkaian peringatan kemerdekaan RI.

Pada sidang tahunan dengan peserta anggota MPR RI ini juga akan dihadiri para menteri Kabinet Kerja dan tamu undangan.

MPR RI juga akan mengundang Presiden dan Wakil Presiden RI sebelumnya, yakni Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, serta para mantan wakil presiden.


Sidang Tahunan MPR RI tahun 2018 dihadiri 453 anggota, dari 689 anggota yang terdiri dari 560 anggota DPR RI dan 129 anggota DPD RI.

"Sesuai dengan catatan daftar hadir yang disampaikan oleh Sekretariat Jenderal, sampai saat ini telah hadir 453 Anggota dari 689 Anggota MPR dan telah menandatangani daftar hadir," kata Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam pidato pembukaan Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan dengan kehadiran 453 anggota MPR itu maka, berdasarkan ketentuan Pasal 69 ayat (5) Peraturan Tata Tertib MPR rapat telah memenuhi syarat untuk dibuka.

Baca juga artikel terkait SIDANG TAHUNAN MPR atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight