Menaker Segera Cairkan BLT Pekerja Tahap II kepada 3 Juta Penerima

Reporter: Selfie Miftahul Jannah, tirto.id - 1 Sep 2020 19:45 WIB
Pencairan BLT subsidi upah pekerja tahap II kepada 3 juta penerima menunggu validasi.
tirto.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerima 3 juta data calon penerima bantuan subsidi gaji. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pun mengatakan pihaknya akan segera memproses data tersebut agar penyalurannya bisa disalurkan.

"Hari ini kita menerima data sebesar 3 juta," kata dia Selasa (1/9).

Ida menjelaskan, sekma pemeriksaan akan dilakukan sama seperti pada tahap I. Setelah mendapatkan data, Kemenaker akan menyerahkan data pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk langsung dikrimkan oleh bank-bank penyalur kepada para pkerja yang akan mendapat BLT pekerja.

"Setelah kita menerima 3 juta, segera ya, kami akan cek kesesuaian data, kami serahkan KPPN langsung digelontorkan ke bank penyalur," terang dia.

Targetnya pada pertengahan September 2020 pencairan BLT Pekerja yaitu sebanyak 2,5 juta orang di tahap I bisa terealisasi seluruhnya.

"Kami ingin sekali target pertengahan September itu bisa kami penuhi sehingga yang awalnya 2,5 juta kami perluas menjadi 3 juta harapannya. Mengenai pencairan saya minta sabar, sepanjang teman-teman sudah menyerahkan nomor rekeningnya aktif, sepenajang peserta BPJS TK dan memenuhi syarat [selanjutnya] itu yang tinggal memenuhi saya," terang dia.

Pada 24 Agustus lalu BPJS Ketenagakerjaanatau BP Jamsostek menyerahkan 2,5 juta data pekerja penerima BLT subsidi pekerja ke Kemnaker. Kemudian, Selasa (1/9) diserahkan lagi 3 juta data pekerja.



Baca juga artikel terkait BLT PEKERJA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali

DarkLight