Lewat Program Ini, Shopee Bawa UMKM Go Internasional

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 9 Agu 2022 14:29 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna menegaskan, komitmen Shopee dalam memberikan dukungan menjadi bukti nyata terhadap pengusaha lokal.
tirto.id - Shopee Indonesia terus berkomitmen membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memperluas produk UMKM lokal menjangkau pasar global. Salah satu bentuk dukungan tersebut diwujudkan melalui dukungan komprehensif melalui pembukaan sembilan Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di beberapa daerah.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna menegaskan, komitmen Shopee dalam memberikan dukungan menjadi bukti nyata terhadap pengusaha lokal. Shopee turut mengakselerasi akses digitalisasi bagi para pengusaha lokal dengan menghadirkan rangkaian solusi agar pengusaha lokal, termasuk UMKM, dapat berdaya saing tinggi.

"Shopee hadir menjadi kawan setiap perjalanan UMKM lokal," kata Monica dalam Konferensi Pers Shopee Pilih Lokal yang Terbaik di Indonesia, di Kantornya, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Bukti nyata komitmen Shopee dalam memberikan jalan dan peluang ekspor dirasakan betul oleh Pemilik Monica the Label, Monica Kumala. Monica menjadi salah satu UMKM Lulusan Kampus UMKM Shopee Ekspor. Belum genap setahun bergabung, produk kemeja dan beberapa pakaian wanita lainnya sudah menembus pasar Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Brazil.

"Keseluruhan hampir 50-60 produk yang diekspor setiap bulannya," kata dia kepada wartawan.

Monica Kumala mengaku, awalnya mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo untuk belajar mengenai inventori pergudangan dan juga program ekspor. Menurut dia, pelatihan diberikan Shopee sangat mudah dipahami dan relevan dengan masalah yang dihadapi banyak penjual.

"Fasilitas seperti studio foto juga saya manfaatkan dan sangat membantu saya menghasilkan materi promosi yang menarik,” ungkap Monica Kumala.

Hal serupa juga dirasakan oleh UMKM Gudang Barang Bandung, Agus Ardian. Agus membagikan cerita kesuksesannya bergabung di Program Ekspor Shopee. Sejak bergabung Gudang Barang Bandung telah berhasil menjual lebih dari 300 ribu produk tas ke berbagai wilayah di Indonesia dan kini telah mengekspor produk ke sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

“Ekspor melalui Shopee itu semudah mengirimkan barang ke dalam negeri. Siapa sangka jualan tas kanvas dari Jawa Barat bisa sampai ke seluruh Indonesia bahkan pasar mancanegara. Saya jadi bisa membuka lebih banyak lapangan pekerjaan untuk warga sekitar di desa karena pesanan yang terus meningkat,” ujar Agus.


Baca juga artikel terkait PASAR UMKM atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight