Kronologi Kasus Bullying Mina di AOA yang Bikin Jimin Hengkang

Oleh: Syarifah Aini - 9 Juli 2020
Dibaca Normal 2 menit
Jimin akui lalai sebagai leader dan gagal mengayomi para personel AOA.
tirto.id - Industri hiburan Korea Selatan dalam sepekan terakhir dikejutkan oleh skandal bullying (perundungan) yang menimpa eks personel girl group AOA (Ace of Angels), Mina (Kwon Min-ah).

Kabar itu makin menjadi perhatian publik setelah Naver pada Sabtu (4/7/2020) lalu melansir bahwa Jimin (Shin Ji-min), personel AOA lainnya, resmi mundur sebagai buntut dari skandal bullying tersebut.

Berikut kronologi kasus bullying yang menimpa Mina yang berujung pada hengkangnya Jimin dari AOA.

Pengakuan Mina di Instagram

Pada Jumat (3/7/2020), Mina berbagi unggahan di akun Instagram pribadinya berupa latar hitam dengan caption panjang.

Dilansir Soompi, rangkaian unggahan itu berisi curahan hati Mina atas kasus bullying yang menimpa dirinya selama bertahun-tahun saat masih aktif di AOA.

Pada awal unggahan, Mina mengungkapkan bahwa dirinya berjuang melawan depresi dan niat untuk bunuh diri akibat bullying itu, yang menurut pengakuannya, dilakukan oleh salah satu personel AOA.

Bullying itu, kata Mina, bikin dirinya mengonsumsi obat tidur yang menyebabkan ketergantungan, kerap mengalami kecemasan dan ketakutan berlebihan, hingga sempat melakukan percobaan bunuh diri beberapa kali.

Secara lebih spesifik, Mina mengaku bahwa bullying itu berupa tekanan dalam memperlakukan dirinya sebagai personel AOA hingga kekerasan verbal saat dia melakukan kesalahan.


Bekas Luka Sayatan di Pergelangan Tangan

Pengakuan Mina tersebut sempat bikin publik berspekulasi pada sosok yang dia maksud. Pada unggahan selanjutnya, Mina akhirnya mengungkap nama orang yang dia bicarakan di Instagram.

Masih pada hari yang sama, Mina mengunggah foto pergelangan tangannya yang dipenuhi oleh bekas luka sayatan. Pada bagian caption, Mina mengaku bahwa luka sayatan itu terkait percobaan bunuh diri akibat bullying.

Seakan ingin menegaskan, Mina bahkan menuliskan nama Jimin dalam caption foto luka sayatan itu.

Unggahan itu memancing perhatian publik yang pada akhirnya bikin FNC Entertainment, agensi yang menaungi AOA, meminta maaf atas skandal bullying yang menyeret nama Jimin.

Naver melansir pada Minggu (5/7/2020), FNC Entertainment juga mengumumkan bahwa Jimin telah resmi cabut dari AOA. Pihak agensi berjanji pula kepada publik bahwa ke depannya mereka akan lebih memperhatikan kondisi dan perilaku dari setiap artis asuhannya.

Sementara itu, pada kesempatan yang berbeda, dilansir Soompi, agensi yang menaungi Mina saat ini, Woori Actor, terus memantau Mina secara rutin. Woori Actor memastikan Mina dalam kondisi stabil.


Permintaan Mina pada Jimin

Hengkangnya Jimin dari AOA ternyata tak bikin pemberitaan skandal ini mereda. Dilansir Soompi, usai FNC Entertainment memberikan klarifikasi, Mina berbagi lagi unggahan di Instagram yang berisi soal permintaan khusus pada Jimin (unggahan telah dihapus).

Dalam unggahan itu, Mina menghendaki Jimin menyampaikan permintaan maaf secara langsung kepadanya. Jika Jimin sudi melakukan itu, kata Mina, skandal ini tidak akan berakhir ke jalur hukum.

Pada Sabtu (4/7/2020), Mina kembali berbagi unggahan di Instagram yang mengungkapkan bahwa Jimin dan seluruh personel AOA telah datang ke rumahnya untuk membahas permasalahan tersebut.

Menurut Mina, Jimin telah meminta maaf kepadanya. Akan tetapi, Mina belum sepenuhnya bisa memaafkan mantan leader AOA itu.


Permohonan Maaf Jimin

Pada kesempatan yang berbeda, Jimin mengunggah permohonan maafnya melalui Instagram pribadinya dengan latar berwarna hitam. Jimin menyesal atas perbuatannya dan juga meminta maaf pada seluruh personel AOA.

Secara spesifik, Jimin mengakui telah lalai dan gagal menunaikan tugasnya sebagai leader sekaligus mengayomi para personel AOA.

Pada bagian akhir, Jimin juga menyampaikan permohonan maaf kepada publik atas pemberitaan yang tidak mengenakan terkait skandal yang menyeret namanya, Mina, dan AOA.

Mina debut sebagai personel AOA pada Juli 2012 dan menjadi bagian dari sub-unit AOA Black pada 2013. Mina sempat rehat dari AOA pada November 2014 terkait kematian ayahnya, dan absen dalam segala aktivitas promosi untuk single "Like a Cat" ("Sappun Sappun").

Pada Mei 2019, Mina hengkang dari FNC Entertainment setelah tidak memperpanjang kontrak. Saat itu, perempuan kelahiran 21 September 1993 tersebut jadi personel AOA ketiga yang hengkang usai Seo Youkyung (2016) dan Park Cho-a (2017).

Setelah ditinggal Youkyung, Choa, Mina, dan Jimin, AOA kini hanya menyisakan empat personel, yaitu Seo Yu-na, Shin Hye-jeong, Kim Seol-hyun, dan Kim Chan-mi.

-------

Depresi bukan lah persoalan sepele. Jika Anda merasakan tendensi untuk melakukan bunuh diri, atau melihat teman atau kerabat yang memperlihatkan tendensi tersebut, amat disarankan untuk menghubungi dan berdiskusi dengan pihak terkait, seperti psikolog, psikiater, maupun klinik kesehatan jiwa.

Baca juga artikel terkait KASUS BULLYING atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Ibnu Azis
DarkLight