Menko Luhut Sebut BTP Bakal Isi BUMN Energi

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 13 November 2019
Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Basuki Tjahja Purnama (BTP) akan dipercaya membantu BUMN di bidang energi.
tirto.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Basuki Tjahja Purnama (BTP) akan dipercaya membantu BUMN di bidang energi.

Luhut bilang, masuknya mantan gubernur DKI Jakarta yang dulu akrab disapa Ahok itu pantas masuk BUMN karena ia memiliki kinerja yang baik.

“Ya kira-kira gitulah (di energi). Kalau saya tahu masa saya beritahu kamu (nama BUMN-nya),” ucap Luhut kepada wartawan saat ditemui di Gedung DPR RI Rabu (13/11/2019).

Keterlibatan BTP muncul usai Menteri BUMN, Erick Thorir memanggilnya ke kantor pada Rabu (13/11/2019). Ketika meninggalkan Kementerian BUMN, BTP lantas membuat pernyataan kepada media bahwa ia diminta mengisi direksi BUMN.

Ketika ditanya mengenai bilamana BUMN yang dimaksud adalah Pertamina, Luhut hanya menjawab, “Kira-kira begitu.” Namun, soal kemungkinan BTP mengisi posisi di PT PLN yang sedang mengalami kekosongan, Luhut mengaku, ”saya enggak tahu.”

Stas Khsusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga menyatakan sosok BTP dapat membantu pengelolaan BUMN menjadi lebih baik. Ia bilang, proses pengajuan Ahok juga sudah melalui konsultasi dan koordiansi dengan Presiden Joko Widodo.

Dengan kata lain, Jokowi pun juga setuju dan merekomendasikan sosok yang pernah mendampinginya di Provinsi DKI Jakarta.

"Yang pasti soal rekomendasi atau apapun, banyak masukan kepada kita dan Erick. Yang pasti setiap posisi yang vital untuk BUMN kan pasti kita harus koordinasi dengan Pak Jokowi. Tidak mungkin tidak. Karena BUMN banyak menyangkut banyak kehidupan pasti kita konsultasi dengan Pak Jokowi," ucap Arya.




Baca juga artikel terkait BTP DIRUT BUMN atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Hendra Friana
DarkLight